fbpx
Marketing-in-the-Education-Industry-1080x675

Kata Siapa Sekolah Gak Perlu Digital Marketing?

Halo, Alan Lovers! Istilah digital marketing tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita ketika era teknologi informasi kian berkembang. Mulai dari creative agency, influencer, praktisi bisnis, dan berbagai pihak banyak membicarakan hal ini.

Namun, dari berbagai pihak tersebut, dunia pendidikan dirasa masih sangat kurang menggemakan digital marketing. Padahal, banyak hal yang bisa didapatkan oleh sekolah melalui digital marketing itu sendiri. Simak artikel berikut!

Sekolah dan Masyarakat

Sekolah bukan hanya sebatas tempat bagi seseorang untuk menimba ilmu, tetapi lebih dari itu, sekolah menjadi salah satu pusat pembentuk peradaban manusia. Pendidikan memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Sekolah harus bisa menyampaikan citra dirinya yang seperti itu, bukan hanya sebatas menawarkan ijazah yang kelak akan digunakan lulusannya melamar pekerjaan. Oleh karenanya, penting bagi sekolah untuk bisa menyampaikan visi dan misinya kepada masyarakat di sekitarnya khususnya dan masyarakat luas pada umumnya.

Tak jarang sekolah dipandang sebelah mata dimana seorang anak disekolahkan untuk meningkatkan status sosial keluarga. Memang tidak salah, tapi tujuan dari sekolah bukan hanya itu saja. Sekolah memberikan lebih dari itu.

Persepsi masyarakat terhadap sekolah pun harus dibenahi secara tepat agar kemudian konsep sekolah dalam benak masyarakat pun bisa menjadi lebih baik lagi. Bukan hanya sekedar “jual-beli ijazah”.

Digital Marketing Sekolah

Sekolah tentu bukan hanya memiliki program kegiatan belajar mengajar saja, tapi lebih dari itu banyak kegiatan di luar kelas yang disediakan untuk menunjang pengembangan diri dan bakat siswanya. Sehingga, sekolah bisa menjadi salah satu tempat yang dicari dengan tujuan mengembangkan kemampuan diri seseorang.

Salah satu cara paling minimal yang bisa dilakukan adalah mengunggah berbagai kegiatan yang sedang dilakukan di media sosial seperti Instagram. Dengan begitu, masyarakat pun bisa mengetahui bahwa sekolah bukan hanya sekedar belajar mengajar di dalam kelas, tetapi melakukan kegiatan yang lebih luas lagi.

Hingga pada akhirnya, salah satu tujuan yang ingin dicapai adalah adanya kesinambungan dan integrasi antara sekolah dan masyarakat sekitar untuk saling memberikan manfaat satu sama lainnya. Sekolah mendapatkan siswa untuk dididik, di sisi lain masyarakat mendapatkan manfaat berupa pengembangan diri.

Lebih dari itu, hubungan yang terjadi antara sekolah pun bisa berupa:

  • Hubungan edukatif, sekolah dan masyarakat pengguna harus saling mendukung dan menguatkan dalam upaya ┬ámendidik generasi penerus bangsa.
  • Hubungan kultural, dimaksudkan bahwa sekolah ikut bertanggung jawab dalam memelihara dan mengembangkan budaya positif (kearifan lokal) masyarakat setempat.
  • Hubungan institusional, sekolah mesti ┬ámembangun dan meluaskan relasi dengan institusi lain yang bisa meningkatkan mutu sekolah.

Tertarik untuk melakukan digital marketing? Yuk hubungi Alan Creative, kami akan membantu mewujudkan impian itu. Karena kami menyediakan jasa pembuatan website, social marketing, hingga kebutuhan digitalisasi pendidikan baik formal maupun non-formal.

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

perang uhud

Perang Uhud: Sejarah dan Pelajaran

Perang Uhud adalah salah satu peristiwa penting dalam sejarah Islam. Perang ini terjadi pada tahun ketiga Hijriah, di mana pasukan Muslim yang dipimpin oleh Nabi

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative