fbpx
BRAND GUIDELINES (1)

Tips Membuat Brand Guidelines yang Baik

Halo, Alan Lovers! Brand guidelines adalah dokumen yang dapat kalian gunakan untuk membantu mengidentifikasi, membangun, dan mengembangkan brand. Panduan ini digunakan untuk memastikan konsistensi dan kontinuitas brand dengan identitas visual serta strategi branding-nya.

Oleh karenanya, brand guidelines menjadi sebuah aspek penting yang harus dimiliki oleh sebuah perusahaan. Dalam artikel ini, kami akan membagikan informasi seputar tips membuat brand guidelines yang harus kalian tahu.

Kenapa Harus Membuat Brand Guidelines yang Baik?

1. Menjaga Konsistensi Brand

Tujuan terpenting dari brand guidelines adalah untuk menjaga konsistensi citra brand di hadapan publik. Misalnya, brand guidelines dapat memastikan bahwa logo kalian memiliki bentuk yang sama di seluruh produk pemasaran dan punya palet warna yang sama.

Konsistensi brand sangat penting bagi perusahaan kalian untuk membangun brand awareness yang instan dan meningkatkan loyalitas merek – yaitu basis konsumen yang setia yang akan membela merek kalian.

2. Menjamin Kualitas Brand

Sebagian besar brand guidelines mencakup praktik terbaik dan hal-hal yang harus dihindari. Misalnya, brand guidelines kalian bisa melarang penggunaan bayangan atau warna kontras tinggi di belakang logo. Panduan ini memastikan bahwa setiap komunikasi yang dikirimkan brand kalian (baik itu email pemasaran, surat langsung, atau billboard) terlihat rapi dan profesional.

Tips Membuat Brand Guidelines

Jika kalian ingin membuat brand guidelines untuk perusahaan kalian, berikut ini adalah daftar komponen paling umum untuk brand guidelines.

1. Misi dan Value

Sebagian besar perusahaan menyertakan misi dan core value mereka sebagai bagian dari brand guidelines. Menyertakan pernyataan ini memperkenalkan audiens pada brand story dan membantu mencerminkan misi kalian dalam pilihan desain yang direalisasikan dalam panduan.

2. Logo

Kalian perlu menyertakan logo perusahaan dalam brand guidelines. Tetapi tidak perlu menyertakan setiap variasinya. Sebagian besar perusahaan memiliki beberapa variasi logo yang berbeda, tergantung pada situasi.

Misalnya, logo besar dan terperinci untuk produk yang lebih besar (seperti billboard atau iklan seluruh halaman), logo kecil untuk produk kecil (iklan atau dokumen yang lebih kecil), dan logo kecil untuk situasi khusus (seperti aplikasi digital).

Sertakan juga panduan spasi dan allignment dalam brand guidelines. Selain aset brand, menyertakan beberapa best practices untuk logo kalian dapat membantu para desainer memahami cara membuat semua brand communication.

3. Palet Warna

Setiap merek harus memiliki beberapa set warna brand yang digunakan saat mengembangkan produk visual. Idealnya, ketika menyertakan skema warna dalam brand guidelines, cantumkan kode hex, nomor RGB, detail CMYK, atau nama Pantone untuk memastikan mudah ditemukan.

4 Tipografi

Banyak brand guidelines akan mencantumkan daftar styles dan font family yang digunakan, termasuk panduan ukuran dan spasi. Menyusun tipografi menghilangkan “kira-kira” bagi para desainer, memastikan bahwa semua unsur yang dibuat itu ideal.

5. Ikon

Jika perusahaan kalian menggunakan coretan khusus yang cocok dengan brand tone, sertakan juga dalam brand guidelines. Hal ini ditujukan untuk menghindari adanya gambar atau ikon yang tidak sesuai dengan karakter brand kalian.

6. Tone

Saat membuat brand guidelines, sertakan tone identitas visual. Untuk tone visual, pastikan desain brand guidelines cocok dengan tone visual perusahaan. Untuk brand voice, tentukan dengan beberapa kata (Apakah brand kalian ingin dilihat bersahabat? Ilmiah? Lucu?).

Bagi kalian yang tertarik untuk mendapatkan artikel unik lainnya, ikuti terus Alan Creative. Bukan hanya artikel unik, tetapi kalian juga bisa mendapatkan artikel informatif seputar teknologi hingga digital marketing. Lalu, jika kalian tertarik untuk mengembangkan brand tapi bingung gimana caranya? Jangan khawatir, Alan Creative hadir untuk membantu menyelesaikan masalah kalian. Kami menyediakan layanan branding kit dengan profesional. Tunggu apalagi? Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan penawaran terbaik!

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

perkembangan edutech

Perkembangan Edutech di Indonesia

Hi Alan Lovers, pendidikan merupakan aspek penting dalam kehidupan manusia. Dalam era digital, teknologi semakin memudahkan proses pembelajaran dengan adanya Edutech (education technology) atau teknologi

Mengenal Proyek BTS 4G BAKTI yang Dikorupsi

Halo, Alan Lovers! Di era yang semakin terhubung secara digital, konektivitas nirkabel menjadi kebutuhan penting bagi masyarakat modern. Dalam upaya untuk meningkatkan aksesibilitas dan kualitas

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative