Halo, Alan Lovers! Kalian tahu enggak sih kalau sekarang sudah banyak startup lokal yang bermunculan untuk merealisasikan ide-ide penuh inovasi mereka yang harapnya bisa memberi manfaat ke masyarakat yang membutuhkan. Kalian pasti tahu dong, bahwa memulai startup itu susah apalagi kalau sampai tembus pasar global, itu poin plus banget bahwa startup kamu telah sukses besar. Akan tetapi, kalian penasaran enggak sih sama strategi agar bisa tembus pasar global seperti startup lokal yang sudah ada. Coba yuk, simak penjelasan berikut ini!

1. Fokus Pada Kualitas Produk
Selalu ingat bahwa pelanggan bisa kembali membeli, bisa ketagihan produk kamu itu karena kualitas produk. Jangan sampai ketika produk kamu sudah benar-benar laku dan laris di pasaran, tetapi kamu enggak pernah meningkatkan kualitas apapun atau inovasi baru apapun. Pelanggan langsung mikir kalau produk kita ya … itu-itu saja tanpa ada perubahan. Ingat ya, kualitas itu bisa berdampak loh pada review pelanggan pada produk kamu. Yuk, selalu perhatikan dan tingkatkan.
2. Pemanfaatan Media Sosial dan E-commerce
Jangan cuma upload produk secara asal di media sosial. Di platform kayak gini bisa banget jadi kesempatan emas brand kamu buat terkenal. Gunakan platform media sosial ini untuk mempromosikan startup dan produk kamu secara agresif, gunakan berbagai strategi marketing yang kamu pahami, buat konten yang menarik, buat caption yang gokil bisa mengajak audiens untuk berbelanja.
Tak hanya media sosial, tetapi platform seperti E-commerce pun menjadi peluang besar untuk memasarkan produk kamu. Dengan menggunakan judul produk dan deskripsi produk yang paling sering dicari pelanggan, produk kamu bisa banget langsung laku di sana. Yuk, cobain.
baca ini: 10 Growth hack Digital marketing yang Dipakai merek Global
3. Membangun Branding yang Kuat
Gini Alan Lovers! Sekarang tuh orang-orang membeli produk bukan hanya dari segi kualitas saja loh, tapi juga dari segi brandingnya juga. Kalau brand startup kamu sudah memiliki citra merek yang kuat, sudah dikenal sana-sini dengan keunikan dan kekhasan tertentu. Kemungkinan besar produk startup kamu bakal sering dibeli, branding yang oke bisa banget mempengaruhi masyarakat untuk melakukan pembelian.
4. Adaptasi dengan Pasar Lokal
Sebelum bisa tembus ke pasar global ada baiknya startup kamu beradaptasi secara lokal dulu. Kumpulin semua review-review positif dalam negeri yang bisa dijadikan insight dan referensi bagi pelanggan global nanti. Cara beradaptasi secara lokal gimana? Sesuaikan produk startup kamu dengan masyarakat, lalu pasarkan produk kamu sesuai dengan budaya lokal tersebut. Jangan lupa untuk bekerja sama dengan mitra lokal juga.
5. Coba Ekspansi Secara Perlahan
Nah, kalau masyarakat lokal sudah bisa diajak menikmati produk startup kamu dan mendapat review positif. Waktunya kamu untuk berekspansi ke negara tetangga secara perlahan, tidak usah terburu-buru. Perlahan tapi pasti.
Nah, dari penjelasan di atas sekarang kamu sudah tahu kan bahwa startup lokal bisa banget loh tembus ke pasar global. Asal … terus berusaha dan tingkatkan inovasi-inovasi baru. Mau banget kan, startup lokal kamu bisa dikenal oleh khalayak luas bahkan global?!
Buat kamu para generasi muda yang mempunyai startup dan sedang melakukan promosi. Coba yuk kerjasama promosi bersama Alan Creative, di sana terdapat banyak layanan seperti pembuatan aplikasi, pembuatan website, hingga strategi marketing yang bisa banget melejitkan startup kamu!
Tunggu Apalagi? Yuk, segera hubungi Alan Creative sekarang juga!
Baca juga: Strategi Membangun UMKM Desa Melalui Media Sosial