Halo, Alan Lovers! Kamu sudah tahu belum apa itu media independen? Yap, media independen merupakan media yang berdiri secara mandiri tanpa adanya pengaruh atau interprentasi dari pemerintah. Kehadiran media independen pada sistem demokrasi sangat dibutuhkan masyarakat untuk memantau jalannya pemerintahan secara objektif.
Untuk bisa mendapatkan kepercayaan dan lebel sebagai media independen, tentunya media tidak hanya membuktikan kebebesan mereka sebagai media penyambung suara rakyat, tapi juga diiringi dengan personal branding yang kuat. Lantas seperti apa sih personal branding?
Cara personal branding Kompas sebagai media independen
Salah satu media jurnalistik yang terkenal di Indonesia yaitu Kompas. Kompas berhasil membangun personal branding sebagai media jurnalistik yang bebas dan independen yang telah berdiri sejak 1965.
Kepiawaan Kompas dalam mempertahankan personal brandingnya di masyarakat sangat menarik untuk dipelajari dan mungkin bisa menjadi acuan untuk media baru agar bisa dalam melakukan personal branding.
1. Konsisten pada prinsip yang dimiliki
Dalam sejarah terbentuknya sebagai media yang bebas, Kompas telah mengalami dua kali dibredel. Namun, hal itu tidak serta merta membuat Kompas kincep dan berubah haluan, mereka tetap konsisten dengan prinsip dan janji yang mereka pegang teguh.
Kini, kompas berhasil dikenal sebagai media yang mampu penyambung suara rakyat, berkat prinsip jurnalistik yang mereka pegang secara konsisten.
2. Terus berinovasi
Sebagai media yang bebas dan independen, Kompas tidak serta merta hanya mengandalkan citra itu. Kompas juga melakukan serangkaian inovasi agar berita yang mereka sampaikan bisa meluas dan dinikmati beragam kalangan.
Dalam halaman resminya, Kompas telah menunjukkan bagaimana personal branding mereka dengan menghadirkan koran secara online di Kompas.id. Inovasi yang dilakukan Kompas semakin mengukuhkan personal branding mereka sebagau media yang bebas dan juga inovatif.
Baca juga: 5 Kesalahan dalam Melakukan Personal Branding di Sosmed
3. Mempertahankan kualitas dan Integritas konten
Dalam setiap konten berita yang Kompas hadirkan, mereka selalu mengutamakan kualitas jurnalistik, kode etik Dewan Pres dan berintegritas untuk pembaca. Hal ini dapat mrmbangun kepercayaan dan kredibilitas Kompas dibenak pembaca.
4. Aktif diberbagai media sosial
Kompas aktif di berbagai media sosial yang berguna untuk berinteraksi dengan audiens, menyampaikan berita terbaru yang ada di Kompas. Kamu bisa menemukan Kompas di Instagram, Facebook, YouTube, Twitter dengan username @hariankompas.
So, begitulah cara media jurnalistik untuk membangun personal branding sebagai media yang independen. Gimana menarik, kan?
Suka artikel sejenis ini? Pas banget, di website Alan Creative ada banyak artikel menarik seputar sosial media hingga digital marketing. Di website Alan, kita bisa menambah wawasan bersama-sama, gak percaya? Buruan cek sendiri…