fbpx
Pentingnya Memilih Technology Stack, Apa Saja?

Pentingnya Memilih Technology Stack, Apa Saja?

Halo, Alan Lovers! Beberapa poin pentingnya memilih technology stack berikut ini wajib untuk Anda ketahui. Pasalnya, Anda harus mengetahui techonology stack yang sesuai dengan kebutuhan Anda agar tidak salah strategi saat mengembangkan website atau aplikasi.

Di era yang serba digital, teknologi memiliki peranan penting dalam menjalankan bisnis suatu perusahaan. Terlebih lagi, perkembangan teknologi membawa seluruh kebutuhan menjadi lebih mudah lewat website atau aplikasi.

Oleh karena itu, penting sekali bagi Anda untuk memilih technology stack yang sesuai dengan kebutuhan untuk membuat website atau aplikasi.

Lantas, apa saja poin pentingnya memilih technology stack? Anda bisa menemukan jawabannya melalui artikel ini. Simak hingga tuntas, ya!

Baca Juga: Technology Stack Terbaik untuk Mengembangkan Aplikasi Fintech

Apa itu Technology Stack?

Pentingnya Memilih Technology Stack, Apa Saja?
Pentingnya Memilih Technology Stack, Apa Saja? (Sumber: Unsplash)

Sebelum menyelam lebih dalam, alangkah baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu technology stack. Berdasarkan informasi yang dihimpun dari berbagai macam sumber, technology stack merupakan kombinasi teknologi yang digunakan oleh perusahaan untuk membangun sebuah website atau aplikasi.

Lebih lanjut, technology stack terdiri dari framework, database, alat front-end, alat back-end, bahasa pemrograman, dan aplikasi yang terhubung melalui API.

Pentingnya Memilih Technology Stack

Berikut adalah beberapa poin penting yang harus Anda perhatikan ketika memilih technology stack:

Jenis Proyek

Sebelum Anda memilih technology stack, ada baiknya mengenal lingkup proyek yang akan dikerjakan. Misalnya, untuk skala kecil biasanya teknologi sederhana seperti CMS atau WordPress bisa menjadi pilihan yang tepat.

Untuk skala menengah, Anda membutuhkan technology stack yang mampu untuk menggabungkan bahasa pemrograman. Hal ini dikarenakan, developer membutuhkan tools yang memberi mereka fungsionalitas dan intergrasi tanpa batas diberbagai platform.

Sementara itu, untuk skala kompleks seperti e-commerce maka developer diharuskan membuat aplikasi web yang akan bekerja sama dengan beberapa bahasa pemrograman dan memanfaatkan berbagai teknologi web.

Skalabilitas

Lebih lanjut, Anda juga harus memperhatikan technology stack yang mampu untuk mengakomodasi pertumbuhan aplikasi di masa depan. Pasalnya, aplikasi atau website harus bisa menangani pekerjaan secara optimal jika suatu saat terjadi lonjakan pertumbuhan baik data atau pengguna.

Sistem Operasi dan Bahasa Pemrograman

Hal lainnya yang perlu Anda perhatikan adalah sistem operasi dan bahasa pemrograman. Karena, Anda perlu memerhatikan lingkungan serta bahasa yang cocok untuk jenis aplikasi yang ingin dikembangkan.

Front-end Framework

Selanjutnya, Anda juga harus memperhatikan layanan dan framework dalam technology stack untuk membangun pengalaman pengguna, termasuk fungsionalitas dan juga antarmuka pengguna.

Development Cost

Terakhir, Anda juga harus memperhatikan biaya yang dibutuhkan untuk proyek pengembangan aplikasi. Walaupun, sebagian besar technology stack tersedia gratis dan open source.

Kesimpulan

Pemilihan technology stack yang tepat dapat memberikan beberapa manfaat seperti mendukung gerak cepat pada fase awal bisnis, platform yang mudah beradaptasi, hingga memudahkan untuk melakukan ekspansi.

Masih bingung bagaimana memilih technology stack yang tepat? Alan Creative bisa menjadi pilihan terbaik untuk mengembangkan aplikasi ataupun website yang ingin Anda kembangkan. Kami akan memberikan rekomendasi technology stack sesuai dengan kebutuhan dan produk. Tertarik? Hubungi Alan Creative sekarang juga!

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

5 Fitur Kunci Marketplace yang Wajib Ada

Halo, Alan Lovers! Seiring dengan semakin terdigitalisasinya dunia, semakin banyak bisnis yang beralih ke pasar online untuk terhubung dengan pelanggan dan meningkatkan penjualan. Baik menjalankan

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative