fbpx
elibrary

Pengelolaan Perpustakaan Digital Untuk Sekolah Go Digital

Halo, Alan Lovers! Kalian pernah gak ngalamin telat ngembaliin buku dari perpustakaan karena lupa kapan batas waktunya? Pernah ngalamin juga gak lupa buku yang dipinjem apa aja? Hmm…gak boleh gitu ya! Kasian sama petugas dan pengelola perpustakaannya, kok bukunya makin sedikit.

Kalau kalian pernah magang/kerja di perpustakaan pasti pernah ngerasain hal itu kan? Galau menunggu buku yang tak kunjung kembali. Eits, jangan galau dulu. Perkembangan teknologi saat ini memungkinkan kita untuk mengelola perpustakaan secara digital lho. Bakal lebih mudah!

Pengen tau lebih lanjut tentang perpustakaan digital? Yuk simak terus artikel ini!

Perpustakaan Digital

Perpustakaan merupakan suatu ruangan, bagian dari gedung/bangunan atau gedung tersendiri yang berisi buku-buku koleksi, yang diatur dan disusun demikian rupa, sehingga mudah untuk dicari dan dipergunakan apabila sewaktu-waktu diperlukan oleh pembaca.

Dengan beragam buku yang bisa dipinjam oleh pembaca, pengelola perpustakaan tentu memiliki peran yang sangat penting dalam memastikan sirkulasi peminjaman buku tercatat dengan baik. Kalau tidak, bisa-bisa banyak buku yang tidak diketahui keberadaannya, dipinjam oleh siapa, kapan, dan dikembalikan pada tanggal berapa.

Kehadiran perpustakaan digital tentu dapat membantu pengguna, baik pembaca maupun pengelola perpustakaan. Pembaca dapat mengetahui apakah ia sedang meminjam buku atau tidak, meminjam buku apa, dan harus dikembalikan kapan.

Sedangkan bagi pihak perpustakaan, mereka dapat melakukan manajemen dan monitoring terhadap sirkulasi buku dengan lebih mudah lagi. Tidak perlu pencatatan manual, tetapi bisa langsung ditulis melalui komputer dan diunggah ke database. Informasi tersebut pun kemudian terhubung dengan pembaca yang bersangkutan sehingga dapat mempermudah alur informasi.

Manfaat

Dari poin sebelumnya dapat kita ketahui bagaimana perpustakaan digital bekerja. Oleh karenanya, ada beberapa manfaat yang perlu diperhatikan, diantaranya:

  • Memudahkan pengelolaan koleksi
  • Menghemat waktu dalam melakukan pengelolaan
  • Meningkatkan minat membaca
  • Memudahkan komunikasi terkait koleksi yang dipinjam
  • Mengefisiensikan waktu dalam mencari koleksi buku

Layanan Perpustakaan Digital

Membuat sistem sendiri tentu akan sangat sulit. Mulai proses pemetaan kebutuhan, ideasi, pembuatan prototype, hingga akhirnya menjadi produk akhir memakan waktu dan tenaga yang banyak. Oleh karenanya, menggunakan layanan pihak ketiga adalah jawabannya.

Alan School hadir untuk membantu sekolah dalam melakukan transformasi digital. Salah satu fiturnya adalah perpustakaan digital. Alan School bisa membantu sekolah dalam menghadirkan fitur ini yang tentunya akan membantu siswa dan guru serta pegawai dalam melakukan tugasnya.

Oleh karenanya, jika kalian tertarik untuk menggunakan layanan Alan School, dapat menghubungi kami dan dapatkan layanan terbaik dan profesional.

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

WordPress vs Joomla!: Mana Yang Terbaik?

Halo Alan Lovers, sedang bingung menentukan sistem manajemen konten (CMS) untuk website? Peran penting CMS untuk branding dan operasional website memang membuat kita harus memilah

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative