Halo Alan Lovers, tahukah kalian bahwa ternyata SEO dan SEM itu berbeda? Meski sama-sama berguna untuk optimasi konten di mesin pencari, kedua istilah ini mencakup teknik yang berbeda. Oleh karena itu, penggunaan optimasi SEO dan SEM sendiri pun perlu disesuaikan dengan kebutuhan yang ada. Yuk simak informasi lengkapnya di bawah ini.
Baca juga: 10 Cara Meningkatkan SEO WordPress untuk Website
Apa Itu SEO?
SEO atau Search Engine Optimization adalah praktik meningkatkan kualitas dan kuantitas lalu lintas organik atau tidak dibayar dari mesin pencari ke sebuah situs web. Hal ini dilakukan dengan mengoptimalkan konten situs web dan struktur situs agar lebih mudah ditemukan dan dipahami oleh mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yahoo.
Tujuan dari SEO adalah untuk meningkatkan peringkat situs web di hasil pencarian mesin pencari sehingga lebih mudah ditemukan oleh pengguna dan meningkatkan jumlah pengunjung situs web tersebut. Praktik SEO mencakup pengoptimalan kata kunci, pengembangan tautan balik, pengelolaan konten, dan optimasi teknis situs web, antara lain.
Baca juga: Apa Itu SEO On Page? Bantu Pemeringkatan Website!
Apa Itu SEM?
Search Engine Marketing (SEM) adalah suatu bentuk pemasaran online yang menggunakan mesin pencari untuk meningkatkan visibilitas situs web atau produk di internet. SEM melibatkan pengoptimalan mesin pencari (SEO) dan iklan berbayar per klik (PPC) untuk mendapatkan lalu lintas atau kunjungan ke situs web.
Pada dasarnya, SEM berusaha untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke situs web dengan meningkatkan peringkat atau posisi halaman situs web pada hasil mesin pencari. Hal ini dapat dilakukan dengan mengoptimalkan konten situs web untuk kata kunci tertentu atau dengan membayar untuk menempatkan iklan di halaman hasil pencarian mesin pencari.
Dengan SEM, bisnis dapat menjangkau target pasar mereka secara lebih efektif dengan mengoptimalkan situs web mereka untuk kata kunci yang relevan dengan produk atau layanan yang mereka tawarkan. Hal ini memungkinkan bisnis untuk mendapatkan lalu lintas yang lebih banyak, meningkatkan visibilitas merek, dan meningkatkan penjualan secara keseluruhan.
Baca juga: Pengertian dan Cara Optimasi SEO Off Page
Perbedaan SEO dan SEM
Meski sama-sama berfungsi untuk optimasi konten marketing, SEO dan SEM memiliki beberapa perbedaan yang perlu diperhatikan. Hal ini terkait dengan penggunaan dan juga hasil dari kedua optimasi mesin pencari. Berikut ini merupakan beberapa perbedaan antara SEO dan SEM.
1. Biaya
Sesuai dengan definisinya, SEO merupakan teknik optimasi konten yang dilakukan secara organik. Pada dasarnya, teknik SEO dapat dilakukan secara gratis. Meskipun memang apabila menggunakan bantuan tools, perlu membayar versi premiumnya.
Berbeda dengan SEO, SEM mematok biaya pada layanan optimasi di mesin pencari. Hal ini dikarenakan sifat SEM adalah iklan konten. Saat ini, banyak penyedia layanan digital marketing untuk membantumu melakukan SEM terbaik.
2. Hasil Pencarian
SEM biasanya akan membuat kontenmu berada di pencarian teratas dengan logo khusus. Bisa berupa tulisan sponsored atau ad di bagian atas. Hal ini menandakan bahwa kontenmu menggunakan layanan ads.
Tampilan ini tentunya berbeda dengan optimasi konten SEO. Artikel atau konten bisa saja mencapai pencarian teratas tetapi tidak ada logo khusus. Jadi, SEO mengandalkan update mesin pencari.
3. Waktu Mencapai SERP
Perbedaan yang paling terlihat dari optimasi SEO dan SEM adalah kecepatannya. Sebuah konten yang menggunakan layanan ads maka secara otomatis mampu mencapai hasil pencarian teratas. Waktu pencapaiannya pun tergolong singkat, bahkan instan.
Sedangkan SEO yang merupakan teknik optimasi organik, maka memerlukan waktu untuk dapat mencapai hasil yang diinginkan. Sulit untuk mencapai hasil pencarian teratas secara instan, terlebih lagi apabila konten bukan merupakan berita.
4. Fleksibilitas
Perbedaan yang terakhir adalah terkait fleksibilitas perubahan. Apabila menggunakan SEM, kamu dapat dengan mudah merubah target audiens, strategi, landing page dan lain sebagainya. Sedangkan SEO tidak bisa secara mudah diubah, perlu waktu untuk kamu bisa menyesuaikannya dengan hasil yang diinginkan.
Baca juga: SEO Off Page vs SEO On Page, Mana Yang Lebih Penting?
Dapat dikatakan bahwa perbedaan utama antara SEM dan SEO adalah bahwa SEM mencakup iklan berbayar. Sementara itu, SEO hanya fokus pada optimasi organik. Namun, kedua teknik dapat saling melengkapi dan digunakan bersama untuk mencapai tujuan pemasaran online yang optimal.
Ingin optimasi konten tanpa ribet? Yuk gunakan saja layanan optimasi dari Alan Creative. Tenang, semua dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan budget loh. Pastinya kami juga menyediakan berbagai promo menarik khusus untukmu. Ingin tahu informasi lebih lanjut? Hubungi Alan Creative sekarang juga.