fbpx

Sejarah Swift dan Perbedaannya dengan Bahasa Pemrograman Lain

Halo Alan Lovers, apakah kalian tahu bahwa Swift merupakan bahasa pemrograman khusus untuk aplikasi iOS? Dikembangkan sendiri oleh Apple, nyatanya Swift sukses menjadi bahasa pemrograman yang eksklusif. Kok bisa? Yuk ketahui sejarah Swift dan juga perbedaannya dibanding dengan bahasa pemrograman lain di sini.

Baca juga: Ingin Kembangkan Aplikasi iOS? Kenali Swift Dulu!

Bagaimana Sejarah Swift?

Bahasa pemrograman Swift dikembangkan oleh Apple pada tahun 2010 dan diumumkan secara resmi pada tahun 2014. Awalnya, Swift dikembangkan untuk menggantikan bahasa pemrograman Objective-C yang telah digunakan dalam pengembangan aplikasi iOS dan macOS selama lebih dari 30 tahun.

Pengembangan Swift dimulai pada tahun 2010 oleh Chris Lattner, seorang insinyur perangkat lunak di Apple. Tujuan pengembangan Swift adalah untuk membuat bahasa pemrograman yang lebih modern, aman, dan mudah dipelajari daripada Objective-C.

Swift pertama kali diperkenalkan kepada publik pada konferensi pengembang Apple pada tahun 2014. Pada saat itu, Swift mendapatkan banyak perhatian dari pengembang dan komunitas pemrograman karena kemampuannya yang lebih mudah dipelajari dan digunakan daripada bahasa pemrograman lainnya.

Sejak diperkenalkan pertama kali, Swift terus mengalami perkembangan dan peningkatan. Pada tahun 2015, Apple merilis Swift sebagai bahasa pemrograman open source yang dapat digunakan oleh siapa saja untuk mengembangkan aplikasi untuk platform Apple. Sejak itu, Swift telah menjadi salah satu bahasa pemrograman yang paling populer di dunia.

Hingga saat ini, Swift telah digunakan untuk mengembangkan berbagai jenis aplikasi, termasuk aplikasi mobile, desktop, web, dan bahkan aplikasi server. Swift juga terus berkembang dengan adanya versi terbaru yang dirilis secara reguler dengan peningkatan fitur dan kemampuan yang lebih baik.

Apa yang Membuat Swift Berbeda dengan Bahasa Pemrograman lain?

Menjadi salah satu bahasa pemrograman yang populer, apa sih yang membuat Swift ini berbeda? Beberapa alasan di bawah ini mungkin dapat membantumu lebih memahami perbedaan Swift dengan bahasa pemrograman lain.

Baca juga: Tips Menggunakan Swift

1. Mudah Dipelajari dan Dipahami

Swift didesain untuk mudah dipelajari dan dipahami oleh para pengembang. Bahasa pemrograman ini memiliki sintaks yang lebih sederhana dan mudah dipahami dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya seperti Objective-C. Hal ini membuat pengembangan aplikasi menjadi lebih cepat dan efisien.

2. Aman dan Stabil

Perbedaan yang kedua datang dari segi desain. Swift memiliki desain yang dilengkapi dengan fitur keamanan yang kuat, seperti tipe data yang aman dan penanganan kesalahan yang terintegrasi. Dengan adanya fitur-fitur tersebut, pengembang dapat menghindari kesalahan dan memperkecil kemungkinan terjadinya kebocoran memori atau serangan keamanan pada aplikasi.

3. Performa yang Cepat

Tujuan dikembangkannya Swift adalah untuk memberikan performa yang lebih cepat dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya. Hal ini terutama terlihat pada aplikasi yang dibangun untuk platform Apple, di mana Swift dapat menghasilkan kode yang lebih efisien dan performa yang lebih baik.

4. Open Source

Swift merupakan bahasa pemrograman open source yang dapat digunakan oleh siapa saja untuk mengembangkan aplikasi untuk platform Apple maupun platform lainnya. Dengan adanya open source, pengembang dapat lebih mudah berkontribusi dan memperbaiki Swift, sehingga bahasa pemrograman ini terus berkembang dan menjadi lebih baik dari waktu ke waktu.

5. Kompatibilitas yang Baik dengan Objektif-C

Selanjutnya, Swift juga didesain dengan kompatibilitas yang baik dengan bahasa pemrograman Objektif-C. Hal ini berdampak pada kemudahan pengembang untuk memadukan kode Swift dan Objektif-C pada satu aplikasi. Selain itu, kompatibilitas tersebut juga memudahkan pengembang untuk melakukan migrasi dari Objektif-C ke Swift secara bertahap, tanpa perlu mengganti kode secara keseluruhan.

6. Mudah untuk Digunakan pada Platform Apple

Perbedaan yang terakhir merupakan hal yang paling jelas dan eksklusif dari Swift. Kok bisa? Swift merupakan bahasa pemrograman yang dirancang khusus untuk platform Apple seperti iOS, macOS, watchOS, dan tvOS. Hal ini membuat pengembang dapat lebih mudah mengembangkan aplikasi untuk platform Apple menggunakan Swift, dengan dukungan dari berbagai framework dan library yang sudah tersedia.

Nah, itulah tadi informasi mengenai sejarah Swift dan juga perbedaannya dibanding bahasa pemrograman lain yang perlu kamu ketahui. Tertarik untuk menggunakannya? Pastikan fitur Swift sudah sesuai dengan apa yang kamu butuhkan.

Kamu mungkin membutuhkan bantuan profesional untuk mempermudah pengembangan aplikasi. Alan Creative menyediakan layanan mobile apps khusus untukmu. Framework, perancangan, semuanya biar kami saja yang urus. Tenang, Alan Creative juga menawarkan berbagai promo menarik uang bisa kamu manfaatkan loh. Yuk hubungi Alan Creative sekarang juga, dapatkan informasi lebih lengkap.

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

Kunci Penting dari Sebuah Software House

Halo, Alan Lovers! Dengan perkembangan pasar IT yang sangat tinggi, perusahaan perangkat lunak atau software house harus melakukan banyak inovasi. Hal tersebut ditujukan untuk membangun

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative