Halo, Alan Lovers! Kalian penasaran enggak sih dengan konten yang judulnya kerasa clickbait, tapi banyak yang menyukai atau membaca? Nah, judul yang clickbait konon masih digunakan oleh para penulis konten, lho. Kenapa? Padahal kalau dilihat-lihat bisa banget ngerusak reputasi bahkan bersifat negatif? Coba yuk simak penjelasan berikut ini biar kamu tahu kenapa judul yang clickbait masih bagus digunakan!
Apa Itu Clickbait?

Clickbait adalah teknik penulisan judul yang dirancang untuk menarik rasa penasaran penonton atau audiens, biasanya dengan bahasa yang hiperbola, emosional, atau menggantung bahkan mengecoh pembaca.
Contoh: “5 Trik yang Bakal Mengubah Hidup Kamu!”
Dulu Ampuh, Sekarang … ?
Beberapa tahun lalu, penggunaan clickbait masih ampuh karena bisa mendatangkan banyak traffic. Platform seperti Facebook bahkan kebanjiran like dengan konten seperti ini. Namun, seiring waktu, algoritma dan perilaku pengguna berubah. Kini, platform mulai memprioritaskan yang namanya retensi audiens dan kualitas interaksi, bukan sekadar klik. Jika isi konten tak sesuai ekspektasi judul, audiens akan cepat meninggalkan halaman, yang berdampak buruk pada performa konten di algoritma.
Terlebih lagi sekarang banyak audiens yang kritis dan sadar. Yap, Pengguna internet saat ini jauh lebih sadar dan selektif. Mereka mudah kecewa jika merasa “ditipu” oleh judul. Sekali merasa dikecewakan, kemungkinan besar mereka enggan kembali membaca atau menonton konten dari sumber yang sama. Trust is everything.
Tapi, Clickbait yang Cerdas Masih Relevan

Meski banyak yang berubah, bukan berarti teknik clickbait ini mati begitu saja. Tentu saja seiring waktu juga banyak perubahan pada penggunaan clickbait dengan versi yang halus dan poles sebaik mungkin untuk tidak menipu audiens. Judul menarik dan tetap relevan masih sangat efektif, lho. Ini sering banget smart clickbait atau curiosity gap yang dapat membangkitkan rasa penasaran tanpa menipu audiens.
Tips Membuat Judul yang Menarik
- Bangun rasa penasaran, bukan menipu.
- Pastikan isi konten menjawab janji judul.
- Gunakan angka atau pertanyaan, tapi relevan.
- Jaga kredibilitas brand atau personal branding.
Nah, dari penjelasan di atas sekarang kalian sudah tahu dong penggunaan judul clickbait itu sebenarnya sudah tak sekuat dulu. Audiens sekarang jauh menyukai konten yang terbilang jujur tanpa menipu. Namun, judul clickbait yang dipoles secara halus dan tetap menarik, masih bisa efektif lho. Apalagi kalau sesuai dengan isinya.
Buat kamu yang sedang membuat konten, tapi malas nulis konten. Yuk, coba hubungi Alan Creative buat bikin konten kamu makin berkembang. Di sana terdapat banyak layanan seperti pembuatan konten, pembuatan desain visual, hingga strategi marketing. Tunggu apalagi? Yuk, segera hubungi Alan Creative sekarang juga!
Baca juga: Auto Melejit! Trik Gila Optimasi Keyword yang Jarang Terungkap