Halo, Alan Lovers! Siapa nih di sini yang suka bingung memilih platform untuk memasang iklan? Tentunya saat memasang iklan, kita berharap iklan tersebut dapat membantu meningkatkan penjualan pada bisnis kita, sehingga penting bagi kita untuk mengetahui tips memilih platfrom yang cocok untuk iklan bisnis kita.
Memangnya gimana cara memilih platfrom yang tepat untuk memasang iklan diberbagai sektor bisnis? Kuy, kita bahas bersama…
Tips memilih platform untuk iklan bisnis
Iklan merupakan salah satu cara untuk kita memperkenalkan produk atau jasa yang kita tawarkan. Iklan yang sukses akan mampu menarik perhatian target konsumen hingga melakukan pembelian.
Di era digital ini, ada banyak sekali platform yang menyediakan wadah iklan berbayar untuk pelaku bisnis. Namun, perlu diingat tidak semua platform yang ada cocok untuk semua sektor bisnis kamu.
Mari kita ambil contoh pada platfrom iklan yang paling populer seperti di Google Ads, TikTok Ads, Facebook Ads, dan Instagram Ads.
Contoh 1:
Usaha kamu bergerak dibidang F&B maka kamu bisa fokus melakukan iklan di Facebook Ads. Kenapa?
Alasannya: Karena di Facebook ads terdapat fitur yang memungkinkan kamu untuk mengetahui target audiens secara spesifik, mulai dari lokasi, minat, usia dan kebiasaan konsumen. Fitur ini jelas akan mempermudah kamu untuk mempromosikan menu baru, menggumuman diskon sampai pelayanan pengiriman.
Contoh 2:
Jika bisnis kamu seputar teknologi, seperti perusahaan software, perusahaan layanan hosting dan sebagainya. Kamu bisa memasang iklan di Google Ads
Alasannya: kebanyakan orang menggunakan mesin pencarian Google untuk mencari tentang teknologi. Dengan memasang iklan di Google Ads, iklan kamu akan lebih mudah mendapatkan target audiens yang relevan.
Hal semacan inilah yang harus menjadi perhatian kamu saat memilih platform yang tepat. Berikut beberapa tips agar dapat membantu kamu memilih platform yang cocok untuk iklanmu.
1. Pahami target audiens
Seperti yang kita ketahui setiap platfrom memiliki audiensnya masing-masing. Iklan yang kamu pasang akan lebih berdampak, jika kamu memahami audiens setiap platfrom yang kamu pilih.
2. Pahami karakteristik platfrom iklan
Setiap platfrom memiliki citra dan karakteristiknya masing-masing, kamu bisa pilih karakteristik yang selaras dengan bisnismu. Atau kamu bisa menyesuaikan, jika memang dirasa platfrom tersebut masih relevan untuk iklan bisnis kamu.
Baca juga: 3 Platform Media Sosial untuk Pasang Iklan Anda
Kenapa penting memilih platfrom sesuai niche bisnis?
Seperti yang dijabarkan di atas, bahwa saat memutuskan untuk memilih sebuah platfrom sebagai wadah beriklan, penting bagi kamu untuk mengetahui seperti apa target dan karakteristik platfrom tersebut. Sederhannya, hal ini bisa diartikan sebagai penyesuaian antara tujuan bisnis dengan platform yang memiliki audiens dan fitur yang mendukung tujuan tersebut.
Setiap platform memiliki karakteristik unik, yang jika salah penempatan tidak akan memberikan hasil maksimal. Misalnya, untuk produk visual seperti fashion dan skincare, sangat cocok untuk masuk pada ranah platfrom berbasis gambar dan video seperti TikTok, Instagram, Facebook. Akan tidak terlalu berefek jika kamu malah memasang iklan di Google Ads, yang notabennya tidak terlalu fokus pada gambar dan video.
Dengan memahami karakteristik setiap platform, kamu dapat menjaga anggaran iklan agar lebih efisien dan menghasilkan dampak yang optimal.
So, itulah beberapa tips memilih platfrom yang cocok untuk iklan di bisnis kamu. Jangan sampai salah pilih ya besty…
Btw, siapa nih di sini yang jadi pembaca tetap di website Alan Creative? Iya, di website Alan ada banyak banget loh artikel informatif, mulai dari seputar teknologi hingga kabar terkini yang masih berhubungan dengan dunia digital. Penasaran apa aja? Kuy, buruan berkunjung sekarang… tenang, semuanya artikel dapat dibaca secara GRATIS!