Halo, Alan Lovers! Kamu pasti udah gak asing sama istilah marketing dan selling kan? Apalagi kalau kamu suka ikutan inkubasi bisnis, webinar bisnis, atau bahkan jadi pelaku bisnis itu sendiri. Seringkali, kedua istilah ini disamakan satu sama lain. Tetapi sebenarnya marketing dan selling itu berbeda lho.
Kalian mau tau apa perbedaan keduanya? Yuk simak artikel ini biar kamu tau apa perbedaan marketing dan selling!
Perbedaan Marketing dan Selling
Berdasarkan Istilah
Marketing sesuai namanya yaitu “market–ing” atau memasarkan. Sehingga secara objective, marketing bertujuan untuk membuka gerbang bagi orang-orang agar mengetahui sebuah produk. Sedangkan selling, sesuai namanya yaitu “sell-ing” atau menjual. Sehingga, secara objective, selling bertujuan untuk memastikan produk yang dimiliki bisa terjual.
Berdasarkan Tujuan
Perbedaan berikutnya adalah pada tujuan. Tujuan utama marketing adalah memasarkan produk perusahaan dengan menggunakan berbagai strategi untuk menarik konsumen. Hal ini karena tujuan pemasaran adalah memperluas jangkauan perusahaan ke berbagai jenis pelanggan, mempertimbangkan semua faktor yang mempengaruhi pelanggan, dan membimbing pelanggan untuk membeli produk perusahaan. Kampanye pemasaran dirancang untuk bertahan lama, jadi sasarannya adalah sasaran jangka panjang.
Di bagian selling, tujuan utamanya adalah menggerakkan prospek untuk membeli. Tujuan penjualan juga bersifat jangka pendek dan perannya adalah mengukur jumlah produk yang akan dijual untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.
Berdasarkan Strategi
Dalam strategi juga memiliki perbedaan yang cukup menonjol antara pemasaran dan penjualan. Strategi tim pemasaran sangat bergantung pada jenis kampanye yang dijalankan dan target pelanggan. Tim marketing memiliki beberapa strategi utama seperti SEO Marketing, Internet Marketing, Social Media Marketing, Blog Marketing dan lain-lain. Strategi ini digunakan untuk membuat orang belajar lebih banyak tentang produk perusahaan.
Berbeda dengan tim penjualan yang sangat bergantung pada jenis produk, metode yang digunakan dalam penjualan, pasar, industri dan lainnya. Untuk memenuhi misinya, tim sales menerapkan strategi utamaSPIN Selling, N.E.A.T. Selling, Solution Selling, SNAP Selling, dan lainnya. Tujuan dari semua strategi tersebut adalah untuk membantu konsumen memecahkan masalah mereka dan kemudian meningkatkan penjualan perusahaan.
Sumber Daya
Marketing
- Alat pengelola proyek
- CRO (Conversion Rate Optimization)
- Alat pembuat konten
- SEO (Search Engine Optimization)
- Alat untuk mempersiapkan laporan data
Selling
- Alat pengelola pesanan
- Alat pengelola email
- Alat rapat dan penjadwalan
- Alat untuk mempersiapkan dokumen
- Alat membuat faktur
Pentingnya Memahami Perbedaan Marketing dan Selling
Lalu, apa pentingnya kita memahami perbedaan antara marketing dan selling? Dalam melakukan bisnis, kita tidak hanya selalu harus berpatokan bahwa kesuksesan dinilai dari seberapa banyak produk terjual. Tetapi, seberapa luas produk kita dikenal dan dilihat dalam persepsi yang seperti apa. Karena, penjualan merupakan konsekuensi dari pemasaran yang kita lakukan.
Jika bingung untuk melakukan pemasaran, saat ini sudah banyak pihak penyedia jasa pemasaran. Salah satunya adalah Alan Creative. Kami sudah berdiri lebih dari 7 tahun dan dipercaya oleh berbagai klien mulai dari UMKM, korporasi, hingga instansi pemerintahan dan kementerian. Kami menyediakan layanan branding kit yang dapat membantu mengembangkan bisnis kamu.
Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan penawaran terbaik!