Pengertian Digital Marketing, Metode Baru UMKM

Bagikan

Pemerintah maupun organisasi di masyarakat kini tengah marak adakan pelatihan digital marketing untuk UMKM. Digital Marketing dinilai dapat bantu operasional UMKM menjadi lebih maju. Masih minimnya pengetahuan para pelaku UMKM tentang digital marketing pun dorong banyak pihak untuk berikan pelatihan atau edukasi secara gratis.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, digital marketing menjadi salah satu teknik pemasaran yang marak ada di dunia bisnis. Mayoritas bisnis dalam skala sedang hingga besar telah meninggalkan cara konvensional dan beralih ke digital marketing. Untuk itu, yuk ketahui lebih dalam tentang digital marketing.

Pengertian Digital Marketing

Digital Marketing atau pemasaran digital adalah kegiatan pemasaran atau promosi yang manfaatkan media digital atau internet  untuk menarik konsumen dan calon konsumen. Mayoritas orang yang telah bergantung pada teknologi membuat digital marketing menjadi pilihan utama para pelaku bisnis. Saat ini, telah jarang ditemukan bisnis yang masih memakai pemasaran konvensional.

Lalu mengapa digital marketing kini dipromosikan untuk pelaku UMKM? Persaingan tinggi di pasar membuat UMKM perlu jadi kreatif dan inovatif, salah satunya lewat digital marketing. Hal ini dapat bantu para pelaku UMKM dapatkan posisi di pasaran dan keuntungan lebih banyak.

Kelebihan Digital Marketing Sebagai Sarana Promosi UMKM

Digital marketing memberi banyak keuntungan dibanding dengan teknik pemasaran konvensional. Berikut ini adalah kelebihan dari digital marketing sebagai sarana promosi UMKM.

1. Hemat Biaya

Berbeda dengan teknik pemasaran konvensional, digital marketing dapat minimalisir pengeluaran promosi Anda. Bahkan, ada media digital marketing yang bersifat gratis dan tidak dipungut biaya apapun. Contohnya adalah sosial media, Anda dapat memanfaatkannya secara optimal tanpa perlu cemas biaya mahal.

2. Pencapaian Promosi Dapat Diukur

Apabila pemasaran konvensional sulit diukur tingkat keberhasilnya, digital marketing beri akses mudah bagi para pelakunya. Anda dapat menganalisis hasil promosi melalui aplikasi analisis audiens yang sesuai dengan media promosi Anda.

3. Penargetan Konsumen Lebih Mudah

Digital marketing memungkinkan Anda untuk sasar konsumen secara lebih mudah. Misalnya Anda ingin sasar para anak muda yang suka seblak, media apa yang sering mereka gunakan? Anda bisa buat inovasi dalam membuat konten fyp di TikTok dan undang rasa ingin tahu konsumen pada bisnis Anda.

4. Jangkauan Pasar Luas

Penggunaan media dan internet, membuat digital marketing punya jangkauan pasar yang lebih luas. Meski telah sasar konsumen secara spesifik, tetapi bukan tidak mungkin konten Anda justru alami perluasan jangkauan dan memberi keuntungan bisnis lebih dari target yang ada.

Kekurangan Digital Marketing Dalam Promosi UMKM

Meskipun punya banyak kelebihan, tetapi digital marketing juga memiliki kekurangan yang perlu Anda ketahui. Ini dia kekurangan digital marketing yang perlu Anda ketahui.

1 . Tingkat Persaingan Tinggi

Banyaknya pelaku bisnis yang menggunakan digital marketing, membuat Anda berada dalam pasar persaingan yang tinggi. Untuk itu, tuntutan untuk lebih inovatif dan kreatif akan terus Anda hadapi. Jika pakai digital marketing, pastikan Anda punya strategi yang tepat untuk bersaing dengan kompetitor.

2. Menggunakan Banyak Aplikasi Tambahan

Meskipun memberikan cara mudah analisis, digital marketing perlu banyak aplikasi tambahan untuk kinerjanya. Aplikasi pembuat konten, share konten, analisis audiens, berdiri sendiri dan tidak berada dalam satu kesatuan.

Itulah tadi informasi tentang digital marketing dan perannya bagi UMKM yang perlu Anda ketahui. Apabila Anda merupakan salah satu pelaku UMKM, digital marketing dapat membantu Anda meningkatkan keuntungan bisnis. Tidak perlu menggunakan teknik tinggi, terapkan mulai dari teknik paling sederhana dahulu yaitu sosial media.

Apabila Anda butuh bantuan profesional untuk mengelola sosial media atau media digital marketing, Alan Creative hadir untuk Anda. Hubungi Alan Creative sekarang juga, dapatkan informasi lebih lanjut untuk dukung bisnis Anda.

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative