fbpx
BRAND GUIDELINES

Apa Itu Brand Guidelines? Pedoman Untuk Membangun Brand

Halo, Alan Lovers! Brand merupakan salah satu hal paling penting dalam membangun dan mengembangkan bisnis. Karena, brand bukan hanya identitas bagi bisnis kalian, tetapi juga sebagai kesan yang didapatkan oleh orang lain.

Karena memiliki fungsi sebagai pembentuk identitas bisnis, maka perlu untuk membangun brand secara konsisten. Gak lucu kan kalau hari ini orang liat brand kita itu terkesan mahal dan mewah, tapi besoknya terkesan murah. Orang jadi bertanya, “Lah gimana si?

Oleh karenanya, diperlukan brand guidelines atau petunjuk atau pedoman agar branding yang dilakukan bisa dilakukan secara konsisten. Dalam artikel ini, kita akan membahas apa itu brand guidlines dan pengertian hingga tujuannya bagi brand kalian.

Apa Itu Brand Guidelines?

Brand guidelines, also known as a brand style guide, govern the composition, design, and general look-and-feel of a company’s branding. Brand guidelines can dictate the content of a logo, blog, website, advertisement, and similar marketing collateral.

HubSpot

Mudahnya, brand guidelines adalah sebuah pedoman yang memuat panduan dan aturan branding perusahaan. Dokumen ini mencakup elemen penting seperti logo, warna, tipografi, gaya visual, dan bahasa yang digunakan untuk merek tersebut.

Brand guidelines memiliki tujuan untuk memastikan konsistensi dan kesatuan dalam penggunaan brand di seluruh aspek bisnis, termasuk pemasaran, komunikasi, dan desain. Dengan mengikuti panduan tersebut, perusahaan dapat memastikan bahwa brand-nya dikenali dengan mudah oleh konsumen.

Selain itu, brand guidelines juga dapat membantu dalam membangun brand awareness dan meningkatkan kesadaran merek melalui konsistensi dalam penggunaan merek di semua saluran komunikasi. Panduan merek dapat disusun dalam bentuk dokumen tertulis ataupun website khusus.

Apa Tujuan Brand Guidelines?

Tujuan dari brand guidelines adalah untuk memastikan konsistensi dan integritas brand dalam semua aspek bisnis, termasuk pemasaran, komunikasi, dan desain. Berikut adalah beberapa tujuan dari brand guidelines:

1. Menjaga Konsistensi

Dengan mengikuti panduan merek, perusahaan dapat memastikan bahwa semua aspek penggunaan merek seperti logo, warna, tipografi, gaya visual, dan bahasa terkait merek digunakan secara konsisten dan teratur.

2. Meningkatkan Citra Brand

Brand guidelines membantu menciptakan citra merek yang konsisten dan profesional, yang dapat membantu meningkatkan kesadaran merek dan menghasilkan kesan positif pada pelanggan.

3. Meningkatkan Brand Awareness

Dengan memastikan konsistensi penggunaan merek di semua saluran komunikasi, brand guidelines dapat membantu membangun pengenalan merek yang kuat dan konsisten.

4. Menjaga Kualitas Brand

Panduan merek dapat membantu menjaga kualitas merek dengan memastikan bahwa penggunaan merek terus berada dalam kontrol dan sesuai dengan nilai-nilai merek.

5. Meningkatkan Efisiensi Bisnis

Dengan memberikan pedoman yang jelas dan teratur tentang penggunaan merek, brand guidelines dapat membantu meningkatkan efisiensi dalam proses produksi dan pemasaran, sehingga menghemat waktu dan biaya.

Dengan tujuan tersebut, brand guidelines menjadi alat penting untuk membangun merek yang kuat dan konsisten, yang dapat meningkatkan citra perusahaan dan membantu mencapai tujuan bisnis.

Bagi kalian yang tertarik untuk mendapatkan artikel unik lainnya, ikuti terus Alan Creative. Bukan hanya artikel unik, tetapi kalian juga bisa mendapatkan artikel informatif seputar teknologi hingga digital marketing. Lalu, jika kalian tertarik untuk mengembangkan brand tapi bingung gimana caranya? Jangan khawatir, Alan Creative hadir untuk membantu menyelesaikan masalah kalian. Kami menyediakan layanan branding kit dengan profesional. Tunggu apalagi? Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan penawaran terbaik!

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

Dampak Artificial Intelligence

Halo, Alan Lovers! Artificial Intelligence merupakan hal yang banyak dibicarakan akhir-akhir ini. Banyak aspek kehidupan yang menggunakan Artificial Intelligence sebagai support system atau bahkan substitusi.

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative