fbpx
Web capture_24-3-2023_144653_www.bing.com

Berapa Kebutuhan Kalori Kita Saat Puasa?

Halo, Alan Lovers! Saat berpuasa, kita diharuskan menjaga hawa nafsu termasuk untuk makan dan minum. Oleh karenanya, terkadang kita merasa lemas karena hanya makan dan minum pada waktu tertentu saja, yaitu pada saat sahur dan berbuka.

Saat tidak ada makanan dan minuman yang masuk ke dalam perut selama berjam-jam, tubuh akan menggunakan simpanan karbohidrat dan lemak sebagai sumber energi. Hal tersebut terjadi ketika semua kalori dari makanan yang telah dimakan saat sahur sudah habis digunakan.

Di waktu yang bersamaan, ginjal juga berusaha untuk menyimpang dan menghemat penggunaan air. Namun, ketika air tersebut mulai habis, kalian mungkin akan mengalami dehidrasi ringan. Hal tersebut ditandai dengan peningkatan suhu tubuh dan keluarnya keringat.

Dalam artikel ini, kami akan membagikan informasi seputar berapa kebutuhan kalori saat puasa agar kalian bisa kuat dan anti lemas! Yuk, simak artikel ini hingga selesai.

Berapa Kebutuhan Kalori Saat Berpuasa?

Setiap orang memiliki kebutuhan kalorinya masing-masing. Namun, umumnya dalam satu hari manusia membutuhkan setidaknya 2.100 kilokalori. Termasuk pada saat berpuasa, sebaiknya asupan kalori tetap berada di angkat tersebut.

Untuk lebih rincinya, berikut kami sajikan informasi umum mengenai kebutuhan kalori berdasarkan usia dan jenis kelamin:

Anak-anak

  • 0 – 5 bulan: 550 kkal
  • 6 – 11 bulan: 800 kkal
  • 1 – 3 tahun: 1350 kkal
  • 4 – 6 tahun: 1400 kkal
  • 7 – 9 tahun: 1650 kkal

Laki-laki Dewasa

  • 10 – 12 tahun: 2000 kkal.
  • 13 – 15 tahun: 2400 kkal.
  • 16 – 29 tahun: 2650 kkal.
  • 30 – 49 tahun: 2550 kkal.
  • 50 – 64 tahun: 2150 kkal.
  • 65 – 80 tahun: 1800 kkal.
  • 80+ tahun: 1600 kkal.

Perempuan Dewasa

  • 10 – 12 tahun: 1900 kkal.
  • 13 – 15 tahun: 2050 kkal.
  • 16 – 18 tahun: 2100 kkal.
  • 19 – 29 tahun: 2250 kkal.
  • 30 – 49 tahun: 2150 kkal.
  • 50 – 64 tahun: 1800 kkal.
  • 65 – 80 tahun: 1550 kkal.
  • 80+ tahun: 1400 kkal.

Memenuhi Kebutuhan Kalori Saat Sahur

Untuk memenuhi kebutuhan kalori tersebut, kalian dapat mengonsumsi makan kecil seperti yoghurt, susu, dark chocolate, buah-buahan, atau smoothies sebelum tidur. Makan-makanan tersebut tentunya penting untuk meningkatkan kualitas tidur kalian hingga waktu sahur.

Pada saat sahur pun, sebaiknya tidak mengonsumsi makanan yang praktis dan mengenyangkan saja. Karena, sahur merupakan waktu krusial dimana kalian dapat mengisi lumbung energi tubuh untuk menghadapi puasa.

Saat sahur, sebaiknya banyak mengonsumsi sayur dan buah yang memiliki kandungan serat yang tinggi. Hal tersebut dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

Perlu diingat juga, kalian sebaiknya menghindari makanan olahan seperti mi instan, gorengan, atau junk food saat sahur. Walaupun murah dan nikmat, tapi kurang sehat buat tubuh kalian hehehe.

Memenuhi Kebutuhan Kalori Saat Buka

Setelah berpuasa seharian, jangan langsung mengonsumsi makanan dalam jumlah besar ya! Iya paham kok laper, tapi takutnya malah terjadi gangguan pencernaan di tubuh kalian. Buka puasa baiknya diawali dengan minum segelas air hangat atau teh tawar. Lalu, 5-10 menit kemudian makan makanan manis alami, bisa kolak atau pisang.

Tapi, ada yang lebih praktis lagi lho, kalian bisa mengonsumsi 3-5 biji kurma. Kurma ini bisa setara 100-150 kalori. Selain itu, kurma mudah untuk dicerna dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan diri kalian.

Dalam makanan itinya, kalian bisa mengonsumsi makanan yang lengkap dan seimbang. Serat, vitamin, dan mineral dari buah dan sayur harus dikonsumsi untuk melindungi organ pencernaan kalian. Selain kandungannya, perlu perhatikan juga jumlah makanan yang dikonsumsi ya! Jangan kebanyakan.

Kesimpulan

Berpuasa akan menyehatkan tubuh kita jika dijalani dengan benar. Bahkan, bisa membantu kita yang ingin melakukan program diet juga. Oleh karenanya, pengetahuan mengenai berapa kebutuhan kalori diri kita perlu diperhatikan. Termasuk dengan bagaimana cara memenuhinya.

Kalian tertarik untuk mengembangkan website tapi bingung gimana caranya? Jangan khawatir, Alan Creative hadir untuk membantu menyelesaikan masalah kalian. Kami menyediakan layanan pembuatan website dengan profesional. Tunggu apalagi? Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan penawaran terbaik!

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

Jenis-Jenis TikTok Ads, Apa Saja?

Jenis-Jenis TikTok Ads, Apa Saja?

Halo, Alan Lovers! Beberapa jenis-jenis TikTok Ads berikut ini perlu Anda ketahui. Karena, hal ini dapat membantu Anda untuk menjalankan kampanye online sesuai strategi yang

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative