fbpx
Efektifkah Influencer AI di Bidang Marketing?

Efektifkah Influencer AI di Bidang Marketing?

Halo, Alan Lovers! Influencer AI di Bidang Marketing menjadi topik yang unik untuk dibahas. Pasalnya, beberapa perusahaan sudah mulai menggunakan AI untuk mendongkrak penjualan mereka.

Dengan beragam keunggulan yang ditawarkan, teknologi AI (Artificial Intelligence) menjadi salah satu teknologi yang populer digunakan saat ini. Sebagai contoh, beberapa perusahaan mulai beralih dari influencer manusia menjadi influencer AI untuk meningkatkan konversi mereka.

Lantas, seperti apa influencer AI tersebut? dan efektifkah influencer AI di bidang marketing? Anda bisa menemukan jawabannya melalui artikel ini. Simak hingga tuntas ya, Alan Lovers!

Baca Juga: Perkembangan Artificial Intelligence (AI) di Indonesia

Apa itu Influencer AI?

Influencer AI merupakan manusia yang dihasilkan dari rekayasa komputer dan dibuat sedemikian rupa agar memiliki karakteristik dan kepribadian layaknya manusia nyata.

Seperti manusia pada umumnya, influencer AI juga dapat berbicara, menyanyi, tertawa, hingga menari. Adapun, influencer AI diciptakan menggunakan teknologi generatif seperti deep learning yang kompleks agar bisa berinteraksi layaknya manusia.

Belakangan ini, influencer AI sudah mulai digunakan untuk beberapa kepentingan marketing seperti promosi produk, campign pemasaran, hingga produksi konten.

Efektifkah Influencer AI di Bidang Marketing?
Efektifkah Influencer AI di Bidang Marketing? (Sumber: Socialpubli)

Sebagai contoh, sebuah akun Instagram bernama Lentari Van Lorainne yang dikembangkan oleh Imagine8 Studio. Lebih lanjut, influencer AI ini diciptakan dengan tujuan untuk melakukan promosi melalui postingan konten di akun Instagram miliknya.

Hingga saat ini, akun bernama lentaripagi ini telah mempunyai 50.000 pengikut di Instagram. Tentunya, hal ini menjadi bukti nyata bahwa influencer AI kini sudah mulai dilirik oleh beberapa perusahaan.

Terlebih lagi, akun tersebut juga menjanjikan impression yang cukup menjanjikan, yaitu 30.000 – 100.000 reach untuk setiap konten yang diunggah.

Kelebihan Influencer AI

Berikut merupakan kelebihan yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan influencer AI sebagai strategi marketing:

Ketersediaan Tanpa Batas

Berbeda dengan manusia pada umumnya, influencer AI dapat bekerja sepanjang waktu tanpa harus istirahat, tidur, atau cuti. Tentunya, hal ini menjadi keunggulan utama agar brand yang Anda miliki bisa dipromosikan dengan tepat waktu.

Tidak Terpengaruh Emosi

Jika suasana sedang tidak mendukung, cara penyampaian produk oleh influencer bisa saja menjadi tidak maksimal. Tentunya, hal ini menjadi momok bagi para pemilik perusahaan.

Di lain sisi, influencer AI tidak memiliki emosi sehingga mereka tidak akan terpengaruh oleh perubahan suasana hati. Dengan begitu, produk dapat tersampaikan dengan baik kepada target audiens.

Kemampuan Beradaptasi

Selain tidak memiliki emosi, influencer AI juga dapat dengan cepat menyesuaikan diri dengan tren baru atau perubahan kebijakan platform media sosial. Dengan begitu, konten yang diinginkan dari klien bisa lebih fleksibel.

Kekurangan Influencer AI

Akan tetapi, terdapat beberapa kekurangan yang harus diperhatikan dalam menggunakan influencer AI sebagai strategi marketing. Berikut di antaranya:

Bisa Kurang Relevan

Kemungkinan pertama yang terjadi adalah relevansi produk terhadap influencer AI. Sebagai contoh, Anda ingin mempromosikan produk pemutih kulit.

Padahal, kita semua tahu bahwa influencer AI merupakan produk digital yang mempunyai warna kulit tidak natural. Sehingga, hal tersebut bisa saja mengurangi tingkat kepercayaan konsumen terhadap produk Anda.

Oleh karena itu, Anda harus lebih berhati-hati dalam mempromosikan jenis produk jika menggunakan influencer AI sebagai pilihan strategi marketing.

Tidak Memiliki Value

Sebagian besar, influencer AI diciptakan dengan jenis kelamin wanita dilengkapi dengan tampilan yang menarik. Sehingga, banyak dari pengguna media sosial mengikuti influencer AI tersebut hanya karena kecantikannya saja.

Jika Anda ingin produk yang ditawarkan sesuai dengan target spesifik, nampaknya Influencer AI bukan pilihan yang tepat.

Apakah Influencer AI di Bidang Marketing Efektif?

Lalu, apakah menggunakan influencer AI di bidang marketing efektif untuk perusahaan? Tentunya, hal tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Jika Anda menginginkan teknik promosi yang berbeda, cepat, serta up-to-date, influencer AI bisa menjadi pilihan yang tepat. Akan tetapi, jika Anda membutuhkan target market yang spesifik, menggunakan influencer manusia bisa menjadi pilihan yang efektif.

Masih bingung strategi yang tepat untuk meningkatkan brand awareness melalui social media? Jasa konten media sosial di Alan Creative bisa menjadi pilihan yang tepat.

Melalui Alan Creative, Anda tidak perlu lagi repot-repot memikirkan konten yang tepat untuk bisnis Anda. Semua akan dikerjakan secara All-in-One sesuai dengan aspek bisnis Anda. Tunggu apa lagi? Hubungi Alan Creative sekarang juga!

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative