fbpx
Agile Methodology

Apa Itu Agile Methodology? Workflow Untuk Si Sat Set

Halo, Alan Lovers! Seperti yang kita ketahui, software development methodology memiliki banyak sekali jenis. Umumnya, terbagi dua, yaitu metodologi yang rigid dan fleksibel.

Metodologi yang sifatnya rigid umumnya ditemui dalam metodologi tradisional atau lama. Sedangkan yang fleksibel menjadi pilihan utama bagi para software developer maupun project management secara umum.

Salah satu metodologi pengembangan software yang akan kita bahas dalam artikel ini adalah agile methodology. Apa itu agile methodology? Simak terus artikel ini sampai selesai!

Apa Itu Agile Methodology?

Agile methodology merupakan metodologi yang berfokus pada manusia, atau human centered. Artinya, pengembangan produk yang dilakukan memperhatikan keinginan dan kebutuhan dari pengguna atau klien.

Metodologi ini bersifat fleksibel dan mampu untuk beradaptasi dengan berbagai perubahan yang terjadi saat ini. Metodologi ini tidak mau mengambil resiko menghabiskan waktu yang lama, baik bulanan atau bahkan tahunan tetapi akhirnya gagal karena fase awal.

Dibandingkan untuk “percaya” pada karyawan dan tim, metodologi ini mengedepankan interaksi dengan customers. Tujuannya adalah memahami tujuan dan memberikan solusi secara cepat dan bertahap.

Ada beberapa poin yang dapat menggambarkan agile methodology ini, diantaranya:

  • Faster and smaller. Berbeda dengan software development methodology tradisional, metodologi agile mencoba untuk mengerjakan produk dalam waktu yang cepat dan bertumbuh secara terus-menerus. Dalam kata lain, iteratif.
  • Communication. Tim dalam metodologi ini bekerja dalam basis harian secara bersama-sama sepanjang proyek. Kolaborasi dan komunikasi semacam ini dilakukan untuk memastikan proses yang dilakukan tetap on the track meskipun ada berbagai perubahan.
  • Feedback. Dibandingkan menunggu hingga pekerjaan selesai semuanya, feedback diharapkan untuk didapatkan secara konstan selama proses berlangsung.
  • Trust. Dalam metodologi ini, tim harus benar-benar memahami tujuan dari produk yang dikembangkan. Oleh karenanya, memungkinkan untuk membiarkan tim bekerja melalui jalurnya masing-masing tanpa ada komando secara mutlak.
  • Adjust. Penyesuaian dapat dan diharapkan terjadi selama proses pengembangan berlangsung.

Keunggulan Agile Methodology

Keunggulan dari metodologi ini diantaranya faster, lighter, dan engaged mindset. Proses pengembangannya secara singkat memberikan apa yang diinginkan oleh customer. Oleh karenanya, tidak akan menghabiskan waktu untuk melakukan sesuatu yang “keluar jalur” karena dilakukan secara interaktif dan iteratif.

  • Faster. Kecepatan menjadi keunggulan utama dari metodologi agile. Kecepatan pengembangan produk ini berarti cepat menyelesaikan proyek, cepat pula mendapatkan bayaran. Sehingga profit yang didapatkan bisnis pun meningkat.
  • Customer satisfaction. Dengan metodologi agile, customer tidak perlu menunggu lama. Selain cepat, hasil yang didapatkan pun mendekati keinginan ideal dari customer karena proses iterasi yang dilakukan.
  • Values employess. Tim dalam metodologi agile sangat dihargai ide, gagasan, dan kemampuannya. Mereka dipercayai untuk diberikan dan menyelesaikan satu tujuan tertentu dalam proyek.
  • Eliminates rework. Dengan turut menghadirkan peran customer dalam proses pembuatan, maka pengembangan produk bisa dilakukan dengan tepat sasaran. Sehingga, pengerjaan ulang produk karena kesalahan bisa dihindari. Tentunya hal ini menurunkan tingkat beban kerja.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, kalian pasti paham kan apa itu agile methodology? Metodologi ini cocok buat kalian yang sat set atau ingin mengerjakan sebuah proyek secara cepat.

Ada info menarik juga buat kalian, bahwa Alan Creative menerapkan agile methodology dalam mengerjakan proyek. Oleh karenanya, berbagai macam aplikasi hingga web yang dikembangkan dapat diselesaikan secara cepat dan sesuai dengan keinginan kalian. Kalau kalian butuh jasa layanan pembuatan aplikasi hingga web, tunggu apalagi? Hubungi kami sekarang juga!

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

perang uhud

Perang Uhud: Sejarah dan Pelajaran

Perang Uhud adalah salah satu peristiwa penting dalam sejarah Islam. Perang ini terjadi pada tahun ketiga Hijriah, di mana pasukan Muslim yang dipimpin oleh Nabi

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative