fbpx

Mengenal Fitur dan Cara Kerja Alibaba Cloud

Halo Alan Lovers, apakah kalian mengenal layanan Alibaba Cloud? Salah satu penyedia cloud computing ini menawarkan banyak kelebihan, fitur dan cara kerja yang menarik untuk penggunanya. Tidak heran apabila banyak pihak mulai mencoba untuk menggunakan layanan mereka. Yuk ketahui fitur dan cara kerja dari Alibaba Cloud lewat artikel yang satu ini.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Alibaba Cloud

Apa Saja Fitur Alibaba Cloud?

Sebelumnya dikenal sebagai Aliyun, merupakan salah satu penyedia layanan cloud computing terbesar di dunia. Berikut ini merupakan beberapa fitur dari Alibaba Cloud yang perlu kamu tahu.

1. Computing

Alibaba Cloud menyediakan berbagai pilihan layanan komputasi. Mulai dari layanan komputasi instan, jaringan swasta virtual, kemudian juga server fisik.

2. Penyimpanan

Layanan cloud computing yang satu ini juga menyediakan berbagai layanan penyimpanan. Misalnya seperti penyimpanan berbasis objek, penyimpanan file, dan database.

3. Jaringan

Alibaba Cloud menyediakan jaringan global dengan dukungan teknologi terbaru, termasuk jaringan Content Delivery Network (CDN). Kemudian, ada juga jaringan pemrograman-defined software-defined network (SDN).

4. Keamanan

Fitur keamanan yang disediakan cukup beragam. Misalnya seperti firewall, enkripsi data, dan pemantauan aktivitas pengguna. Ini akan memastikan cloud computing kamu menjadi lebih aman.

5. Analitik

Butuh kemampuan analitik? Tenang, cloud computing yang satu ini juga dilengkapi dengan berbagai layanan analitik. Mulai dari analitik big data, analitik kecerdasan buatan hingga analitik bisnis.

6. Internet of Things (IoT) dan Artificial Intelligence (AI)

Alibaba Cloud menyediakan layanan IoT. Tentunya fitur ini dapat membantu pengguna dalam pengembangan solusi IoT yang cerdas. Selain itu, cloud computing ini juga menyediakan berbagai layanan kecerdasan buatan (AI). Misalnya seperti pemrosesan bahasa alami dan pengenalan gambar.

7. Layanan Integrasi

Alibaba Cloud menyediakan layanan integrasi yang sangat bermanfaat bagi pengguna. Layanan fitur ini dapat membantu pengguna dalam mengintegrasikan infrastruktur cloud mereka dengan aplikasi bisnis mereka.

Baca juga: Tips Menggunakan Alibaba Cloud

Bagaimana Cara Kerja Alibaba Cloud?

Menjadi salah satu penyedia layanan cloud computing yang menyediakan berbagai layanan seperti komputasi dan  penyimpanan data. Berikut ini merupakan cara kerja Alibaba Cloud.

1. Virtualisasi

Jenis cloud computing yang satu ini menggunakan teknologi virtualisasi untuk memisahkan infrastruktur fisik dari infrastruktur yang disewakan ke pengguna. Ini memungkinkan untuk menciptakan beberapa mesin virtual pada satu server fisik dan memberikan isolasi yang lebih baik antara aplikasi.

2. Server

Alibaba Cloud memiliki sejumlah server fisik yang tersebar di seluruh dunia. Setelah pelanggan membuat akun dan memilih layanan yang dibutuhkan, mefeka akan mengalokasikan sumber daya pada server fisik yang tersedia.

3. Infrastruktur Jaringan

Setelah server disediakan, selanjutnya adalah terciptanya jaringan global yang terdiri dari sejumlah pusat data (data center) yang tersebar di berbagai negara. Setelah pelanggan membuat akun, Alibaba Cloud akan memberikan akses ke jaringan tersebut.

4. Penyimpanan Data

Selain jaringan, ada juga layanan penyimpanan data. Misalnya seperti penyimpanan berbasis objek, penyimpanan file, dan database. Setelah pelanggan memilih layanan yang dibutuhkan, Alibaba Cloud akan memberikan akses ke layanan tersebut dan menyimpan data pelanggan di infrastruktur penyimpanan yang tersedia.

5. Aplikasi

Pelanggan dapat menginstal dan menjalankan aplikasi mereka di Alibaba Cloud. Pelanggan juga dapat mengembangkan aplikasi mereka di Alibaba Cloud menggunakan berbagai layanan pengembangan yang disediakan.

6. Keamanan

Cloud computing ini juga menyediakan layanan keamanan. Misalnya seperti firewall, enkripsi data, dan pemantauan aktivitas pengguna untuk melindungi data pelanggan dari ancaman keamanan.

7. Manajemen

Alibaba Cloud menyediakan layanan manajemen yang memungkinkan pelanggan untuk mengelola infrastruktur cloud mereka. Hal ini termasuk memantau penggunaan sumber daya dan mengelola hak akses pengguna.

8. Integrasi

Alibaba Cloud menyediakan layanan integrasi canggih. Ini memungkinkan pelanggan untuk mengintegrasikan infrastruktur cloud mereka dengan aplikasi bisnis mereka.

Dengan cara kerjanya yang terintegrasi, Alibaba Cloud dapat membantu pelanggan untuk mengoptimalkan penggunaan sumber daya dan meningkatkan efisiensi bisnis mereka. Jadi, layanan cloud computing yang satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat untukmu.

Butuh bantuan untuk mengembangkan aplikasi atau website bisnis? Percayakan kebutuhanmu lewat berbagai layanan menarik yang tersedia di Alan Creative. Ingin tahu informasi lebih lengkapnya? Yuk hubungi Alan Creative sekarang juga.

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

Apa Itu E-Education?

Halo, Alan Lovers! Kamu sering denger kan istilah e-Learning? Nah, tapi tau gak sih kalau e-Learning dan e-Education itu dua hal yang berbeda? Biar kamu

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative