fbpx
Jangan Salah! Ini Perbedaan AR dan VR (Sumber: Unsplash)

Jangan Salah! Ini Perbedaan AR dan VR

Halo, Alan Lovers! Masih banyak yang belum mengetahui perbedaan AR dan VR. Padahal, kedua teknologi tersebut memiliki perbedaan yang signifikan.

Sebetulnya, baik AR (Augmented Reality) dan VR (Virtual Reality), keduanya menawarkan pengalaman yang menarik dan juga inovatif.

Terlebih lagi, AR dan VR masih terus berkembang dan mulai diterapkan diberbagai sektor seperti hiburan, pendidikan, kesehatan, hingga industri.

Lantas, apa saja perbedaan AR dan VR? Anda bisa menemukan jawabannya melalui artikel ini. Simak hingga tuntas ya, Alan Lovers!

Apa itu AR (Augmented Reality)?

Jangan Salah! Ini Perbedaan AR dan VR (Sumber: Unsplash)
Jangan Salah! Ini Perbedaan AR dan VR (Sumber: Unsplash)

AR (Augmented Reality) merupakan salah satu teknologi yang menggabungkan beberapa elemen digital seperti grafis, video, atau suara dengan dunia nyata.

Sebagai contoh, penggunaan filter di Instagram, TikTok, ataupun Snapchat. Dengan filter tersebut, Anda bisa menambahkan gambar, mengubah warna, hingga menambahkan model 3D.

Baca Juga: Google Ads vs Facebook Ads, Mana yang Lebih Baik? https://alan.co.id/google-ads-vs-facebook-ads/

Selain itu, AR juga pernah diterapkan dibeberapa aplikasi game seperti Pokemon GO. Dengan teknologi AR, game ini bisa menghadirkan pokemon digital yang hadir di sekitar kita.

Apa itu VR (Virtual Reality)?

Jangan Salah! Ini Perbedaan AR dan VR (Sumber: Unsplash)
(Sumber: Unsplash)

Sementara itu, VR (Virtual Reality) merupakan teknologi yang mampu menciptakan lingkungan digital di dunia nyata.

Dengan beberapa bantuan perangkat seperti hedset, sarung tangan khusus, hingga treadmill khusus VR, Anda bisa mengeksplorasi dunia digital layaknya di dunia nyata.

Berbeda dengan AR, VR dapat menambahkan pengalaman bermain bagi penggunanya melalui indra pengendar, penglihatan, hingga sentuhan.

Adapun, VR juga telah diterapkan diberbagai sektor seperti game, pendidikan, hingga industi hiburan.

Perbedaan AR dan VR

AR (Augmented Reality) dapat menampilkan objek digital di dunia nyata hanya dengan bantuan smartphone. Sementara itu, VR (Virtual Reality) membutuhkan perangkat khusus seperti hedset agar penggunanya bisa merasakan pengalaman dunia digital secara nyata.

Lebih lanjut, AR memiliki cakupan yang sempit untuk berinteraksi dengan dunia digital. Karena, AR hanya bisa menambahkan beberapa elemen digital di dunia nyata. Lain halnya dengan VR, pengguna dapat merasakan dan berinteraksi langsung dengan dunia digital.

Kesimpulan

Nah, itu tadi merupakan beberapa perbedaan AR dan VR yang perlu Anda ketahui. Meskipun kedua teknologi tersebut berbeda, AR dan VR sama-sama menawarkan pengalaman yang unik dan menarik bagi penggunanya.

Yuk ketahui lebih lanjut mengenai perkembangan teknologi digital di seluruh dunia melalui artikel yang ada di Alan Creative. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui tips dan trik mengenai teknolgi yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan bisnis. Tunggu apa lagi? Cek sekarang juga!

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

Apa Itu Affiliate Marketing?

Halo, Alan Lovers! Siapa di sini yang punya dan mau ngembangin bisnisnya? Salah satu aspek yang harus kamu perhatiin kalau mau ngembangin bisnis adalah marketingnya.

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative