fbpx
Screenshot_20241017_122635_Chrome

Cara Menghindari Terjadinya Duplicate Content pada Websitemu

Halo, Alan Lovers! Kamu pasti sudah tahukan apa aja bahaya dari duplicate content? Yap, bisa berakibat buruk pada traffik organik, visibilitas website dan bahkan yang paling mengerikan bisa kena pinalty dari Google. Serem ya… so, penting banget nih bagi kita untuk perhatian mengenai cara menghindari terjadinya duplicate content.

Memangnya gimana sih cara menghindari duplicate content? Dilansir dari dailySeo.id, berikut cara mudah yang bisa kamu terapkan…

Cara Menghindari Terjadinya Duplicate Content
Ilustrasi gambar

Seperti yang pernah kita bahas sebelumnya bahwa duplicate content dapat terjadi dalam kondisi salah penulisan URL, misalnya karena salah penggunaan huruf kapital, atau yang lainnya. Untuk mengatasi itu, maka penting bagi kita untuk selalu rutin memeriksa internal link pada setiap konten kita.

Kegiatan ini juga akan membantu kita untuk cepat dalam mengambil tindakan untuk kesalahan internal link.

2. Buat mapping

Cara Menghindari Terjadinya Duplicate Content
Ilustrasi gambar

Jika website kamu memiliki content velocity yang cepat dan setiap hari selalu terbit artikel, maka penting bagi kamu untuk mencatat semua judul atau kata kunci tang pernah kamu gunakan. Hal ini berguna untuk membantu kamu jika dikemudian hari lupa atau merasa pernah nulis topik sejenis ini tapi ragu, kamu bisa segera mengecek di data mapping yang kamu buat.

Untuk format mappingnya, kamu bisa buat sesuai dengan kebutuhan kamu. Bisa menggunakan bantuan aplikasi noted, bisa juga dengan beragam cara lainnya.

3. Laporkan duplicate content

Ilustrasi gambar

Jika kamu mengetahui ada konten dari situs yang mengcopy konten kamu, kamu bisa segera melaporkan hal ini langsung ke Google. Jika memang terbukti mereka menyalin konten kamu, konten duplikat tersbut akan segera dihapus pihak Google.

Untuk proses pelaporannya, kamu bisa kunjungi Google kemudian ikuti semua prosedur dan data yang harus kamu isi.

Baca juga: Tips Mudah Agar Memperoleh Backlink dari Situs Berkualitas

4. Jaga originalitas

Cara Menghindari Terjadinya Duplicate Content
Ilustrasi gambar

Tanamankan dalam diri kamu saat menulis sangat dilarang keras dalam mencopy! Kamu bisa terinspirasi dari topik atau pembahasan dari website lain, tapi jangan pernah malas untuk selalu mencerna informasi tersebut dan membuatnya dengan bahasa, gaya, dan ciri khasmu sendiri.

Jangan pernah takut dengan hasil tulisan sendiri, teruslah menulis dengan jujur untuk menemukan keindahanmu.

So, itulah cara mudah menghindari terjadinya duplicate content. Gimana, kamu tertarik coba cara ini atau kamu penya cara efektif lainnya?

Btw, ada kabar baik nih! Buat kamu yang gemar membaca artikel menarik dan informatif tentang teknologi hingga digital marketing, Alan Creative siap menemani kamu belajar dengan seru. Dan yang lebih keren lagi, semuanya bisa kamu akses secara GRATIS! Jadi, tunggu apa lagi, bestie? Yuk, langsung kunjungi sekarang! Dijamin gak akan nyesel!

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative