fbpx
hal-gatewood-tZc3vjPCk-Q-unsplash

Beginilah Perbedaan Customer Journey dan Funnel Marketing!

Halo, Alan Lovers! Sebagai orang yang bergerak dalam pemasaran pastinya sudah tidak asing dengan kata Customer Journey dan Funnel Marketing. Namun walau sama-sama bergerak dalam bidang pemasaran, dua kata tersebut ternyata memiliki perspektif dan tujuan yang berbeda loh.

Kira-kira, apa yang membuat dua kata tersebut berbeda? Dilansir dari berbagai sumber, berikut penjelasannya.

1. Perspektif 

    • Customer Journey yang merupakan peta visual penggambaran bagaimana proses yang dilakukan oleh calon konsumen dari sudut pandang konsumen.
    • Funnel Marketing sendiri menggambarkan interaksi antara perusahaan dan konsumen dari perspektif perusahaan.

    2. Fokus 

      • Customer Journey berfokus pada pengalaman konsumen secara keseluruhan, mulai dari pengenalan produk hingga dukungan pasca-pembelian.
      • Funnel Marketing lebih berfokus pada proses bagaimana pemasaran yang dilakukan perusahaan untuk dapat mencari calon konsumen ke tahap pembelian.

      3. Tujuan

        • Customer Journey berfokus pada pengalaman dan bagaimana memahami perilaku konsumen  hingga dapat meningkatkan kepuasan konsumen.
        • Funnel Marketing justru lebih ingin meningkatkan jumlah pelanggan.

        4. Proses Tahapan

          • Customer Journey dimulai dari awareness (kesadaran), consideration (pertimbangan), decision (keputusan) hingga post-purchase (pasca pembelian).
          • Funnel Marketing berfokus pada pengarahan konsumen dari atas ke bawah, mulai dari top of funnel (kesadaran), middle of funnel (pertimbangan) dan bottom of funnel (keputusan/pembelian).

          5. Ruang Lingkup Pemasaran

            • Customer Journey memiliki ruang lingkup yang luas, seperti aktivitas pemasaran hingga interaksi dengan konsumen.
            • Funnel Marketing justru hanya berfokus pada tahap-tahap penjualan.

            Dapat disimpulkan bahwa, Customer Journey dan Funnel Marketing memiliki fokus yang berbeda. Customer Journey lebih berfokus pada perilaku pelanggan, sedangkan Funnel Marketing justru lebih menekankan pada proses penjualan. Btw kamu masih bingung bagaimana cara memasarkan produk dengan menarik? Tenang, Alan Creative hadir untuk membantu kalian. Tunggu apalagi? Hubungi kami sekarang juga untuk penawaran yang menarik!

            Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

            Facebook
            Twitter
            Pinterest
            LinkedIn

            PORTOFOLIO KAMI:

            PRODUK ALAN:

            Media Sosial kami:

            ARTIKEL POPULER!

            Dapatkan info terbaru!

            Dapatkan artikel & info terbaru!

            Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

            KATEGORI ARTIKEL

            Banyak artikel lain disini!

            Baca artikel lainnya...

            teknologi animasi

            Teknologi Animasi dan Grafis Startup Zenius

            Hi Alan Lovers, pembelajaran daring telah menjadi tren yang semakin populer di Indonesia, terutama sejak pandemi COVID-19 yang masih berlangsung. Banyak platform pembelajaran daring yang

            Konsultasi aja dulu. Gratis!

            Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
            Konsultasi yuk ->
            Butuh konsultasi?
            Hai,

            Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

            Salam hangat,
            Alan Creative