Halo, Alan Lovers! Siapa di sini yang bingung cara menyusun strategi untuk bisnis di TikTok? Yap, TikTok kini bukan hanya berguna sebagai platform media sosial semata, tapi juga bisa kamu gunakan sebagai tempat untuk memulai bisnis barumu. Namun, tentunya untuk memulai bisnis baru di TikTok, kamu harus menyusun dan memiliki strategi yang matang dan mendalam.
Lantas, gimana cara menyusun strategi untuk bisnis baru di aplikasi ini? Berikut cara-cara yang bisa kamu lakukan.
1. Riset mendalam
Untuk memastikan bisnismu bisa diterima di TikTok, kamu harus melakukan riset yang mendalam, dimulai dari target audiens hingga karakteristik platform TikTok. Jika bisnis yang kamu miliki ini tergolong bisnis yang tidak umum ditemukan di TikTok, maka kamu harus mencari cara untuk bisa membungkus bisnis itu dengan menarik sehingga dapat menarik perhatian audiens.
Contoh, bisnis Kafani di TikTok, yang berfokus menjual perlengkapan untuk jenazah dalam agama Islam. Jenis bisnis ini bisa dikatakan nyaris tidak pernah dipromosikan di media sosial seperti TikTok. Namun, dengan strategi marketing yang jitu, mereka berhasil menarik perhatian audiens.
Kafani mengemas kamapanye mereka dengan cara yang lucu, unik dan menarik, sehingga banyak generasi Z yang awalnya tidak suka menjadi suka dan malah tergugah untuk membelinya. Mereka menyadari bahwa mayoritas audiens TikTok merupakan generasi Z yang menyukai hal segar tapi juga bermanfaat.
2. Kolaborasi campaign dengan tren yang ada
Selanjutnya, untuk bisa menarik perhatian audiens pada bisnismu, kamu harus mengombinasikan campaign dengan tren yang ada. Seperti contohnya, tren “Perseteruan Loli dan Nikita Mirzani.” Banyak konten kreator yang menjadikan sound suara itu, untuk dikombinasikan dengan kebutuhan mereka, misalnya seperti menggunakan POV : when anak sosmed maksa anak kantor ngonten.
Hal semacam ini dapat meningkatkan visibilitas akun dan konten kamu untuk bisa masuk ke FYP. Dengan masuk ke akun FYP, kemungkinan orang akan mulai mengecek akunmu sangat besar.
Baca juga: Tips Membuat Konten Menarik di TikTok
3. Menggunakan hashtag yang relevan
Hashtag merupakan kata kunci yang biasanya sering dicari pengguna. Hashtag juga akan mempermudah algoritma TikTok untuk menemukan dan menyarankan konten kamu pada audiens yang berminat dengan kata kunci tersebut. Penting bagimu untuk memberikan hashtag disetiap konten yang diunggah.
Btw, Alan Creative siap membantu kamu dalam mengelolah dan mengembangkan media sosialmu menjadi lebih kreatif dan menarik. Dengan tenaga yang ahli dibidangnya serta pengalaman yang mempuni, Alan siap membersamai setiap langkah hebat kamu dalam membangun bisnis digital. Buruan tentukan langkahmu sekarang, mari maju bersama Alan Creative. Hubungi kami sekarang untuk dapatkan harga spesial.
So, itulah beberapa cara untuk menyusun strategi bisnis pemula di TikTok. Gimana, kamu tertarik mencobanya?