fbpx
Berjualan di Tiktok

Social Selling, Strategi Marketing yang Bisa Kamu Terapkan!

Halo, Alan Lovers! Siapa di sini yang pas lagi buka Tiktok suka nemu live di FYP orang lagi jualan? Suka kalian tonton atau skip langsung nih? Kalo yang jualannya Meyden atau Tante Lala pasti kalian tonton kan? Mana betah lagi nontonnya hahaha. Emang seasik itu sih nontonin mereka promosi dengan karakter dan gimicknya masing-masing. Kalian tau gak kenapa sekarang ini banyak orang yang ngelakuin hal kaya gitu? Yuk simak artikel ini biar kalian lebih kenal sama yang namanya social selling!

Apa Itu Social Selling?

Istilah social selling mungkin cukup asing ya di telinga kita. Tapi sebenernya hal ini udah sering kita temuin, loh! Jadi, social selling adalah aktivitas pemasaran yang dilakukan melalui sosial media dengan interaktif. Jadi, poin penting dari social selling adalah adanya interaksi dengan customer. Bisa kita liat contohnya di live-nya Meyden atau Tante Lala di Tiktok. Mereka banyak melakukan interaksi untuk membangun hubungan komunikasi dengan audiens.

Mungkin kalian langsung kepikiran sama sales yang suka nyamperin kalo lagi jalan di trotoar? Kurang lebih secara prinsipal sama sih ya, cuma kalo social selling ini mempromosikan produknya lewat media sosial.

Bagaimana Cara Melakukan Social Selling?

Kita mau berbagi beberapa tips nih buat kalian ngelakuin social selling, khususnya dengan cara melakukan live.

Tahap Persiapan

Siapkan Talent

Nah, talent merupakan hal yang sangat penting jika kalian mau ngelakuin social selling. Karena mereka menjadi tokoh utama dalam mempromosikan produk yang kamu jual. Talent ini, bisa kamu sendiri yang lakuin atau bahkan ngerekrut orang lain, bisa temen kamu, pacar, atau siapapun itu selama mereka mau dan bisa untuk “banyak omong” di depan kamera.

Siapkan Script

Nah, script merupakan salah satu hal yang penting juga, loh! Karena walaupun kalian banyak melakukannya secara spontan, tapi perlu juga script biar kalian gak lupa sama hal-hal penting terkait produk kalian. Misalnya spesifikasi, manfaat, hingga harga dari produknya.

Selain itu, dengan script, kalian yang masih baru memulai bisa cepet untuk recover kalo misalnya blank atau sebagainya. Ditambah lagi, kalian bisa coba riset cara untuk menjual produk tersebut, bukan hanya memperkenalkannya dan bisa kalian tulis biar inget terus.

Siapkan Perangkat yang Dibutuhkan

Karena kalian melakukan social selling di media sosial, jangan lupa untuk mempersiapkan berbagai hal dasar terkait perangkat, mulai dari batre hingga koneksi internet. Beberapa perangkat yang bisa digunakan seperti tripod pun bisa kalian gunakan jika memilikinya di rumah.

Tahap Pelaksanaan

Saat di tahap pelaksanaan, setidaknya ada tiga hal yang perlu kamu perhatikan, diantaranya: kualitas dan kuantitas interaksi dengan audiens, serta pengaturan terhadap kondisi diri. Kalau kualitas dan kuantitas interaksi mungkin kalian udah paham ya, kita harus berinteraksi bukan hanya secara jumlah atau dengan banyak orang, tetapi juga memberikan hubungan yang baik dengan audiens. Karena akan cukup percuma kan kalau kalian cuma sekedar menyapa-nyapa saja tanpa membangun interaksi yang lebih intim dan eksklusif lagi? Di sanalah orang akan merasa dihargai dan terbangun hubungan emosional antara kalian dan audiens.

Kemudian, pengaturan mengenai kondisi diri pun penting. Gimana maksudnya? Live bukan hal yang mudah, guys, apalagi kalau kalian baru mulai. Banyak ngomong tapi yang nonton dikit atau bahkan gak ada. Disitulah konsistensi dan kondisi diri kalian diuji, di satu sisi kalian yang totalitas tapi di sisi lain kalian juga harus tau porsi dan batas diri kalian. Jangan sampai sakit!

Tahap Akhir

Setelah kalian melakukan live dalam jangka waktu tertentu, hal yang harus kalian lakukan adalah melakukan evaluasi terhadap apa yang sudah kalian lakukan dan dapatkan ketika live. Mulai dari jumlah audiens yang menonton kalian, jumlah interaksi yang audiens lakukan terhadap produk kalian, dan hal-hal tersebut bisa kalian hubungkan misalnya dengan jam tayang dan juga platform yang kalian gunakan.

Nah, sekarang kamu udah tau kan hal-hal apa aja yang perlu dilakukan kalo mau melakukan social selling? Tapi kalau kamu butuh tim, hubungin kami. Alan Creative menyediakan jasa pembuatan website, konten media sosial, management KOL dan influencer, hingga branding kit. Yuk Hubungi Alan Creative sekarang juga!

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

SEO dan SEM, Sudah Tau Apa Bedanya?

Halo Alan Lovers, tahukah kalian bahwa ternyata SEO dan SEM itu berbeda? Meski sama-sama berguna untuk optimasi konten di mesin pencari, kedua istilah ini mencakup

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative