fbpx
OIP (17)

Memilih Jasa Pembuatan Aplikasi Jangan Sembarangan, Ini Tipsnya!

Halo, Alan Lovers! Dalam era digital yang semakin maju ini, aplikasi telah menjadi salah satu aspek penting dalam mengembangkan bisnis. Aplikasi yang dirancang dengan baik dapat memberikan pengalaman pengguna yang memukau, meningkatkan efisiensi operasional, dan memperluas jangkauan pasar. Namun, penting untuk diingat bahwa memilih jasa pembuatan aplikasi tidak boleh dilakukan secara sembarangan.

Proses pemilihan jasa pembuatan aplikasi yang tepat memainkan peran krusial dalam kesuksesan proyek aplikasi Anda. Tidak hanya soal kualitas dan fungsionalitas aplikasi, tetapi juga tentang kemitraan jangka panjang dengan penyedia jasa. Dengan begitu banyak opsi yang tersedia, bagaimana Anda bisa memastikan bahwa Anda membuat pilihan yang tepat?

Dalam artikel ini, kami akan memberikan beberapa tips berharga untuk membantu Anda memilih jasa pembuatan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan bisnis Anda. Dari mempertimbangkan pengalaman dan keahlian, hingga mengevaluasi portofolio dan mendapatkan rekomendasi, kami akan mengulas langkah-langkah penting yang perlu Anda perhatikan sebelum mengambil keputusan.

1. Tentukan Tujuan Anda

Sebelum Anda mencari jasa pembuatan aplikasi yang sesuai dengan semua kebutuhan Anda, penting untuk menentukan kebutuhan tersebut terlebih dahulu. Luangkan waktu sejenak dan jawab beberapa pertanyaan berikut:

  1. Apa kompetensi yang dibutuhkan oleh proyek Anda? – tentukan apakah Anda memerlukan solusi teknologi dan pemrograman terkini, tentukan apakah keamanan menjadi hal yang penting, dll.
  2. Seberapa besar proyek saya? – pertanyaan ini melibatkan pemikiran tentang jumlah orang dalam tim dan ruang lingkup kompetensi mereka.
  3. Berapa banyak yang saya bersedia mengeluarkan biaya untuk proyek ini? – jawablah apakah proyek ini memiliki anggaran tetap atau akan berubah seiring waktu, tergantung pada kebutuhan saat ini? Dalam hal apa pun, berapa jumlah uang terbesar yang Anda bersedia keluarkan?
  4. Kapan saya ingin proyek ini selesai? – buatlah jadwal awal proyek dan tandai beberapa tonggak dan batas waktu yang ingin Anda capai, terutama jika proyek ini didanai oleh pemangku kepentingan yang menginginkan hasil yang terlihat.

Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, Anda akan dapat mengidentifikasi tujuan dan kebutuhan spesifik dari proyek aplikasi Anda. Hal ini akan membantu Anda mempersempit pencarian Anda dan menemukan jasa pembuatan aplikasi yang sesuai dengan kriteria Anda. Ingatlah bahwa menentukan tujuan yang jelas adalah langkah penting dalam memastikan kesuksesan proyek aplikasi Anda.

2. Cari Tahu Technology Stack yang Digunakan

Setelah menentukan kebutuhan Anda, Anda dapat memulai pencarian. Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah pengalaman dan portofolio dari penyedia perangkat lunak.

Setelah Anda memilih beberapa perusahaan pengembang perangkat lunak yang layak untuk bekerja sama, periksa riwayat mereka. Kunjungi situs web atau aplikasi yang mereka tangani, mungkin Anda bisa berbicara dengan orang-orang yang pernah bekerja dengan mereka.

Apakah mereka merekomendasikan perusahaan ini? Bagaimana kerja sama berjalan bukan hanya dalam hal teknis? Jika tidak mungkin menghubungi klien masa lalu, coba gunakan media sosial. Saat ini hampir setiap perusahaan pengembang perangkat lunak memiliki halaman Facebook dengan opini dari klien mereka.

Cobalah juga Clutch.co, situs tersebut penuh dengan ulasan dan informasi berguna tentang perusahaan-perusahaan pengembang perangkat lunak. Melakukan pemeriksaan latar belakang yang mendalam memungkinkan Anda memverifikasi semua logo proyek yang telah diimplementasikan pada situs web perusahaan pengembang perangkat lunak tertentu.

3. Cari Layanan yang Lengkap

Saat melakukan penelitian, cobalah untuk mengetahui apakah perusahaan memiliki semua anggota yang diperlukan. Lebih baik jika desainer bekerja bersama pengembang. Jadi, jika produk Anda membutuhkan pengalaman pengguna (UX/UI) yang baik, pastikan perusahaan yang sama dapat mengatasi kedua aspek tersebut. Dengan cara ini, produk akan lebih konsisten karena fungsionalitasnya akan mengikuti langkah-langkah desain secara logis. Selain itu, Anda tidak perlu khawatir tentang mencari, menyaring, dan mengontrak tim desainer terpisah.

Di antara anggota yang diperlukan, ada juga tester perangkat lunak. Kadang-kadang klien tidak ingin menyewa tim QA (biasanya karena anggaran mereka), tetapi ini adalah kesalahan umum yang berdampak seperti efek jatuh domino. Pertama, tidak ada prosedur pengujian, kemudian fungsionalitasnya tidak berjalan seperti seharusnya yang menyebabkan perasaan campur aduk di antara pengguna. Pada akhirnya, bug dalam sistem dapat menyebabkan tingkat tingginya tingkat tinggal produk Anda dan akhirnya hanya mengarah ke satu arah. Jadi apa yang Anda butuhkan? Selalu sewa seorang tester perangkat lunak yang menjamin keamanan dan fungsi produk yang tepat.

4. Pilih mitra outsourcing yang memahami Anda

Kami sudah menyebutkan bahwa perusahaan perangkat lunak bekerja dalam lingkup teknologi yang sempit. Dari berbagai kemungkinan, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda, juga dalam hal ukuran dan jumlah orang yang bekerja di perusahaan tersebut. Apakah Anda ingin membuat aplikasi? Pilihlah perusahaan perangkat lunak yang mengkhususkan diri dalam pembuatan aplikasi. Apakah Anda ingin sistem yang rumit dan komprehensif yang mencakup semua dokumen di berbagai departemen perusahaan Anda?

Pilihlah perusahaan yang spesialis dalam pembuatan sistem semacam itu. Jika Anda menginginkan solusi cepat, pilihlah ahli yang bekerja dengan cepat. Jika Anda memiliki proyek yang rumit dan luas yang siap Anda dedikasikan beberapa bulan atau bahkan beberapa tahun, pilihlah para profesional perangkat lunak yang ahli dalam berbagai bidang. Hal ini membantu memastikan pemahaman bersama sehingga visi Anda dan eksekusi tim pemrograman saling berpadu.

5. Tentukan Metodologi Dalam Komunikasi-Kerja

Keahlian teknis tentu saja penting, tetapi kemampuan untuk berkomunikasi dengan jelas tentang kebutuhan Anda, mengkomunikasikan apa yang baik atau buruk, dan saling “klik” dengan tim juga sangat penting. Bagaimana cara kerja perusahaan ini? Apa alat yang mereka gunakan untuk memfasilitasi komunikasi dan mencapai konsensus dalam proyek?

Saat ini, sekitar 80% tim IT bekerja dengan metode SCRUM, oleh karena itu, pertemuan harian, sprint, dan pemahaman yang serupa tentang selesai adalah hal yang penting. Tim pengembang Anda juga harus responsif dan tidak menganggap email/chat/panggilan video sebagai pengganggu dari pekerjaan pemrograman, tetapi sebagai bagian tak terpisahkan dari pekerjaan mereka. Idealnya, Anda harus merasa seperti mereka bekerja di balik dinding yang sama – berkomunikasi satu sama lain setiap hari melalui platform seperti Slack dan mengatasi masalah yang muncul, sehingga menghindari pemborosan waktu dan pertemuan yang tidak efektif.

6. Melakukan Test Drive

Semua langkah di atas yang harus Anda lakukan untuk memilih perusahaan pengembang perangkat lunak yang tepat tidak menjamin keberhasilan yang 100%, meskipun mereka memberikan kontribusi yang signifikan. Hal terakhir sebelumnya yang dapat Anda lakukan untuk membuat pilihan terbaik adalah meminta konsultasi gratis atau contoh aplikasi. Anda dapat melihat sendiri apakah solusi yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan Anda dan memenuhi semua kriteria atau ada hal-hal yang Anda inginkan. Berkat demo seperti itu, Anda juga dapat berlatih dalam berkomunikasi dan memeriksa apakah mitra outsourcing Anda mampu mewujudkan visi Anda, bukan visinya sendiri.

7. Menyiapkan Kontrak

Berbicara tentang detail tersembunyi. Kontrak dengan perusahaan pengembang perangkat lunak outsourcing harus mencakup beberapa aspek penting. Satu hal adalah jumlah perbaikan yang dapat dilaporkan oleh klien. Ini berarti berapa kali seorang klien dapat menambah perubahan pada proyek yang masih termasuk dalam harga keseluruhan proyek tersebut. Hal kedua adalah jaminan yang ditawarkan oleh perusahaan setelah proyek diluncurkan.

Selain itu, pastikan untuk mencakup detail mengenai prosedur keluar. Ini terjadi ketika Anda ingin mengganti mitra outsourcing selama bekerja pada suatu proyek. Hal penting adalah akses ke kode sumber yang Anda perlukan untuk dapat memodifikasinya di masa depan. Anda tidak ingin akhirnya menyewa kode tersebut dari pengembang hanya untuk bekerja dengannya dengan perusahaan outsourcing lain.

Terdapat juga masalah keamanan: saat bekerja bersama perusahaan pengembang perangkat lunak, Anda memberikan kepercayaan kepada mereka dengan data bisnis Anda, yang bisa bersifat sensitif dan mengandung kekayaan intelektual. Pastikan penyedia perangkat lunak mematuhi kebijakan hak privasi Anda dan memiliki sistem yang handal untuk mengamankan data Anda dari kebocoran.

Tertarik untuk mendapatkan artikel unik lainnya? Ikuti terus Alan Creative. Bukan hanya artikel unik, tetapi kalian juga bisa mendapatkan artikel informatif seputar teknologi hingga digital marketing.

#LETSBUILD

Cari semua kebutuhan konten digital hingga teknologi untuk bisnis dan pemerintah hanya di Alan Creative! Termasuk jasa pembuatan aplikasi profesional dengan harga terjangkau!

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

cara mudah buat website

Cara Mudah Buat Website Cuma 5 Menit!

Hi Alan Lovers, keberadaan website saat ini sudah menjadi kebutuhan bagi setiap perusahaan atau orang yang ingin meningkatkan pendapatan mereka. Tak hanya sebagai alat promosi,

digitalisasi pertanian

Membuka Peluang Baru: Digitalisasi Pertanian

Hi Alan Lovers, pertanian merupakan sektor penting dalam perekonomian global, karena mampu memenuhi kebutuhan manusia akan pangan dan mempekerjakan sebagian besar penduduk di daerah pedesaan.

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative