fbpx
Screenshot_20241030_145434_Chrome

Perbedaan PPC, PPA, CPM, dan CPC, dalam Digital Marketing

Halo, Alan Lovers! Kamu tahu gak apa aja perbedaan PPC, PPA CPM, dan CPC? Yap, keempatnya istilah ini merupakan bagian dari digital marketing yang menggambarkan model pembayaran iklan yang ada. Untuk memahami perbedaanya, kita harus mengetahui  pengertian dan contoh dari keempat model digital marketing ini.

Memangnya apa sih perbedaan PPC, PPA, CPM, dan CPC? Dilansir dari Venndy Blog, berikut beberapa perbedaan keempatnya ini.

1. PPC (Pay-per-click)

Gambar Perbedaan PPC, PPA, CPM, dan CPC
Ilustrasi gambar

Sesuai namanya, pemilik bisnis harus membayar setiap klik yang pengguna lakukan di mesin pencari. Biasanya jenis ini digunakan untuk ke pentingan kampanye dan affiliasi.

Keuntungan menggunakan strategi pemasaran iklan ini yaitu, kamu bisa mendapatkan traffic secara cepat dan pengguna yang spesifik serta bisa dibilang hemat biaya dan pas untuk bisnis yang memiliki anggaran terbatas.

2. PPA ( Pay-per-Action)

Gambar Perbedaan PPC, PPA, CPM, dan CPC
Ilustrasi gambar

Apabila pengguna melakukan tindakan seperti mengisi formulir, mengklik tautan dan bahkan melakukan pembelian, maka pengiklan harus membayar setiap tindakan yang pengguna lakukan.

Keunggulan dari metode ini yaitu pengiklan bisa membayar sesuai hasil yang sudah pasti artinya pengguna telah melakukan pembelian yang meningkatkan konversi. Berbeda dari PPC, yang hanya berfokus pada klik dari pengguna saja, tanpa memperdulikan aspek pengguna tersebut melakukan pembelian atau tidak.

Baca juga: Cara Membuat Iklan Digital yang Efektif dan Menarik

3. CPM (cost-per-mille)

Gambar Perbedaan PPC, PPA, CPM, dan CPC
Ilustrasi gambar

Sederhannya, metode ini berfokus pada pembayaran iklan setiap 1000 kali tayang. CPM berfokus pada tayangan sedangkan PPC berfokus pada clik dan PPA berfokus pada tindakan. Oleh karena itu, model iklan CPM sangat cocok untuk iklan displai.

Baca juga: Mengetahui Perbedaan antara PPC dan CPM dalam Digital Ads

4. CPC (Cost-per-click)

Gambar Perbedaan PPC, PPA, CPM, dan CPC
Ilustrasi gambar

Model ini menggunakan matriks berupa iklan yang harus dibayar berdasarkan jumlah klik. Sekilas CPC sangat mirip dengan PPC yang berfokus pada klik pengguna. Namun, CPC dan PPC memiliki konsep yang berbeda yaitu CPC berfokus pada penggambaraan biaya sedangan PPC merupakan model iklan.

So, itulah beberapa perbedaan PPC, CPM, CPC, dan PPA yang ada dalam digital marketing. Gimana, kamu tertarik coba yang mana?

Btw, buat kamu yang bingung mau baca banyak artikel secara gratis, kamu bisa banget nih berkunjung ke website Alan Creative. Di sini ada banyak sekali artikel informatif mulai dari digital marketing sampai sosial media. Yap, pas buat temenin kamu belajar seru dan kreatif. So, tunggu apa lagi besty? Buruan berkunjung sekarang, dijamin gak nyesel!

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

Kelebihan LinkedIn Ads: Cocok untuk B2B!

Kelebihan LinkedIn Ads: Cocok untuk B2B!

Halo, Alan Lovers! Beberapa kelebihan LinkedIn Ads berikut ini wajib untuk Anda ketahui. Salah satunya, LinkedIn Ads cocok untuk digunakan perusahaan B2B. Bagaimana bisa? Yuk

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative