fbpx
cara-membuat-wordpress

Cara Mudah Membuat Website Dengan WordPress

Halo Alan Lovers, sudah pernah menggunakan WordPress? Salah satu jenis Content Management System (CMS) ini memang populer menjadi solusi pembuatan website tanpa coding. Selain menawarkan kemudahan, WordPress juga dapat digunakan secara gratis. Yuk ketahui bagaimana cara mudah untuk membuat website dengan WordPress.

Website sendiri telah menjadi sarana branding yang populer di kalangan pebisnis. Tidak hanya sebagai media promosi, website juga mencerminkan kredibilitas dari seseorang atau sebuah perusahaan. Oleh karena itu, banyak pebisnis yang terus melakukan inovasi untuk menghadirkan website dengan visual menarik dan performa optimal. Jika dulu pembuatan website perlu proses coding yang ribet, kehadiran CMS telah mampu mengatasinya saat ini.

Apa Itu WordPress?

WordPress adalah sistem manajemen konten (CMS) open source yang digunakan untuk membuat dan mengelola situs web dinamis. Ini menyediakan antarmuka pengguna yang mudah digunakan untuk menambahkan, mengedit, dan mempublikasikan konten, seperti teks, gambar, dan media lainnya. WordPress didukung oleh komunitas pengembang global dan tersedia secara gratis.

Cara Mudah Membuat Website dengan WordPress

Setelah memahami apa itu WordPress, apakah Anda tertarik untuk menggunakannya? Membuat website dengan WordPress sendiri memang populer sebagai cara yang instan dan anti ribet. Memangnya benar? Yuk ketahui cara mudah membuat website menggunakan WordPress melalui informasi di bawah ini.

1. Tentukan Jenis Website

Sebelum mulai membuat website, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menentukan jenis website. Apakah Anda ingin website berfungsi sebagai sarana branding atau mendapatkan keuntungan lewat transaksi? Menentukan jenis website ini akan mempermudah penyusunan konsep dan desain dari website.

Terdapat banyak jenis website yang saat ini marak digunakan. Mulai dari website e-commerce, blog, portofolio, berita hingga forum. Pemilihan jenis yang sesuai dengan tujuan pembuatan website Anda tentunya berpengaruh pada keberhasilan yang diraih. Jangan sampai salah pilih karena akan memengaruhi fungsional website kedepannya. Misalnya ingin mendapatkan hasil penjualan produk tetapi justru memilih jenis website blog, tentunya orang tidak akan menaruh atensi lebih pada transaksi dan minim terjadinya konversi.

2. Gunakan Domain Menarik

Bagaimana Anda dapat mengingat alamat dari sebuah website? Alamat IP Google adalah 8.8.8.8 dan 8.8.4.4, tetapi apakah Anda mengetahui dan mengingatnya? Tentu saja, tidak. Nah, domain google.com membuat orang lebih mudah untuk mengingat alamat situs pencarian terbesar di dunia tersebut.

Itulah peran domain dalam memengaruhi brand awareness dari sebuah website. Sama seperti itu, Anda harus memilih penggunaan domain yang menarik dan tepat. Hindari kata penghubung dan angka, kemudian alamat yang terlalu panjang atau asing di telinga para pengguna. Semakin seseorang sering mengakses website, mengingatnya dan membuat kunjungan berulang maka pencapaian website pun semakin tinggi.

3. Pilih Web Hosting yang Tepat

Cara yang selanjutnya adalah memilih web hosting yang tepat. Terdapat 3 jenis hosting yang paling populer digunakan yaitu shared hosting, cloud hosting dan virtual private server. Penggunaan setiap jenis hosting tersebut tentunya perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan pengelolaan Anda.

4. Install WordPress

Jika sudah melakukan segala persiapan pembuatan website tersebut, Anda dapat mulai untuk mengotak-atik WordPress. Sebelumnya, install terlebih dahulu WordPress ke dalam perancangan website Anda. Setelah terinstal, aktivasi WordPress dan login menggunakan akses yang telah Anda atur.

5. Kustomisasi Website lewat Dashboard WordPress

Hal pertama yang akan Anda temui ketika pertama kali membuat website adalah dashboard. Pada halaman ini, Anda disuguhkan berbagai menu dan fitur yang dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan. Untuk mengatur tema, akses fitur appearance dan pilih themes. Kemudian, Anda dapat klik tombol add new dan pilih tema mana yang ingin diterapkan.

Setelah Anda memilih tema, jangan lupa untuk klik install. Begitu proses instalasi selesai, pilih activate. Cek website Anda, tampilannya akan sesuai dengan tema yang dipilih. Tidak hanya pemilihan tema, Anda juga dapat melakukan kustom mengenai tampilan menu optional dalam website.

6. Instal Plugin Tambahan

Ingin pembuatan konten jadi lebih optimal? Tambahkan plugin dalam WordPress Anda. Salah satu plugin tambahan yang menjadi unggulan WordPress adalah plugin SEO yaitu Yoast. Jika hanya memerlukan optimasi sederhana, Yoast bahkan bisa diakses secara gratis di WordPress.

7. Lakukan Optimasi Performa

Langkah yang terakhir merupakan langkah optimal, tidak masalah apabila Anda tidak melakukannya. Namun, tentunya optimasi performa dapat membuat website lebih sempurna. Anda dapat menambahkan plugin Google Analytics untuk melacak perkembangan website.

Itulah tadi beberapa cara mudah membuat website dengan WordPress yang dapat Anda coba. Sebelum memilih WordPress untuk pembuatan website bisnis, pastikan CMS yang satu ini sudah sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika menginginkan akses fitur lebih dari yang ditawarkan WordPress, Anda juga dapat mengaktifkan versi premium dari berbagai plugin.

Sedang membutuhkan website bisnis dengan visual menarik dan performa optimal? Jangan ragu untuk menggunakan jasa pembuatan website profesional agar hasil yang didapat lebih maksimal. Tentunya, semua dapat dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda. Hubungi Alan Creative sekarang juga, konsultasikan kebutuhan website bisnis Anda bersama kami.

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

hierarki visual

Kenapa Hierarki Visual Penting?

Hi Alan Lovers, Hierarki visual adalah prinsip desain yang mendasar dan penting dalam menciptakan tampilan yang mudah dibaca dan dipahami. Konsep hierarki visual menyajikan informasi

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative