Aplikasi Zenly, Umumkan Tutup Saat Naik Daun

Bagikan

Halo Alan Lovers, apakah Anda pengguna aplikasi Zenly? Salah satu aplikasi sosial dengan popularitas tinggi ini mengabarkan pemberhentian operasi pada 3 Februari 2023. Kok bisa? Yuk simak informasi lengkap dibawah ini, khusus untuk Anda.

Aplikasi populer Zenly sukses membuat heboh pada penggunanya ketika merilis informasi Zenly ditutup pada 3 Februari 2023. Zenly sendiri adalah aplikasi yang telah diakuisisi oleh perusahaan Snap pada tahun 2017 lalu. Meski punya jutaan pengguna aktif dan terus bertengger di ranking teratas aplikasi sosial, ternyata tidak membuat Zenly dipertahankan oleh Snap. Alan Lovers dapat simak informasi lebih lengkap tentang Zenly dan alasan mengapa Snap menutupnya di bawah ini.

Apa Itu Aplikasi Zenly?

Zenly adalah aplikasi sosial yang memungkinkan pengguna untuk melihat lokasi teman di peta dan menavigasi jalan pengguna. Perusahaan Zenly sendiri telah berdiri sejak 2011 di Paris, Prancis. Sebelum akhirnya, pada tahun 2017 diakuisisi oleh Snap.

Zenly merupakan gabungan dari prinsip utility dan social apps. Ketika membuka aplikasi, pengguna dapat melihat apakah teman maupun keluarga mereka sedang berkumpul dan dimana lokasinya. Setelah itu, Anda dapat ikuti navigasi yang diberikan untuk menuju lokasi itu jika menginginkannya.

Tidak hanya menawarkan mapping, Zenly juga termasuk salah satu aplikasi sosial yang punya fitur perpesanan paling dinamis. Berkat keunggulannya, Zenly berhasil menduduki posisi 20 teratas aplikasi sosial yang diunduh secara global. Tidak hanya itu, Zenly bahkan masuk ke dalam 10 besar di Prancis, Indonesia dan Thailand.

Pada awal tahun 2022 sendiri, Zenly catat 35 juta pengguna aktif bulanan. Pendiri dan perusahaan Zenly sendiri sempat viral usai merencanakan peta digital yang menantang popularitas dari Google Maps dan Apple Maps. Pernyataan ini sukses menjadi sorotan masyarakat global, mengingat bukan tidak mungkin untuk Zenly mewujudkan tantangan itu.

Mengapa Zenly Ditutup?

Kabar mengejutkan datang ketika Zenly mengumumkan akan menutup aplikasinya secara total pada 3 Februari 2023. Perusahaan Snap yang mengakuisisi Zenly memang tengah diterpa isu buruk, dimana Snap telah melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) besar yaitu 20% tenaga kerja atau sekitar 1.200 orang. Keputusan penutupan Zenly ini menjadi salah satu cara Snap dalam menyiasati kondisi ekonomi mereka.

Tidak hanya karena alasan ekonomi, Snap sendiri juga sudah punya aplikasi induk sejenis yaitu Snap Map. Tentu sangat tidak menguntungkan untuk memiliki dua aplikasi sejenis, apalagi salah satunya yaitu Zenly merupakan aplikasi mandiri yang butuh dukungan finansial diluar klien utama Snapchat. Ini menjadi keputusan yang cukup mengejutkan, mengingat Zenly masih berada di tengah popularitas yang semakin tinggi.

Aplikasi sosial lainnya dari Snapchat yaitu TikTok dan BeReal sendiri juga masih memimpin pasar yang menjadi target inti Snapchat. Negara dengan pengguna paling besar adalah Amerika. Ini juga menjadi salah satu alasan mengapa Snap tidak terpikat dengan popularitas Zenly. Terlebih lagi pendiri sekaligus CEO Zenly yaitu Antoine Martine juga telah memutuskan resign pada beberapa bulan lalu saat Zenly meluncurkan fitur terbarunya.

Nah, itulah tadi informasi mengenai aplikasi Zenly yang akan resmi berhenti beroperasi pada 3 Februari 2023. Alasan utama pemberhentian ini adalah perusahaan Snap yang sulit mempertahankan operasional di tengah kondisi perekonomian yang memburuk. Tapi Alan Lovers tenang saja, Snap Map siap menggantikan fungsional Zenly!

Ingin tahu informasi teknologi lainnya? Yuk kunjungi Alan Creative sekarang juga, dapatkan informasi teknologi menarik dan terbaru lainnya.

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative