Halo, Alan Lovers! SEO untuk e-Commerce menjadi salah satu topik yang penting untuk dibahas. Pasalnya, SEO berperan penting agar e-Commerce milik Anda bisa ditampilkan di halaman pencarian.
Seperti yang kita ketahui sebelumnya, SEO (Search Engine Optimization) memiliki peran penting untuk meningkatkan traffic pada website. Dengan begitu, e-Commerce milik Anda bisa dilihat oleh banyak pengguna sehingga bisa meningkatkan konversi.
Lantas, seperti apa strategi yang bisa dilakukan dalam menerapkan SEO untuk e-Commerce? Anda bisa menemukan jawabannya melalui artikel ini. Simak hingga tuntas, ya!
Strategi SEO untuk E-Commerce
Berdasarkan informasi yang dihimpun dari berbagai macam sumber, berikut adalah beberapa strategi SEO untuk e-Commerce yang bisa Anda lakukan:
Riset Kata Kunci
Strategi pertama, Anda harus melakukan riset kata kunci. Sama seperti strategi SEO pada umumnya, hanya saja kata kunci yang digunakan lebih berfokus terhadap produk-produk yang Anda jual.
Sebagai contoh, jika Anda menjual pakaian kemeja pria dan wanita. Maka, Anda bisa menggunakan kata kunci kemeja pria termurah atau kemeja wanita termurah.
Baca Juga: Menggunakan Strategi SEO yang Tepat dalam Content Writing
Adapun, Anda bisa melakukan riset kata kunci menggunakan beberapa aplikasi rekomendasi seperti Google Keyword Planner, SEMrush, hingga Keyword Tool Dominator.
Optimasi Halaman Produk dan Kategori
Lebih lanjut, Anda juga harus menggunakan kata kunci yang relevan di halaman produk ataupun kategori. Pasalnya, kedua halaman tersebut merupakan halaman yang paling banyak mendapat traffic untuk website e-Commerce.
Adapun, hal yang perlu diperhatikan adalah tittle tag dan juga description tag. Pastikan kedua kategori tersebut terdapat kata kunci yang relevan sesuai dengan spesifikasi produk yang Anda jual.
Gunakan Kata Kunci di URL
Selanjutnya, jangan lupa untuk masukkan kata kunci di dalam URL. Selain itu, usahakan agar URL tersebut singkat dan mencerminkan judul produk atau kategori.
Sebagai contoh, jika Anda menjual pakaian kemeja pria panjang. Maka, URL Anda bisa menjadi seperti https://example.com/pakaian/kemejapria/kemeja-pria-panjang
Masukkan Internal Link
Selain itu, Anda juga dapat menggunakan internal link untuk menghubungan audiens ke halaman produk ataupun kategori. Dengan begitu, audiens dapat dengan mudah mengetahui dan mencari produk yang Anda jual.
Mobile-friendly
Jauh sebelumnya, Google telah memperbarui algoritma mesin pencari dengan memprioritaskan website mobile-friendly untuk tampil di halaman. Tak hanya itu, 85% pengguna juga melakukan pencarian internet menggunakan perangkat mobile.
Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk membuat website e-Commerce yang responsif agar memberikan kenyamanan bagi penggunanya untuk mencari produk yang Anda jual.
Kesimpulan
Nah, itu tadi merupakan penjelasan singkat mengenai strategi SEO untuk e-Commerce yang bisa Anda coba. Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkan SEO untuk meningkatkan traffic dan juga konversi.
Sudah coba tips di atas, tapi traffic website dan konversi tak kunjung meningkat? Jasa optimasi SEO di Alan Creative bisa menjadi pilihan yang tepat.
Di Alan Creative, kami melalukan analisis kompetitor, optimasi SEO disetiap halaman website, serta meningkatkan posisi atau ranking di halaman pencari. Tunggu apalagi? Hubungi Alan Creative sekarang juga!