fbpx
dynamic-website-hosting-concept (1)

Shared Hosting vs Cloud Hosting: Pilih Mana?

Halo Alan Lovers, sedang bingung memilih layanan hosting yang tepat? Diantara banyak jenis layanan hosting, shared hosting dan cloud hosting menjadi yang populer digunakan nih. Shared hosting vs cloud hosting, kira-kira pilih yang mana ya? Yuk simak informasi lebih lengkap di artikel ini, khusus untuk Anda.

Apa Itu Shared Hosting?

Shared hosting adalah jenis layanan hosting di mana satu server digunakan untuk menjalankan beberapa situs web. Beberapa situs web yang berbeda ditempatkan pada satu server, dan setiap situs web membagikan sumber daya server yang sama, seperti CPU, memori, dan ruang penyimpanan. Shared hosting adalah pilihan yang paling murah dan paling populer untuk situs web pribadi atau bisnis kecil yang memerlukan pengelolaan server yang minimal.

Apa Itu Cloud Hosting?

Cloud hosting adalah metode hosting yang menggunakan infrastruktur cloud computing untuk menyediakan hosting layanan. Ini berarti bahwa server dan sumber daya yang digunakan untuk menjalankan situs web tidak terletak pada lokasi fisik tertentu, melainkan di seluruh jaringan server yang terhubung melalui internet. Cloud hosting dapat menawarkan fleksibilitas dan skalabilitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan hosting tradisional, seperti shared hosting atau dedicated hosting, karena sumber daya dapat diatur sesuai kebutuhan dan dibayar sesuai penggunaan.

Shared Hosting vs Cloud Hosting: Apa Saja Kelebihannya?

Ketika membandingkan dua jenis layanan hosting, kelebihan menjadi hal yang paling penting untuk diperhatikan. Apakah mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda atau tidak. Yuk simak apa saja kelebihan dari shared hosting dan cloud hosting di bawah ini.

Kelebihan Shared Hosting

  1. Biaya yang lebih rendah: Shared hosting adalah pilihan yang paling murah dibandingkan dengan jenis hosting lainnya, karena beberapa situs web ditempatkan pada satu server, yang memungkinkan penyedia hosting untuk mengurangi biaya.
  2. Pemeliharaan yang mudah: Shared hosting menyediakan pengelolaan server yang minimal, sehingga pemilik situs web tidak perlu memiliki pengetahuan teknis yang mendalam untuk mengelola dan memelihara situs web mereka.
  3. Skalabilitas yang baik: Shared hosting menyediakan skalabilitas yang baik bagi situs web yang memerlukan tambahan sumber daya server seiring dengan pertumbuhan trafik. Pemilik situs web dapat dengan mudah meningkatkan kapasitas server mereka dengan meningkatkan paket hosting mereka atau pindah ke jenis hosting yang lebih kuat.

Kelebihan Cloud Hosting

  1. Skalabilitas: Cloud hosting memungkinkan penambahan atau pengurangan sumber daya secara dinamis sesuai dengan kebutuhan aplikasi atau situs web. Ini berarti bahwa jika trafik atau permintaan aplikasi meningkat, sumber daya dapat ditambahkan dengan mudah tanpa perlu melakukan upgrade fisik pada server.
  2. Ketersediaan: Cloud hosting menyediakan akses yang lebih handal dan tingkat kesediaan yang lebih tinggi dibandingkan dengan hosting tradisional. Ini karena cloud provider mengelola infrastruktur dan menyediakan backup dan failover otomatis, sehingga situs web tetap online meskipun ada masalah pada server atau perangkat lain.
  3. Biaya: Cloud hosting dapat menjadi lebih hemat biaya dibandingkan dengan hosting tradisional, karena Anda hanya perlu membayar untuk sumber daya yang sebenarnya Anda gunakan. Dengan hosting tradisional, Anda harus membayar untuk kapasitas maksimum yang dibutuhkan, meskipun Anda tidak selalu menggunakannya.

Kekurangan Shared Hosting dan Cloud Hosting

Selain kelebihan, kekurangan dari sebuah layanan hosting perlu untuk Anda pertimbangkan. Berikut ini merupakan beberapa kekurangan dari shared hosting dan cloud hosting yang perlu diketahui.

Kekurangan Shared Hosting

  1. Beberapa situs web ditempatkan pada satu server, sumber daya server dibagi antara beberapa situs web. Hal ini menyebabkan kinerja web lambat atau tidak stabil jika salah satu situs web memerlukan sumber daya yang lebih ba
  2. Risiko keamanan meningkat karena satu situs web yang tidak aman dapat menyebarluaskan masalah keamanan ke situs web lain.
  3. Keterbatasan konfigurasi: Pemilik situs web dibatasi dalam hal konfigurasi server, seperti pengaturan PHP atau MySQL. Pemilik situs web mungkin tidak dapat mengkonfigurasi server sesuai dengan kebutuhan aplikasi mereka.

Kekurangan Cloud Hosting

  1. Meskipun cloud hosting punya tingkat keamanan tinggi, tetapi masih ada risiko keamanan, seperti serangan DDoS, hacking, atau pencurian data. Anda harus mengambil tindakan tambahan untuk memastikan keamanan data Anda di cloud.
  2. Ketergantungan pada jaringan internet: Cloud hosting sangat tergantung pada kualitas koneksi internet yang stabil dan cepat. Jika koneksi internet Anda tidak stabil atau lambat, hal ini dapat menyebabkan masalah kinerja pada situs web atau aplikasi Anda.
  3. Biaya tambahan mungkin dikenakan untuk layanan tambahan seperti backup atau pemantauan, yang tidak selalu diperlukan dalam hosting tradisional. Anda harus memperhitungkan biaya ini dalam rencana anggaran Anda.

Shared Hosting vs Cloud Hosting: Pilih Mana?

Shared hosting cocok untuk situs web pribadi atau bisnis kecil yang memerlukan pengelolaan server yang minimal dan biaya yang rendah. Jenis hosting ini juga cocok untuk situs web yang memerlukan skalabilitas yang baik dan tidak memerlukan konfigurasi server yang canggih.

Di sisi lain, cloud hosting cocok untuk web yang perlu kinerja yang lebih tinggi, fleksibilitas, dan skalabilitas yang lebih baik. Cloud hosting menawarkan sumber daya server yang dapat diubah sesuai dengan kebutuhan aplikasi. Sehingga, situs web dapat menyesuaikan kapasitas server mereka sesuai dengan trafik yang mereka terima. Cloud hosting juga menyediakan tingkat keamanan yang lebih tinggi dan kontrol yang lebih besar atas konfigurasi server.

Jadi, pilih shared hosting jika Anda ingin mengelola situs web dengan biaya yang rendah dan pengelolaan server yang minimal. Lalu, pilih cloud hosting jika Anda ingin mengelola situs web yang perlu kinerja tinggi, fleksibilitas dan skalabilitas yang lebih baik.

Itulah tadi informasi mengenai shared hosting vs cloud hosting yang perlu Anda ketahui. Butuh layanan hosting website terpercaya? Yuk hubungi Alan Creative sekarang juga, konsultasikan kebutuhan website Anda bersama kami.

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative