Halo Alan Lovers, pernah dengar tentang SEO off page? Salah satu jenis optimasi SEO dalam sebuah konten website ini jadi salah satu kunci pemeringkatan Google loh. Yuk ketahui apa itu SEO off page lengkap dengan bagaimana cara melakukan optimasinya.
Search Engine Optimization (SEO) sendiri adalah teknik yang dilakukan agar sebuah website dapat mudah ditemukan dalam pencarian search engine. Apabila informasi muncul dalam pencarian teratas search engine, maka potensi akses menciptakan website dengan traffic yang tinggi. Kepentingan SEO dalam membangun brand awareness pun membuat para pebisnis bahkan punya fokus khusus di bidang ini.
Saat ini, teknik SEO dibagi menjadi dua jenis yaitu SEO off page dan SEO on page. Perbedaan mendasar dari kedua jenis teknik ini adalah dilakukan secara internal dalam website dan eksternal. SEO Off Page vs SEO On Page, Mana Yang Lebih Penting? Sebelum memutuskan untuk melakukan teknik optimasi SEO, simak informasi lebih lengkap si bawah ini.
Apa Itu SEO Off Page?
SEO Off Page adalah langkah optimasi SEO yang dilakukan di luar website Anda atau dapat dikatakan optimasi melalui faktor eksternal. SEO Off Page juga ikut menentukan penilaian ranking Anda di Google. Beberapa hal yang dilakukan dalam teknik optimasi SEO ini adalah melakukan link building, meningkatkan engagement rate media sosial, mengoptimalkan local SEO dan memanfaatkan forum online.
Baca juga: Apa Itu SEO On Page? Bantu Pemeringkatan Website!
Cara Optimasi SEO Off Page
1. Jalankan Link Building
Link building dapat diartikan sebagai aktivitas untuk mendapatkan link dari website lain (backlink). Backlink menjadi salah satu faktor utama penilaian Google karena banyaknya link dari berbagai website yang relevan menunjukkan bahwa website tersebut adalah sumber terpercaya.
Website yang berada di ranking pertama rata-rata memiliki 3,8 kali backlink lebih banyak dibanding posisi kedua hingga kesepuluh. Namun, pastikan bahwa Anda memasang backlink yang berkualitas, ya. Jika backlink banyak, tapi berasal dari website yang ecek-ecek dan tidak relevan, maka Google akan menganggapnya sebagai spam.
2.Tingkatkan EAT
Teknik EAT merupakan singkatan dari Expertise, Authoritativeness, dan Trustworthiness. Cara optimasi yang satu ini jadi salah satu indikator kualitas sebuah website sesuai dengan Search Quality Evaluator. EAT dapat membantu Google untuk memastikan bahwa hasil pencarian yang ditampilkan adalah yang terbaik dan paling akurat.
EAT menjadi salah satu faktor kesuksesan SEO off page yang paling berpengaruh. Mengingat, Google sendiri sangat mengedepankan ketepatan informasi atau anti hoax. Selain itu, “memberikan hasil yang cepat dan akurat” merupakan nilai jual utama Google. Jadi, Anda harus melakukan upaya optimasi tanpa mengurangi relevansi atau kredibilitas konten.
3. Tingkatkan Engagement di Media Sosial
Berdasarkan hasil riset, engagement rate pada sebuah post di media sosial akan memengaruhi pemeringkatan Google. Alasannya sederhana, ketika audiens berasumsi bahwa konten tersebut menarik dan bermanfaat maka engagement untuk konten tersebut akan tinggi. Ini akan membuka jalan untuk website Anda meraih traffic yang maksimal.
Selain itu, engagement di media sosial juga membantu bisnis Anda menjadi lebih populer. Para pengguna media sosial biasanya akan membagikan ulang konten yang menurut mereka penting, menarik dan bermanfaat. Dari sini, Anda dapat meraih review, brand promotion dan banyak pendukung lainnya untuk mengembangkan bisnis.
Nah, itulah tadi informasi mengenai SEO off page dan cara optimasi yang perlu Anda ketahui. Jika dibandingkan dengan SEO on page, kedua teknik optimasi ini penting untuk saling melengkapi. Apabila optimasi dilakukan secara tepat, maka bukan tidak mungkin untuk bisnis Anda berada dalam deretan pemeringkatan teratas search engine.
Masih merasa kesulitan untuk membuat konten SEO pada website Anda? Tenang, Anda dapat menggunakan layanan ahli konten SEO untuk mempermudah pengembangan bisnis. Yuk kunjungi Alan Creative sekarang juga, dapatkan informasi terbaik untuk optimalisasi website bisnis Anda.