fbpx
menu berbuka puasa

Menu Berbuka Puasa Ala Rasulullah yang Lezat dan Sehat

Hi Alan Lovers, dalam islam ada panutan yang bisa kita ikuti pola makan secara sehat. Rasullallah SAW merupakan seorang panutan baik disegala sektor kehidupan. Salah satunya adalah memilih dan memakan makanan. Terutama memilih makanan atau menu berbuka ala Rasulullah SAW.

Karena pola hidup yang sehat tidak terlepas dari pola makan yang sehat. Nutrisi yang baik dibutuhkan oleh tubuh adalah bagian penting dari menjalani gaya hidup sehat. Bagaimanapun juga memiliki berat badan yang ideal belum tentu menerapkan pola makan yang sehat. Lalu menu berbuka puasa seperti apakah yang dimakan oleh Rasulullah SAW.

Macam-macam Makanan atau Menu Ala Rasulullah

Buah Kurma

Kurma merupakan buah yang sangat disukai oleh Nabi. Konsumsi kurma pada bulan ramadhan, memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan lho. Tidak hanya untuk mereka yang berpuasa saja, bahkan juga untuk yang sedang diet. Kurma memiliki banyak nutrisi, vitamin, serta serat yang dibutuhkan saat kita berbuka setelah seharian berpuasa.

Buah Ara

Buah ara seringkali dimakan utuh dan mentah, tapi bisa dikupas. Makanan manis ini terkenal digunakan sebagai bahan makanan ringan dan biasanya diolah sebagai obat untuk kesehatan. Makanan manis ini memiliki nutrisi seperti kurma, dan memiliki antioksidan yang lebih tinggi dibanding teh hijau. Manfaatnya yang banyak sangat baik untuk pencernaan kita ketika berbuka puasa.

Daging

Untuk mengganti asupan nutrisi yang hilang selama berpuasa daging merupakan makanan yang tepat. Bahkan Nabi Muhammad SAW menyebutkan bahwa daging adalah raja dari makanan karena daging kaya akan protein dan mineral yang penting untuk membentuk kekuatan tulang dan memiliki peran penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Bisa diolah menjadi apa saja tetapi bisa dicoba menjadi olahan berkuah akan membuat tubuh menjadi hangat dan prima kembali.

Buah Anggur

Buah ini bisa menjadi alternatif yang baik untuk beruka puasa. Rasanya yang segar dan manis dapat mengembalikan cairan dan gula didalam tubuh. Buah anggur juga memiliki manfaat untuk kesehatan ginjal hingga membantu memperlancar buang air besar. Buah ini juga disukai oleh Rasullallah SAW.

Madu

Setelah menahan lapar dan haus seharian, mengkonsumsi yang manis-manis dianggap sebagai menu yang paling nikmat. Madu dikonsumsi saat berbuka puasa adalah untuk mengembalikan energi tubuh yang hilang. Madu dipercaya mampu mengembalikan energi tubuh yang hilang lebih cepat dari pada pemanis buatan. Namun harus tetap perhatikan kadar gula darah dalam tubuh agar tidak menyebabkan timbulnya penyakit.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung antioksidan dan mengandung lemak jenuh tunggal. Zaitun juga memiliki khasiat mengurasi resiko kanker, mencegah stroke, melindungi kesehatan jantung dan mencegah obesitas. Nabi Muhammad SAW mengandalkan untuk kesehatan kulit dan rambut. Akan tetapi, dengan harga yang lumayan mahal banyak orang yang enggan mengkonsumsi minyak zaitun.

Buah Melon

Tidak hanya kurma buah yang biasa dikonsumsi saat berbuka puasa. Melon memunyai rendah kalori dan sangat kaya akan kandungan air. Sehingga melon dapat mengembalikan keseimbangan cairan dan menghidari diri dari dehidrasi. Rasulallah SAW biasanya memakan melon bersama kurma segar, sabda beliau, “Yang satu mengusir panas, yang lain mengusir dingin.” Hadis ini dicatat oleh at-Tirmidzî.

Labu

Salah satu makanan yang disukai Rasulullah SAW diketahui adalah buah labu. Hadits Shahih Riwayat al-Bukhari:5019 menyebutkan Rasulullah menyukai buah ini. Manfaat dari buah labu memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Serat yang ada di dalam labu sangat baik untuk pencernaan setelah seharian berpuasa.

Jali-jali

Jali-jali adalah sejenis gandum yang biasa dipakai Rasulullah SAW untuk membuat panganan dalam sup hangat. Makanan ini direkomendasikan saat seorang terkena demam. kandungan didalamnya kaya akan karbohidrat dan nutrisi lainnya. Mengkonsumsi jali-jali juga dipercaya mengurangi kolesterol, membantu sembelit, dan mengurangi risiko diabetes.

Jamur

Rasulullah SAW menyukai jamur truffle. Jamur ini memiliki kandungan karbohidrat, protein dan serat. Bahan makan ini sangat enak jika dibuat sup dan disantap selagi hangat. Sayangnya harga yang sangat mahal menjadikan jamur ini kurang baik dikonsumsi ketika bulan ramadhan, tapi jika ada rezeki dan ingin mencobanya boleh saja.

Susu

Susu merupakan sumber energi yang baik untuk tubuh. Nabi Muhammad SAW sendiri gemar minum susu. Nabi Muhammad SAW berkata, “Susu menghapus panas dari hatimu, seperti menyeka keringat darialismu,”. Dan susu yang biasa dikonsumsi Rasulullah SAW biasanya susu kambing.

Baca juga: Khasiat Kurma Ajwa yang Luar Biasa untuk Kesehatan

menu berbuka puasa
Ilustrasi Menu Berbuka Puasa Ala Rasulullah yang Lezat dan Sehat | Sumber: Freepik

Adakah Cemilan yang Biasa Rasulullah SAW Makan?

Untuk menjaga kesehatan Rasullallah SAW selalu mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat. Tidak hanya kita umat islam saja yang sudah biasa mengikuti pola hidup sehat ala Nabi Muhammad SAW, bahkan orang dari agama lain pun mengikuti pola hidup Rasulullah SAW. Nabi biasa mengkonsumsi segelas air dicampur dengan madu untuk sarapan. Lalu menjelang Dhuha Rasul memakan 7 butir kurma yang sudah matang.

Nabi Muhammad SAW juga suka ngemil roti yang di lumuri cuka dicampur dengan minyak zaitun pada sore hari. Adapun cemilan yang sering dimakan oleh Rasul saat malam hari adalah roti dengan kuah daging, sayur-sayuran dingin, buah anggur dan susu. Pola makan seperti Rasul ternyata serupa dengan apa yang dianjurkan oleh pakar kesehatan dunia. Jadi jangan ragu untuk meniru makanan atau cemilan yang di konsumsi oleh Nabi Muhammad SAW.

Demikianlah 11 Menu Berbuka Puasa ala Rasulullah SAW dan amat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Tidak hanya sehat, mengikuti Nabi juga mendapatkan pahala.

Ingin tahu tips-tips dan informasi seputar Ramadhan? Kamu bisa cari tahu di Alan Creative, karena disini selain kamu bisa buat website keren dengan harga bersahabat. Kamu juga bisa mendapat pencerahan seputar puasa di bulan Ramadhan, lho! Jangan lupa cek sosial media kita untuk dapat informasi menarik lainnya. Yuk, update dunia digital kamu hanya di Alan Creative.

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

7 Fungsi Database Dalam Pengembangan Aplikasi (Sumber: Unsplash)

7 Fungsi Database Dalam Pengembangan Aplikasi

Halo, Alan Lovers! Beberapa fungsi database berikut ini wajib untuk Anda ketahui. Pasalnya, database memiliki peranan penting dalam pengembangan aplikasi. Sebagai contoh, ketika Anda menggunakan

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative