Halo, Alan Lovers! Penasaran bagaimana brand terkenal menggunakan digital marketing sebagai sarana promosi produk mereka? Anda bisa menemukan jawabannya melalui artikel ini. Simak hingga tuntas, ya!
Di era digital saat ini, banyak orang yang menghabiskan waktunya dengan cara berselancar di media sosial ataupun internet. Oleh karena itu, banyak perusahaan kecil, menengah, hingga terkemuka mulai memanfaatkan media sosial ataupun internet untuk mempromosikan produk mereka.
Tak hanya itu, beberapa software house di Jakarta ataupun sekitaranya juga memanfaatkan peluang tersebut untuk menawarkan beragam jasa digital ads untuk menunjang kebutuhan promosi mereka.
Di lain sisi, Jika Anda mengingat kopi termahal, pasti yang muncul dibenak Anda adalah Starbucks. Lalu, jika Anda mengingat sepatu olahraga ter-kece, maka yang terlintas dipikiran Anda adalah Nike.
Mengapa hal itu bisa terjadi? Karena, mereka berhasil membuat strategi pemasaran digital marketing yang efektif. Bagaimana caranya?
Cara Brand Terkenal Menggunakan Digital Marketing
Berikut adalah beberapa cara brand terkenal menggunakan digitial marketing untuk mempromosikan produk mereka:
Kampanye Media Sosial
Brand terkemuka seperti Coca-Cola, Nike, dan Starbucs memanfaatkan platform media sosial untuk berinteraksi dengan pelanggan mereka secara langsung. Selain itu, mereka juga memanfaatkan konten yang menarik, berpartisipasi dalam tren, serta menggunakan influencer untuk mempromosikan produk mereka.
Baca Juga: Tips Belajar Internet Marketing untuk Pemula
Pemasaran Email
Sementara itu, Amazon merupakan salah satu brand yang mampu menggunakan pemasaran email secara efektif.
Adapun, mereka mengirimkan email yang disesuaikan dengan preferensi dan perilaku pelanggan. Tak hanya itu, Amazon juga seringkali menawarkan promo khusus serta mengingatkan pelanggan untuk membeli produk yang ditinggalkan dalam keranjang belanja.
Content Marketing
Di lain sisi, Red Bull menjadi salah satu contoh brand yang sukses dalam content marketing. Pasalnya, Red Bull seringkali menciptakan konten yang anti-mainstream seperti video ekstrem dan artikel olahraga yang tidak hanya menghibur, tetapi juga terkait dengan brand mereka.
SEO dan Mesin Pencari
Selanjutnya, Airbnb dan Booking.com merupakan contoh bagaimana perusahaan perjalanan menggunakan SEO untuk mendapatkan peringkat tertinggi dalam hasil pencarian.
Lebih lanjut, mereka mengoptimalkan website dan mampu membuat konten yang relevan dengan kata kunci yang populer dalam industri perjalanan.
Baca Juga: Google Marketing Platform: Tools Terbaik Digital Marketing
Pemasaran Video
Anda pasti mengenal perangkat kamera sport bernama GoPro bukan? Usut punya usut, mereka seringkali membuat video demo, unboxing, hingga testimoni dari pengguna untuk menarik pelanggan potensial sekaligus memperkenalkan produk mereka.
Pemasaran Berbasis Lokal
Jangan heran, jika Anda seringkali mendapatkan diskon yang berbeda-beda dari Starbucks. Pasalnya, Starbucks juga menggunakan pemasaran berbasis lokal dengan mengirimkan diskon khusus melalui aplikasi kepada pelanggan yang berada di dekat toko mereka.
Baca Juga: Apa itu Customer Journey? Bisa Buat Strategi Pemasaran Efektif!
Kesimpulan
Nah, itu tadi merupakan penjelasan singkat mengenai bagaimana brand terkenal menggunakan digital marketing. Adapun, mereka tidak hanya menggunakan satu strategi digital marketing saja. Tetapi, mereka juga seringkali mengkombinasi dari berbagai metode untuk mencapai tujuan mereka.
Gratis konsultasi selamanya, harga jasa sesuai kebutuhan Anda.
Alan Creative sebagai Software house profesional dan Digital Agency di Jakarta melayani pembuatan aplikasi yang sesuai dengan impian bisnis Anda. Tunggu apalagi? Hubungi Alan Creative sekarang juga!