fbpx
Digital Marketing

Budget Minim, Hasil Maksimal? Ini Strategi Marketing Low Cost

Halo, Alan Lovers! Sudah mengeluarkan budget yang terlalu banyak untuk marketing, tetapi enggak menghasilkan apapun? Apalagi budget buat ngiklan nggak sedikit, bisa-bisa boncos apalagi kalau nggak menghasilkan apa-apa, gawat banget. Siapa bilang digital marketing harus selalu mahal? Meski bujet terbatas, kamu tetap bisa menghasilkan kampanye yang berdampak besar. Kuncinya ada pada strategi yang tepat dan eksekusi yang efisien. Langsung simak aja penjelasan di bawah ini!

Strategi Marketing | Source pict: Freepik

1. Manfaatkan Organic Content

Tak perlu selalu mengandalkan iklan berbayar. Konten organik yang konsisten, relevan, dan engaging bisa membangun brand awareness dan loyalitas dengan biaya nyaris nol.

  • Buat konten edukatif, inspiratif, atau menghibur sesuai niche kamu.
  • Gunakan format video pendek, carousel, dan storytelling di media sosial.
  • Posting secara rutin dan pantau performa untuk tahu konten mana yang paling disukai.

2. Optimalkan SEO

SEO (Search Engine Optimization) adalah investasi jangka panjang yang bisa mendatangkan traffic tanpa biaya iklan.

Tips:

  • Gunakan keyword yang tepat di website, blog, dan caption.
  • Tulis artikel blog yang menjawab pertanyaan calon pelanggan.
  • Manfaatkan Google My Business jika kamu punya bisnis lokal.

3. Kolaborasi dengan Influencer

Daripada menyewa influencer besar, cari mikro-influencer dengan follower loyal di niche kamu. Mereka biasanya lebih affordable dan engagement-nya lebih tinggi.

Tips:

  • Cari influencer lokal atau komunitas kecil yang relevan.
  • Tawarkan kerja sama barter produk atau sistem komisi.

4. Fokus ke Komunitas & Engagement

Daripada sibuk memperluas reach secara luas, bangun komunitas kecil tapi solid. Bangun hubungan dua arah agar audiens merasa terlibat.

Tips:

  • Buat konten interaktif: polling, Q&A, challenge, atau live session.
  • Balas komentar dan DM dengan cepat & ramah.
  • Bangun grup Telegram atau WA eksklusif untuk pelanggan loyal.

5. Gunakan Retargeting dengan Budget Terukur

Jika kamu memang ingin menggunakan iklan, fokuslah pada retargeting. Ini lebih hemat karena kamu menargetkan orang yang sudah pernah berinteraksi.

Tips:

  • Jalankan iklan untuk orang yang sudah kunjungi websitemu atau engage di Instagram.
  • Gunakan format iklan yang jelas, ajakan bertindak yang spesifik, dan desain sederhana.

Setelah mendapat penjelasan di atas, sekarang kamu tahu kan bagaimana membuat strategi marketing yang terukur? Coba terapkan ya jika memang kamu terkendala dengan budget, mengejar organic content serta mengoptimalkan SEO selain menguatkan pondasi akun kamu, itu bisa banget ningkatin loyalitas audiens terhadap konten kamu.

Nah, buat kamu nih yang lagi kebingungan nyari strategi marketing yang pas, coba tengok Alan Creative. Di sana terdapat banyak layanan yang bisa banget ngebantu konteen kamu berkembang, dimulai dari pembuatan konten, iklan digital, hingga strategi marketing! Semuanya bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Tunggu Apalagi? Yuk, segera hubungi Alan Creative sekarang juga.

Baca Juga: Dampak Adanya Komunitas Online di Platform Media Sosial

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

Pentingnya Website Untuk Bisnis Kamu

Halo Alan Lovers, kamu punya bisnis? Udah punya website belum buat bisnis kamu? Tau gak pentingnya website untuk bisnis kamu? Penelitian yang dilakukan oleh Sara

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative