fbpx
OIP (6)

5 Kasus Dark Web yang Terkenal dan Mengerikan!

Halo, Alan Lovers! Ketika kita berbicara tentang internet, terdapat bagian yang jauh lebih gelap dan mengerikan daripada yang umumnya kita ketahui. Ya, kita bicara tentang dark web, yang terkenal sebagai tempat yang penuh dengan aktivitas ilegal dan tidak etis.

Namun, di antara semua kejahatan dan kebobrokan yang terjadi di dark web, ada beberapa kasus yang menonjol dan terkenal karena tingkat kekejaman dan kengerian yang luar biasa. Dalam artikel ini, kita akan membahas lima kasus dark web yang benar-benar mengguncang dunia dan menunjukkan sisi gelap dari internet yang kita semua harus waspadai.

Kasus-Kasus Dark Web

1. No Love Deep Web

Pada bulan Agustus 2012, pengunjung di dark web bisa menemukan petunjuk-petunjuk yang tersebar di jaringan yang membawa mereka melalui sebuah permainan realitas alternatif yang menarik. Seperti permainan 4chan Cicada 3031, petunjuk-petunjuk tersebut memandu pengguna reguler melalui rangkaian petunjuk-petunjuk cerdas yang disusun seperti perburuan harta karun.

Permainan tersebut menggunakan banyak cara enkripsi untuk menyembunyikan petunjuk-petunjuknya, termasuk Caesar cipher yang terkenal, kode QR, kode Morse, dan banyak metode enkripsi serupa lainnya. Semua petunjuk tersebar di situs-situs dark web, dan seorang peserta mengisahkan pengalamannya sebagai sangat mendebarkan:

” Saya adalah bagian dari Permainan Realitas Alternatif No Love Deep Web di mana kami harus melakukan perburuan harta karun deep net yang berakhir dengan saya mengemudi ke New York untuk menjawab telepon umum pada pukul 3:00 pagi. Itu keren.”

Jadi, apa yang sedang terjadi? Nah, itu bukan agensi pemerintah rahasia merekrut anggota baru, dan itu bukan pencapaian sekelompok penjahat siber. Sebaliknya, permainan itu dibuat oleh kelompok hip hop eksperimental Death Grips untuk mempromosikan album baru mereka, No Love Deep Web.

2. Evite Blackmailing

Pada tahun 2019, Evite, layanan perencanaan sosial, mengalami pelanggaran keamanan besar. Mereka engompromikan informasi pribadi dari lebih dari 10 juta pengguna Evite.

Evite adalah platform besar, jadi keselamatan dan privasi anggotanya penting bagi mereka. Mengancam privasi 10 juta pelanggan tersebut tidak terdengar seperti sesuatu yang diinginkan siapa pun (kecuali mereka yang ingin memanfaatkan pelanggaran keamanan).

Ternyata, peretas yang memicu pelanggaran, Gnosticplayers, tidak merilis informasi apa pun ke publik. Sebaliknya, dia menghubungi Evite dan meminta $1900 dalam Bitcoin. Itu jumlah yang relatif kecil, karena pelanggaran data sebesar ini dapat menghabiskan jutaan dolar untuk penyelesaian bagi perusahaan.

Evite tidak membayar, dan peretas sebenarnya mulai menjual informasi orang di dark web untuk jangka waktu yang singkat pada musim panas 2019. Pasar di mana dia menjual informasi tersebut kemudian ditutup. Sampai sekarang, belum terdengar lagi kabar selanjutnya.

3. Silk Road

Silk Road dilaporkan memfasilitasi penjualan narkotika senilai 1,2 miliar dolar sepanjang eksistensinya. Pada masa kejayaannya, pendapatannya mencapai $ 3,6 juta bagi Ross Ulbricht, penciptanya.

Platform ini adalah pasar gelap sejati, dengan “pedagang” menawarkan produk mereka seperti yang mereka lakukan di eBay atau Amazon. Pengguna pasar dark web ini selalu beberapa klik dan Bitcoin saja dari senjata, narkoba, atau produk ilegal lainnya dan konten ilegal.

Namun, Pemerintah tidak diam. Pada tahun 2013, Ross ditangkap dan dijatuhi hukuman penjara seumur hidup karena operasi tersebut. Namun, platform serupa bernama Agora atau Silk Road 2.0 masih ada di dark web, melanjutkan bisnis mereka sampai saat ini.

4. Steakandcheese

Sekarang kita membahas bagian yang lebih mengerikan dari kasus dark web. Steakandcheese atau Rotten adalah situs web di mana pengguna dapat menonton video kekerasan dan sadis yang sangat grafis. Hanya fakta bahwa platform-platform ini masih (dikabarkan) aktif dan semakin populer menunjukkan sisi yang lebih gelap dari bagian internet ini.

Dan itu menunjukkan jenis hal yang akan kalian temukan di dark web jika kalian tidak berhati-hati. Aturan praktis yang baik adalah jangan pernah mengklik tautan kecuali kalian tahu di mana itu akan mengarah.

Namun, hal yang mengejutkan tentang Steakandcheese adalah bahwa itu sebenarnya adalah situs web yang diindeks oleh Google untuk waktu yang lama. Kembali pada akhir 2000-an, orang benar-benar dapat mengakses situs web yang menampilkan video sadis. Untungnya, Steakandcheese tidak lagi tersedia melalui Google.

5. Hidden Wiki

Navigasi di dark web tidak semudah menjelajahi internet biasa. Tidak ada mesin pencari yang mengindeks semua URL di sana, dan jika Anda mencari sesuatu yang kurang populer, biasanya Anda harus mendapatkan tautan dari seseorang.

The Hidden Wiki adalah kumpulan situs populer di dark web, dan ini sangat meningkatkan navigasi dark web. Mengingat bahwa bagian dari internet ini juga digunakan untuk membantu para whistleblower mencari bantuan dan memberikan informasi gratis kepada orang yang tertindas, acara ini menandai langkah penting ke depan bagi dark web.

Situs ini pertama kali diterbitkan pada tahun 2007, tetapi baru mendapatkan popularitas pada awal 2010-an, ketika lebih banyak orang mulai mengakses dark web.

Tertarik untuk mendapatkan artikel unik lainnya? Ikuti terus Alan Creative. Bukan hanya artikel unik, tetapi kalian juga bisa mendapatkan artikel informatif seputar teknologi hingga digital marketing.

Cari semua kebutuhan konten digital hingga teknologi untuk bisnis dan pemerintah hanya di Alan Creative! Termasuk pembuatan website profesional dengan harga terjangkau!

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

Mengapa Website Mobile Friendly Penting?

Mengapa Website Mobile Friendly Penting?

Halo, Alan Lovers! Mengapa website mobile friendly penting di era digital saat ini? Anda bisa menemukan jawabannya melalui artikel berikut ini. Pastikan menyimak hingga tuntas,

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative