fbpx
jenis-jenis afiliasi pemasaran

Jenis-jenis Afiliasi Pemasaran dan Cara Memilih yang Tepat

Hi Alan Lovers, Affiliate marketing adalah sebuah strategi pemasaran digital yang memungkinkan seseorang untuk mempromosikan produk atau layanan orang lain dan mendapatkan komisi setiap kali terjadi tindakan tertentu, seperti penjualan atau klik tautan. Dalam bisnis online, affiliate marketing telah menjadi salah satu cara paling populer untuk memperoleh penghasilan pasif. Namun, untuk sukses dalam affiliate marketing, kamu perlu memilih jenis program yang tepat untuk kamu.

Jenis-jenis Afiliasi Pemasaran

Beberapa jenis-jenis afiliasi pemasaran yang umum digunakan, masing-masing dengan cara pembayaran dan persyaratan yang berbeda-beda. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai jenis-jenis affiliate marketing yang paling umum:

Pay per sale (PPS)

Program PPS membayar komisi kepada afiliasi setiap kali terjadi penjualan produk atau layanan yang dipromosikan. Komisi biasanya berupa persentase dari harga jual produk atau layanan.

Pay per click (PPC)

Program PPC membayar afiliasi untuk setiap klik pada tautan afiliasi yang mereka promosikan. Meskipun komisi yang didapat lebih kecil daripada PPS, PPC dapat menghasilkan uang yang cukup jika afiliasi dapat mengumpulkan banyak klik.

Pay per lead (PPL)

Program PPL membayar afiliasi setiap kali pengunjung situs web melakukan tindakan tertentu seperti mengisi formulir atau mengambil survei. PPL lebih sulit untuk dihasilkan daripada PPS atau PPC, namun komisi yang didapat bisa lebih besar.

Pay per view (PPV)

Program PPV membayar afiliasi untuk setiap kali iklan atau video yang dipromosikan ditonton oleh pengunjung. Biasanya, afiliasi akan diberi tautan untuk video atau iklan yang akan dipromosikan dan akan mendapatkan komisi setiap kali video atau iklan tersebut ditonton.

Pay per install (PPI)

Program PPI membayar afiliasi untuk setiap kali pengunjung menginstal aplikasi atau perangkat lunak yang dipromosikan oleh afiliasi. Komisi biasanya ditentukan oleh jenis aplikasi atau perangkat lunak yang diinstal.

Pilihan jenis program affiliate marketing yang tepat tergantung pada tujuan bisnis online kamu dan preferensi pribadi.

Baca Juga: Tips Meningkatkan ROI di Facebook Ads

jenis-jenis afiliasi pemasaran
Ilustrasi Jenis-jenis Afiliasi Pemasaran dan Cara Memilih yang Tepat | Sumber: Freepik

Cara Memilih Jenis-jenis Afiliasi Pemasaran yang Tepat

Memilih jenis program affiliate marketing yang tepat dapat mempengaruhi kesuksesan bisnis online kamu. Berikut adalah beberapa tips tentang cara memilih jenis affiliate marketing yang tepat:

Tentukan niche atau topik yang diminati

kamu harus memilih program affiliate marketing yang cocok dengan niche atau topik yang diminati atau yang sesuai dengan bisnis online kamu. Dengan cara ini, kamu akan lebih mudah mempromosikan produk atau layanan yang relevan dengan audiens target kamu.

Cari program affiliate marketing yang sesuai dengan niche

Setelah menentukan niche atau topik yang diminati, cari program affiliate marketing yang sesuai dengan niche tersebut. Pastikan program tersebut memiliki produk atau layanan yang sesuai dengan audiens kamu dan memiliki reputasi yang baik.

Perhatikan jenis komisi yang ditawarkan

Tentukan jenis komisi yang ingin kamu dapatkan dari program affiliate marketing. Beberapa program memberikan komisi berdasarkan persentase penjualan, sementara yang lain memberikan komisi berdasarkan tindakan tertentu seperti klik, lead, atau view.

Cek reputasi merchant atau advertiser

Pastikan merchant atau advertiser yang kamu promosikan memiliki reputasi yang baik dan produk atau layanan yang berkualitas. kamu tidak ingin mengalami masalah dengan kualitas produk atau layanan yang ditawarkan dan merusak reputasi bisnis online kamu.

Pertimbangkan metode pembayaran dan syarat ketentuan

Pastikan program affiliate marketing memiliki metode pembayaran yang sesuai dengan preferensi kamu. Beberapa program membayar melalui transfer bank atau PayPal, sementara yang lain membayar melalui cek atau kartu kredit. Jangan lupa juga untuk membaca syarat dan ketentuan program dengan cermat sebelum bergabung.

Dengan memperhatikan tips di atas, kamu akan lebih mudah memilih jenis program affiliate marketing yang tepat dan sesuai dengan bisnis online kamu.

Kesimpulan

Jadi penting untuk memilih jenis program affiliate marketing yang tepat untuk kesuksesan bisnis online kamu. Dengan memilih program yang tepat, kamu dapat mempromosikan produk atau layanan yang relevan dengan audiens, memperoleh komisi yang sesuai dengan usaha kamu, dan memperkuat reputasi bisnis online kamu. Jadi, pastikan kamu mempertimbangkan semua faktor yang relevan dan memilih program yang sesuai dengan bisnis online kamu.

Yakin gak mau dapat cuan sambil rebahan? Saatnya punya pasif income lebih dengan berafiliasi dengan Alan Creative. Setiap affiliate akan mendapatkan kesempatan untuk konsultasi IT secara gratis dengan IT Expert di Alan Creative. Kamu bisa leluasa mengajak siapapun menggunakan jasa layanan dan produk-produk yang ada di Alan Creative Group. Daftar sekarang!

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

Cara Menentukan Content Pillar yang Efektif

Cara Menentukan Content Pillar yang Efektif

Halo, Alan Lovers! Beberapa cara menentukan content pillar berikut ini wajib untuk Anda ketahui. Pasalnya, content pillar dapat memaksimalkan efektivitas strategi pemasaran bisnis melalui konten

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative