fbpx

Pengalaman Belajar Menggunakan Khan Academy

Halo, Alan Lovers! Kegiatan belajar mengajar bukan hanya berbicara mengenai transfer of knowledge atau menyampaikan informasi. Tetapi harus dilihat sebagai seni untuk menyampaikan informasi agar dapat diterima dengan baik.

Oleh karenanya, kegiatan mengajar tidak hanya sekedar menyampaikan informasi, tetapi merumuskan metode penyampaian agar menarik. Karena, jika tidak menarik, kalian tidak akan betah belajarnya bukan?

Nah, dalam artikel ini, kami akan membagikan bagaimana pengalaman dalam belajar menggunakan Khan Academy. Platform edutech yang dapat digunakan secara gratis dan meliputi berbagai subjek pembelajaran di berbagai tingkatan.

Selain itu, Khan Academy pun dikenal sebagai edtech yang memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi penggunanya dalam belajar. Yuk, kita langsung bahas aja gimana pengalaman belajar menggunakan Khan Academy.

Registrasi dan Personalisasi Pembelajaran

Meskipun untuk belajar di Khan Academy tidak mengharuskan kita memiliki akun, tetapi belajar dengan memiliki akun akan memberikan kita banyak benefit. Hal tersebut akan kami jelaskan selanjutnya.

Pertama, yang akan kami bahas adalah kemudahan untuk melakukan registrasi. Dalam sign up page, kita harus memilih akan mendaftar sebagai siapa. Pilihannya adalah learner, teacher, dan parent.

Jika menggunakan Khan Academy untuk belajar, cukup pilih saja learner. Namun, jika harus berperan sebagai teacher atau parent, pilih saja sesuai kebutuhannya.

Setelah mendaftar, kita akan melihat halaman Khan Academy secara berbeda dengan sebelum kita mendaftar. Coba lihat perbandingan gambar berikut ini:

Tampilan Sebelum Memiliki Akun
Tampilan Setelah Memiliki Akun

Dapat dilihat perbedaannya bahwa setelah mendaftar, tampilan Khan Academy akan menjadi lebih fokus dan terpersonalisasi sesuai dengan topik yang akan dipelajari. Sebagai contoh, kami memilih subjek dalam pembelajaran sejarah. Maka, materi yang ditampilkan pun hanya terbatas pada subjek yang dipilih.

Hal tersebut menjadi sebuah keunggulan bagi kita sebagai learner, karena akan fokus untuk menyelesaikan topik yang dipilih. Selain itu, kita juga bisa melakukan tracking terhadap progres pembelajaran yang dilakukan.

Pembelajaran yang Menyenangkan dan Memudahkan

Belajar dengan keadaan senang dapat membuat kita menyerap materi dengan lebih baik. Begitupula yang kami rasa dipikirkan oleh Khan Academy. Materi belajar tidak hanya disajikan melalui teks, tetapi juga video.

Bagi kalian yang memiliki cara belajar visual tentu akan merasa nyaman untuk belajar di sini. Karena bukan hanya teks, tetapi juga selalu menyajikan gambar-gambar yang menarik dan relevan. Bisa dilihat dalam gambar berikut:

Kesimpulan

Khan Academy memberikan pengalaman belajar yang sangat menyenangkan. Mulai dari video yang dibuat untuk memfokuskan audiens terhadap topik (tanpa memasukkan wajah), hingga journey pembelajaran yang luas. Meskipun pembelajaran hanya dilakukan secara asinkronus, kolom komentar dapat dimanfaatkan untuk saling bertanya dan berbagi informasi.

Kalian tertarik untuk mengembangkan website seperti Khan Academy tapi bingung gimana caranya? Jangan khawatir, Alan Creative hadir untuk membantu menyelesaikan masalah kalian. Kami menyediakan layanan pembuatan web maupun mobile apps dengan profesional. Tunggu apalagi? Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan penawaran terbaik!

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

perkembangan edutech

Perkembangan Edutech di Indonesia

Hi Alan Lovers, pendidikan merupakan aspek penting dalam kehidupan manusia. Dalam era digital, teknologi semakin memudahkan proses pembelajaran dengan adanya Edutech (education technology) atau teknologi

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative