fbpx
shalat-ied

Surah yang Dianjurkan Dibaca Saat Shalat Idul Fitri

Halo, Alan Lovers! Shalat Idul Fitri memiliki hukum sunah muakkadah, yaitu sunah yang sangat dianjurkan. Dengan demikian, mengerjakan shalat dua rakaat ini disunahkan bagi setiap muslim, baik laki-laki maupun perempuan, dewasa maupun anak-anak.

Shalat Idul Ftiri dapat dikerjakan secara berjamaah atau sendirian (munfarid). Namun, sangat dianjurkan agar salat ini digelar secara berjamaah, entah itu di masjid, mushala, tanah lapang, atau tempat-tempat lainnya.

Imam dalam shalat Idul Fitri dianjurkan untuk membaca salah satu dari dua pasangan surah setelah Surah al-Fatihah. Yaitu Surah Qaf pada rakaat pertama dan Surah Al-Qamar pada rakaat kedua, atau Surah Al-A‘la (rakaat pertama) dan Surah Al-Ghasyiyah (rakaat kedua).

Dasar Dalil

Imam Nawawi dalam kitab Aladzkar menjelaskan hal tersebut berdasarkan sabda baginda Nabi Muhammad Saw. Dalam sebuah hadis , Imam Muslim meriwayatkan:

أن عمر بن الخطاب سأل أبا واقد الليثي ما كان يقرأ به رسول الله صلى الله عليه وسلم في الأضحى والفطر فقال كان يقرأ فيهما بق والقرآن المجيد واقتربت الساعة وانشق القمر

Artinya; Sesungguhnya Umar bin Khathab bertanya kepada Abu Waqid al-Laitsi surat apa yang dibaca oleh Rasulullah Saw. saat shalat Iduladha dan Idulfitri. Ia menjawab, “Beliau membaca surah Qhaf dan walquraanil majid, dan waqtarabatis saa’ah dan wansyaqqal qamar.” (HR. Muslim)

Berdasarkan hadis di atas, Imam Nawawi menjelaskan dalam Syarah Shahih Muslim bahwa mayoritas ulama syafiiyah mengatakan hukum membaca surat tersebut ketika salat Id adalah sunah.

Kesimpulan

Pilihan I

Rakaat Pertama: membaca surah Al-Fatihah kemudian dilanjutkan surah Qaf.

Rakaat Kedua: usai membaca surah Al-Fatihah lalu membaca surah Al-Qamar.

Pilihan II

Rakaat Pertama: membaca surah Al-Fatihah dan dilanjutkan surah Al-A’la.

Rakaat Kedua: setelah membaca surah Al-Fatihah kemudian membaca surah Al-Ghasyiyah.

Ingin mendapatkan artikel lainnya Ramadhan? Ikuti terus Alan Creative. Lalu, jika kalian tertarik untuk mengembangkan aplikasi tapi bingung gimana caranya? Jangan khawatir, Alan Creative hadir untuk membantu menyelesaikan masalah kalian. Kami menyediakan layanan pembuatan web maupun mobile apps dengan profesional. Tunggu apalagi? Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan penawaran terbaik!

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

Jenis-Jenis TikTok Ads, Apa Saja?

Jenis-Jenis TikTok Ads, Apa Saja?

Halo, Alan Lovers! Beberapa jenis-jenis TikTok Ads berikut ini perlu Anda ketahui. Karena, hal ini dapat membantu Anda untuk menjalankan kampanye online sesuai strategi yang

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative