Tips Menggunakan Google Trends Untuk Konten

Bagikan

Halo Alan Lovers, apakah Anda salah satu content creator? Jika iya, bagaimana cara Anda untuk membuat konten yang potensial dengan memanfaatkan SEO? Google Trends jawabannya! Dengan fitur riset keyword dari Google ini, Anda bisa mendapatkan data keyword untuk bantu penyusunan konten. Oleh karena itu, yuk ketahui beberapa tips menggunakan Google Trends agar konten SEO jadi lebih potensial.

Google Trends sendiri adalah alat yang diciptakan Google guna mencari dan menganalisa topik pencarian yang sedang ramai di search engine. Alat ini dirilis pada 11 Mei 2006 sebagai upaya Google untuk bantu optimalisasi pembuatan konten blog atau website. Dengan memanfaatkan Google Trends, pembuat konten blog atau website tidak perlu repot mencari satu demi satu topik apa yang sedang mendapatkan traffic tinggi.

Setelah mengetahui apa itu Google Trends, Anda mungkin bertanya-tanya seperti apa fungsinya dalam produksi konten. Sebagai penyedia data keyword, Google Trends punya beberapa fungsi yang mampu membuat konten Anda lebih potensial dan tepat momen. Berikut ini beberapa fungsi dari Google Trends.

1. Identifikasi Tren Baru

Google Trends mampu menyediakan informasi yang detail mengenai berbagai keyword potensial. Informasi ini berguna sebagai data pembuatan konten yang disesuaikan dengan apa yang dibutuhkan oleh pengguna search engine. Anda mampu tahu tren baru apa saja yang tengah marak di masyarakat untuk kemudian diolah menjadi konten yang menarik.

2. Memantau Kinerja Marketing

Tidak hanya bantu pembuatan konten, Google Trends juga mampu membantu tracking popularitas bisnis Anda. Apakah bisnis yang Anda buat masuk ke dalam deretan konten dengan traffic tinggi atau rendah. Jadi, secara tidak langsung Google Trends ini memantau kinerja marketing Anda dalam membangun brand awareness ataupun traffic tinggi.

3. Analisa Kompetitor

Google Trends juga dapat berfungsi sebagai alat analisa kompetitor. Hal ini karena Google Trends mampu menyediakan komparasi konten. Dari hasil komparasi tersebut, Anda dapat mengolahnya menjadi perencanaan yang visioner.

Tips Menggunakan Google Trends

Memanfaatkan Google Trends secara optimal tentunya dapat membantu Anda membuat konten SEO yang berkualitas dan potensial. Berikut ini merupakan beberapa tips menggunakan Google Trends.

1. Telusuri Keyword

Telusuri keyword dengan memasukkan ke dalam kolom pencarian Google Trends. Anda juga dapat mencari ide keyword melalui pencarian terpopuler yang disediakan oleh Google Trends. Ini bisa menjadi data yang potensial untuk konten bisnis Anda.

2. Lihat Analisa Grafik

Pastikan untuk melihat analisa grafik dari Google Trends. Ini akan membantu Anda untuk menentukan topik apa yang sedang diminati masyarakat dan tepat dijadikan konten. Indeks ketertarikan publik dalam Google Trends adalah 0 (tidak ada data), 50 (ketertarikan publik separuh dari puncak) dan 100 (topik penelusuran sedang ada dalam puncak popularitas).

3. Komparasi Keyword

Lakukan komparasi keyword, dengan membandingkan beberapa keyword serupa untuk menemukan mana yang lebih mendapatkan traffic tinggi.

4. Penelusuran Keyword

Terapkan kategori penelusuran keyword, dimana Anda dapat mengolah ide dan data sesuai kebutuhan seperti web search, picture search, google shopping hingga youtube search.

5. Lakukan Optimasi Keyword

Lakukan optimasi keyword dengan memanfaatkan demografi pasar. Google Trends menyediakan data geografis konten yang membuat Anda dapat lebih mendekati pasar. Misalnya toko Anda berada di area Jakarta, kemudian topik populernya adalah tempat estetik. Maka Anda dapat menyusun konten dengan mengusung tempat estetik serta menyematkan toko dalam konten.

6. Manfaatkan Analisa Tren Musiman

Manfaatkan analisa tren musiman yang disediakan oleh Google Trends. Misalnya topik inspirasi kado natal yang mengalami lonjakan traffic di pertengahan bulan desember. Anda dapat membuat konten di momen yang tepat sehingga mendapatkan traffic dan interest yang tinggi.

Nah, itulah tadi beberapa tips menggunakan Google Trends yang dapat Anda coba. Di tengah persaingan industri konten saat ini, Anda perlu menerapkan strategi dinamis mengikuti tren yang ada di masyarakat. Tidak hanya itu, kualitas konten dan juga kenyamanan pengguna saat mengakses konten Anda juga perlu dipertimbangkan. Berada dalam pemeringkatan search engine, meraih popularitas bisnis dengan keuntungan prospektif jadi lebih mudah ketika Anda memenuhi kualitas dari beberapa faktor tersebut.

Untuk membuat sebuah konten SEO yang berkualitas, Anda perlu website bisnis yang menarik dan nyaman. Jasa pembuatan website dapat menjadi solusi praktis untuk bisnis Anda. Yuk kunjungi Alan Creative sekarang juga, konsultasikan kebutuhan website bisnis Anda.

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative