Halo, Alan Lovers! Sebagai pengguna aplikasi YouTube, pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya YouTube Ads. Salah satu fitur yang ada di Youtube ini disediakan bagi para pemilik brand dan marketer agar dapat memasang iklan.
Banyak brand dan marketer menggunakan YouTube Ads untuk mempromosikan produk mereka supaya semakin dikenal oleh banyak orang. Namun, apa itu YouTube Ads? Apa saja jenis dari YouTube Ads? Dilansir dari berbagai sumber, berikut penjelas untuk mu.
Pengertian YouTube Ads
Ilustrasi Gambar
Youtube Ads merupakan sebuah fitur yang digunakan oleh para brand atau marketer untuk memasang iklan di platform video Youtube. Dengan menggunakan YouTube Ads, marketer dapat menargetkan iklan tersebut kepada user sesuai dengan hasil pencarian mereka di Google atau YouTube. Oleh karena itu, apabila kamu menggunakan iklan video di YouTube maka audiens akan dapat melihat keseluruhan iklan.
Macam-Macam YouTube Ads
Jika kamu hendak menggunakan YouTube Ads, maka kamu perlu mengetahui macam-macam jenisnya.
1. Bumper
Jenis iklan yang pertama ialah Bumper. Bumper sendiri merupakan iklan pendek dengan durasi sekitar 6 detik. Karena durasinya yang pendek inilah banyak marketer menggunakan jenis iklan ini untuk menggaet audiens yang menggunakan handphone.
2. TrueView Ads
TrueView Ads merupakan jenis iklan video standar yang banyak kalian temukan di YouTube. Iklan jenis ini juga banyak disukai oleh para marketer karena mereka hanya perlu membayar ketika audiens menonton iklan selama 30 detik atau sampai akhir video.
Jika kamu ingin menggunakan TrueView Ads, maka kamu dapat perlu mengetahui dua jenis iklan yang mereka berikan. Yaitu iklan yang dapat di-skip dan juga yang tidak dapat di-skip. Untuk memasang iklan yang dapat di-skip, kamu harus menggunakan durasi sekitar 12 detik- 6 menit. Sedangkan untuk TrueView Ads yang tidak dapat di-skip maka durasinya sekitar 15-20 detik.
3. Pre Roll Ads
Iklan terakhir yang dapat kamu gunakan ialah Pre Roll Ads. Jenis iklan ini dapat ditampilkan di awal, tengah dan akhir video saat audien sedang melihat video di YouTube. Jenis iklan ini biasanya tidak dapat di-skip dengan durasi sekitar 15-20detik. Karena tidak dapat di skip, kamu sebaiknya membuat konten yang berisi Call to Action (CTA) agar audiens yang menonton iklan ini segera mengambil tindakan.
Itu dia pengertian dan macam-macam YouTube Ads yang perlu kamu ketahui. Dengan menggunakan YouTube Ads, kamu akan dengan mudah meraih jangkauan audiens yang lebih luas. Kira-kira apakah kamu tertarik menggunakan YouTube Ads untuk memperkenalkan brand-mu?
Jika kamu membutuhkan jasa digital advertising dengan pengalaman yang terpercaya, Alan Creative adalah solusi terbaik! kami telah berkolaborasi dengan berbagai brand dan berhasil memberikan hasil yang maksimal, Jadi, tunggu apa lagi? Segera hubungi kami untuk mendapatkan penawaran spesial!
Baca Juga: Fitur Baru YouTube Memungkinkan Kreator Menjadi Afiliator