Halo, Alan Lovers! Dalam dunia pemasaran digital, email marketing dan Teknik SEO merupakan kata yang sering ditemui, dua kata itu sendiri diketahui memiliki strategi yang efektif namun pendekatan-nya yang berbeda. Email marketing berfokus pada komunikasi langsung dengan audiens melalui email, sedangkan teknik SEO bertujuan untuk meningkatkan pencarian di mesin pencari yang nantinya akan menjangkau audiens secara luas.
Namun dari dua teknik di dunia pemasaran digital itu, manakah yang lebih unggul dan efektif? dilansir dari berbagai sumber, berikut penjelasan lengkapnya.
Pengertian Email Marketing
Email marketing merupakan salah satu strategi yang menggunakan email untuk menarik perhatian para calon konsumennya. Melalui email marketing, kamu nantinya dapat langsung melakukan pembelian ataupun konversi. Email Marketing diketahui sudah populer sejak dulu, namun masih relevan jika dipakai hingga sekarang.
Alasan penggunaan email marketing sendiri ialah karena tawaran kemudahan, hemat waktu dan biaya. Sehingga banyak pebisnis masih menggunakan strategi ini sebagai media promosi produk yang berkelanjutan.
Cara Kerja Email Marketing
Email Marketing dilakukan dengan cara menawarkan maupun promosi kepada calon pelanggannya melalui pengiriman email.
1. Memilih Jenis Email Marketing
Kamu dapat memanfaatkan newsletter agar calon konsumen mendapatkan update terbaru mengenai promosi produk.
2. Mengumpulkan Data Target Pelanggan
Agar dapat menerapkan newsletter, kamu dapat mendorong pengunjung atau pengikut website mu untuk memasukkan email aktif mereka. Ketika nantinya terdapat informasi terbaru, maka secara otomatis mereka akan mendapatkan email.
3. Tambahkan Call to Action
Terakhir agar dapat lebih mengundang calon konsumen, kamu dapat menambahkan call to action (CTA) dalam email marketing.
Kekurangan Newsletter
Newsletter sendiri memiliki kelemahan yaitu jika kamu terlalu sering mengirimkan email marketing, maka bisa saja email tersebut masuk kedalam folder spam sehingga nantinya tidak dapat dibaca oleh calon konsumen.
Pengertian Teknik SEO
SEO atau search engine optimization merupakan serangkaian teknik yang biasanya digunakan sebagai strategi untuk meningkatkan peringkat situs di web di mesin pencari. Biasanya terdapat 3 jenis SEO yang biasanya digunakan, mulai dari ;
- Teknis SEO merupakan kegiatan SEO yang berfokus pada teknis yang mempengaruhi siklus kinerja mesin pencari yang nantinya akan memastikan seluruh halaman dalam website dapat terinteks.
- SEO On Page merupakan kegiatan pengoptimal emene di dalam situs website, seperti kata kunci, konten, image, struktur URL dll
- SEO Off Page adalah kegiatan optimasi yang dilakukan diluar situs untuk meningkatkan peringkat situs di SERP.
Cara Memanfaatkan Teknik SEO
Dalam Teknik SEO kalian harus menggunakan ketiganya, karena ketiganya memiliki pengaruh yang saling berkaitan. Dengan menggunakan SEO yang tepat makan kamu akan meningkatkan traffic pengunjung melalui Click Through Rate (CTR) atau langsung melakukan call to action (CTA) dan akhirnya membeli produk yang kita tawarkan. Untuk mendapatkan hasil yang baik dari teknik SEO, kamu memerlukan waktu yang cukup lama sehingga kamu juga harus terus memperhatikan perkembangan algoritma mesin pencari.
Kesimpulan
Email marketing vs Teknik SEO merupakan dua strategi yang berbeda, namun saling mendukung untuk hasil yang lebih baik. Penggunaan yang tepat juga dapat membantu memaksimalkan ROI, angka penjualan hingga pertumbuhan bisnis berkelanjutan. Jadi kamu lebih tertarik untuk menggunakan email marketing atau Teknik SEO nih Alan Lovers?
Untuk kalian yang sedang mencari artikel menarik mengenai perkembangan teknologi, sosial media atau digital marketing, Alan Creative hadir untuk membantu menemukan artikel menarik dan memberikan wawasan tersebut! Jadi, tunggu apalagi kunjungi website kami sekarang juga.