fbpx
49cabd4538bee8bbe5b824cea20cb6a5

Teknologi Atlet SEA Games 2023 dalam Persiapan dan Latihan

Halo, Alan Lovers! Sejak Jumat, 5 Mei 2023 lalu, berbagai cabang olahraga dipertandingkan, mulai dari cabang atletik hingga olahraga tradisional Kamboja. Ya, SEA Games 2023, pesta olahraga bagi negara Asia Tenggara telah dimulai.

Bagi atlet kekuatan (powerlifter, strongman, weightlifter, dll) seperti atlet-atlet lainnya, dapat dan akan mendapatkan manfaat dari penggunaan teknologi modern. Dari alat EEG portabel, heart rate monitor, HRV monitor, tekanan darah, pelacakan kecepatan, dan teknologi lainnya.

Dunia teknologi atletik telah berkembang pesat dari masa-masa di mana hanya dengan merancang serangkaian repetisi dan set. Serta mengharapkan atlet-atlet kita untuk menyelesaikan gerakan dan sesi latihan setiap hari.

Sekarang kita hidup di dunia yang dipenuhi dengan teknologi yang luar biasa dan dapat mengukur semua aspek yang kita inginkan untuk mendapatkan gambaran real-time tentang bagaimana atlet kita mengatasi beban latihan serta tekanan dari luar.

Dalam artikel ini, kita akan melihat beberapa teknologi yang umum digunakan atlet SEA Games 2023 untuk memantau kesiapan, pemulihan, dan performa secara keseluruhan.

Heart Rate Monitors (HRM)

Heart Rate Monitors (HRM) adalah alat yang dapat mengukur detak jantung seseorang pada waktu tertentu. Ada dua jenis utama HRM yaitu yang menggunakan ECG (Electrocardiography) dan yang menggunakan PPG (Photoplethysmography).

Monitor ECG biasanya terpasang di dada dengan modul kecil di tengah, sedangkan PPG monitor dapat ditemukan pada activity tracker, wrist-worn HRM, dan produk ergonomis lainnya. Penggunaan HRM dapat membantu atlet menentukan kapan mereka siap untuk melakukan set selanjutnya atau mengetahui tingkat intensitas latihan yang dilakukan.

Heart Rate Variability (HRV)

Heart Rate Variability (HRV) adalah ukuran waktu antara detak jantung atau interval R-R. HRV berkaitan dengan kesehatan seseorang, di mana HRV tinggi menunjukkan kesehatan yang baik, sedangkan HRV rendah menunjukkan stres, kelelahan, dan overtraining. HRV dapat diukur dengan menggunakan HRM dan aplikasi smartphone.

Velocity/Power Tracking (VBT)

Velocity/Power Tracking (VBT) adalah teknologi pelatihan relatif baru yang mengukur kecepatan gerakan pada saat latihan. VBT dapat membantu atlet menentukan apakah mereka sudah pulih sepenuhnya atau tidak. Dengan VBT, dapat diukur apakah kecepatan gerakan sesuai dengan tujuan pelatihan atau tidak. Jika gerakan terlalu cepat atau terlalu lambat, dapat menunjukkan bahwa atlet tersebut sedang mengalami under-recovered.

Kesimpulan

Dengan berkembangnya teknologi dan perkembangan ilmu pengetahuan, jumlah teknologi yang terkait dengan performa olahraga hanya akan semakin terjangkau dan mudah digunakan. Atlet dari semua tingkatan akan mendapat manfaat dari hal ini, termasuk teknologi bagi atlet SEA Games 2023 ini.

Bagi kalian yang tertarik untuk mendapatkan artikel unik lainnya, ikuti terus Alan Creative. Bukan hanya artikel unik, tetapi kalian juga bisa mendapatkan artikel informatif seputar teknologi hingga digital marketing.

Setelah baca, kalian tertarik untuk mengembangkan aplikasi tapi bingung gimana caranya gak? Jangan khawatir, Alan Creative hadir untuk membantu menyelesaikan masalah kalian. Kami menyediakan layanan pembuatan web maupun mobile apps dengan profesional dan terjangkau. Tunggu apalagi? Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan penawaran terbaik!

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

Categories

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative