fbpx
Marketplace

5 Fitur Kunci Marketplace yang Wajib Ada

Halo, Alan Lovers! Seiring dengan semakin terdigitalisasinya dunia, semakin banyak bisnis yang beralih ke pasar online untuk terhubung dengan pelanggan dan meningkatkan penjualan.

Baik menjalankan bisnis kecil atau korporasi besar, marketplace dapat membantu kalian mencapai audiens baru, menyederhanakan operasi bisnis, dan meningkatkan laba.

Tetapi dengan begitu banyak marketplave di pasaran, bagaimana cara memilih yang tepat untuk kebutuhan kalian? Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi lima fitur kunci marketplace yang harus dimiliki.

Fitur Kunci Marketplace

1. User Interface yang Mudah Digunakan

Fitur pertama dan paling penting dari setiap marketplace adalah User Interface (UI) pengguna yang mudah digunakan.

Aplikasi kalian harus mudah dinavigasi, dengan menu yang jelas dan ringkas, fungsi pencarian sederhana, dan navigasi yang intuitif. Hal ini memiliki peran sangat penting jika kalian menargetkan berbagai pelanggan, termasuk mereka yang mungkin kurang ahli dalam teknologi. Gaptek.

Interface yang dirancang dengan baik dapat membantu Anda menarik dan mempertahankan pelanggan, meningkatkan keterlibatan, dan meningkatkan penjualan.

2. Pemrosesan Pembayaran yang Aman

Fitur kunci kedua dari setiap marketplace adalah pemrosesan pembayaran yang aman.

Aplikasi kalian harus menawarkan berbagai opsi pembayaran, termasuk kartu kredit dan debit, dompet digital, dan transfer bank. Aplikasi juga harus menggunakan gerbang pembayaran yang aman untuk melindungi informasi keuangan pelanggan kalian, seperti enkripsi SSL, kepatuhan PCI, dan otentikasi dua faktor.

Dengan menyediakan lingkungan pembayaran yang aman, kalian dapat membangun kepercayaan dengan pelanggan, mengurangi risiko penipuan, dan meningkatkan tingkat konversi.

3. Katalog Produk yang Kuat

Fitur ketiga yang harus dimiliki setiap marketplace adalah katalog produk yang kuat. Aplikasi kalian harus memungkinkan untuk memamerkan produk dan layanan dengan cara yang mudah untuk dipelajari dan dicari.

Hal tersebut termasuk gambar berkualitas tinggi, deskripsi produk yang terperinci, ulasan pelanggan, dan peringkat. Kalian juga harus dapat mengkategorikan produk dengan cara yang spesifik untuk pelanggan, seperti berdasarkan jenis, harga, atau popularitas.

Dengan menawarkan katalog produk yang komprehensif, kalian dapat membantu pelanggan menemukan apa yang mereka butuhkan dengan cepat dan mudah.

4. Engagement Tools dengan Pelanggan

Fitur keempat yang harus dimiliki setiap marketplave adalah customer engagemetn tools. Aplikasi kalian harus menyediakan berbagai alat dan fitur yang memungkinkan untuk terhubung dengan pelanggan dan membangun hubungan yang langgeng.

Misalnya, fitur chat, integrasi media sosial, email marketing, dan program keloyalan. Dengan tetap terhubung dengan pelanggan dan membangun loyalitas, kalian apat meningkatkan bisnis, menghasilkan ulasan positif, dan mendorong word of mouth marketing.

Baca Juga: Word of Mouth Marketing, Masihkah Relevan?

5. Analitik dan Pelaporan

Fitur kelima dan terakhir yang harus dimiliki setiap aplikasi marketplace adalah analitik dan pelaporan. Aplikasi kalian harus menyediakan berbagai data dan wawasan yang memungkinkan kalian untuk melacak kinerja aplikasi dan membuat keputusan berdasarkan data.

Termasuk informasi tentang volume penjualan, tingkat konversi, demografi pelanggan, dan kinerja produk. Dengan menggunakan informasi ini untuk mengoptimalkan aplikasi dan bisnis, kalian dapat meningkatkan laba bersih, tetap unggul dari kompetitor, dan terus tumbuh dan berkembang dari waktu ke waktu.

Kesimpulan

Jika kalian ingin membuat aplikasi marketplace yang sukses, ada beberapa fitur kunci yang tidak dapat Anda lewatkan. Dari interface yang mudah digunakan dan pemrosesan pembayaran yang aman hingga analitik dan pelaporan, fitur-fitur ini sangat penting untuk setiap aplikasi yang ingin menguasasi pasar.

Dengan fokus pada fitur inti ini, kalian dapat membuat aplikasi yang memberikan nilai yang nyata bagi pelanggan Anda, meningkatkan penjualan dan pendapatan, serta membantu kalian mencapai tujuan bisnis.

Kalian tertarik untuk mengembangkan aplikasi marketplave tapi bingung gimana caranya? Jangan khawatir, Alan Creative hadir untuk membantu menyelesaikan masalah kalian. Kami menyediakan layanan pembuatan web maupun mobile apps dengan profesional. Tunggu apalagi? Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan penawaran terbaik!

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

Mengenal Pengertian Classified Ads

Halo Alan Lovers, sudah pernah dengar tentang classified ads? Salah satu jenis iklan ini sering menjadi andalan tim marketing bisnis. Saat ini, telah banyak yang

daerah terpencil

Transformasi Teknologi di Daerah Terpencil

Hi Alan Lovers, daerah terpencil seringkali diabaikan dalam perencanaan dan pengembangan teknologi. Padahal kebutuhan teknologi di daerah ini tak kalah penting dengan daerah-daerah perkotaan. Tantangan

perkembangan edutech

Perkembangan Edutech di Indonesia

Hi Alan Lovers, pendidikan merupakan aspek penting dalam kehidupan manusia. Dalam era digital, teknologi semakin memudahkan proses pembelajaran dengan adanya Edutech (education technology) atau teknologi

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative