fbpx
kemudahan belanja

Kemudahan Belanja Kebutuhan Harian dan Mingguan dengan Teman Pasar

Hi Alan Lovers, Teman Pasar merupakan salah satu platform e-groceries yang sedang booming di Indonesia. Konsep Teman Pasar adalah sebuah aplikasi yang memungkinkanmu untuk belanja kebutuhan harian dan mingguan di pasar tradisional terdekat tanpa harus pergi ke sana sendiri. Dengan Teman Pasar, kamu akan memiliki teman belanja dan teman antar yang akan membeli dan mengantar barang-barang belanjaanmu. Lalu apa saja kemudahan belanja menggunakan Teman Pasar?

Apa saja Fitur Kemudahan Belanja yang Ada di Teman Pasar

Teman Pasar adalah sebuah platform e-commerce yang menyediakan berbagai fitur untuk mempermudah pengguna dalam berbelanja online. Berikut adalah beberapa fitur yang ada di Teman Pasar:

  • Pilih Pasar: Fitur ini memungkinkan kamu untuk mencari lokasi pasar-pasar terdekat dari tempat tinggal kamu. Kamu bisa memilih pasar mana yang akan kamu jadikan untuk lokasi berbelanja online.
  • Resep: Kamu bisa melihat resep-resep unggulan yang bisa kamu jadikan bahan acuan memasak. Ini mempermudah kamu yang kebingungan mencari ide masakan selesai berbelanja.
  • Artikel: Fitur ini memungkinkan kamu untuk melihat berita terbaru yang ada, tentunya seputar makanan dan kebutuhan sehari-hari.
  • Pesanan: Teman pasar membuat kenyamanan para pembeli dengan menyediakan fitur tracking pesanan yang ada di aplikasi. Kamu bisa melacak pesanan dari mulai pembayaran awal hingga sampai pesanan selesai. Bahkan aplikasi ini juga membuat sebuah fitur pesanan batal yang ditujukan pada gagalnya pesanan yang dilakukan.
  • Suka-suka: Dengan adanya fitur ini kamu dimudahkan menambahkan barang kesukaan kamu dan dengan batas nominal bajet kamu.
  • Keranjang Belanja: Kamu bisa melihat daftar belanjaan yang sudah kamu belanjakan di pasar tujuanmu. Fitur ini memudahkan kamu juga untuk menyortir kebutuhan harian yang perlu dan tidak perlu nantinya, jika dirasa kemahalan dari bajet harian atau mingguan kamu.
  • Checkout: Fitur ini akan mengantarkan kamu pada sebuah pilihan pembayaran. Kamu bisa melihat alamat pengiriman, waktu pengiriman, serta kemasan yang diinginkan. Jika kamu suka dengan potongan harga, Teman Pasar juga memberikan kupon diskon di setiap pembelanjaannya. 
  • Menu Pembayaran: Disini kamu akan disediakan berbagai pilihan pembayaran lewat bank secara online. Fitur yang juga keren yaitu adanya Cash on Delivery (COD) yang berguna untuk yang tidak mempunyai uang secara daring dan ingin menggunakan pembayaran langsung.

Berapa Lama Waktu yang dibutuhkan Untuk Bisa Membuat Aplikasi E-groceries Teman Pasar Seperti Sekarang

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat aplikasi e-groceries seperti Teman Pasar akan bervariasi tergantung pada berbagai faktor. Seperti keahlian pengembang, kompleksitas aplikasi, jumlah fitur yang diperlukan, dan sumber daya yang tersedia.

Jika kamu memiliki pengembang yang berkualitas dan berpengalaman, maka kamu dapat memperkirakan waktu sekitar 3-6 bulan untuk membuat aplikasi e-groceries seperti Teman Pasar. Namun, jika pengembang yang kamu gunakan tidak terlalu berpengalaman atau aplikasi yang dibuat sangat kompleks, maka waktu yang dibutuhkan bisa lebih lama.

Selain itu, sumber daya yang tersedia juga akan mempengaruhi waktu pembuatan aplikasi. Jika kamu memiliki anggaran dan sumber daya yang cukup, seperti tim pengembang yang besar, infrastruktur yang kuat, dan akses ke teknologi terbaru, maka waktu pembuatan aplikasi bisa lebih singkat.

Namun, jika kamu memiliki anggaran dan sumber daya yang terbatas, maka waktu yang dibutuhkan untuk membuat aplikasi e-groceries seperti Teman Pasar bisa lebih lama. Oleh karena itu, penting untuk melakukan perencanaan yang matang dan mempertimbangkan semua faktor yang mempengaruhi waktu pembuatan aplikasi.

Teknologi Apa Saja yang Bisa digunakan

Ada beberapa teknologi yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi e-groceries seperti Teman Pasar. Berikut adalah beberapa teknologi yang dapat digunakan:

  • Framework pengembangan aplikasi: Ada beberapa framework yang bisa digunakan seperti React, Vue.js, dan AngularJS.
  • Bahasa pemrograman: Bahasa pemrograman yang umum digunakan untuk membuat aplikasi web adalah JavaScript, Python, dan PHP.
  • Database: Untuk menyimpan data pelanggan dan produk, kamu dapat menggunakan database relasional seperti MySQL, PostgreSQL, atau MariaDB. Namun, jika kamu ingin membangun aplikasi yang lebih skalabel dan lebih cepat, maka database NoSQL seperti MongoDB bisa menjadi pilihan yang baik.
  • Cloud computing: Untuk memudahkan manajemen infrastruktur dan mempercepat waktu pengembangan. Kamu dapat menggunakan layanan cloud computing seperti Amazon Web Services (AWS), Microsoft Azure, atau Google Cloud Platform.
  • Payment gateway: Untuk memudahkan pelanggan dalam melakukan pembayaran, kamu dapat menggunakan payment gateway seperti Midtrans, DOKU, dan iPaymu.
  • API: Untuk mengintegrasikan aplikasi dengan platform lain seperti penyedia layanan pengiriman atau layanan pihak ketiga lainnya, kamu dapat menggunakan API.
  • Teknologi pemrosesan gambar: Untuk menampilkan gambar produk dengan resolusi tinggi dan kualitas terbaik, kamu dapat menggunakan teknologi seperti Cloudinary, Imgix, atau Kraken.io.

Baca Juga: Apa itu XML dan bagaimana cara kerjanya?

kemudahan belanja
Ilustrasi Kemudahan Belanja dan Mingguan dengan Teman Pasar | Sumber: Freepik

Berapa Range Besaran Budget untuk Membuat Aplikasi Seperti Teman Pasar

Besaran budget untuk membuat aplikasi e-groceries seperti Teman Pasar sangat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti kompleksitas aplikasi, jumlah fitur yang diperlukan, dan sumber daya yang tersedia.

Namun, secara umum, budget yang dibutuhkan untuk membuat aplikasi e-groceries seperti Teman Pasar dapat berkisar dari puluhan juta hingga ratusan juta rupiah. Beberapa biaya yang perlu diperhatikan dalam pengembangan aplikasi e-groceries seperti Teman Pasar antara lain:

  • Biaya pengembangan aplikasi: Biaya pengembangan aplikasi tergantung pada jumlah fitur yang diperlukan, tingkat kompleksitas aplikasi, dan keahlian pengembang yang digunakan. Biaya ini dapat berkisar antara puluhan juta hingga ratusan juta rupiah.
  • Biaya infrastruktur: Biaya infrastruktur termasuk biaya hosting server, biaya domain, dan biaya pemeliharaan. Biaya ini juga sangat bervariasi tergantung pada penyedia layanan yang digunakan dan kebutuhan bisnis.
  • Biaya integrasi dengan pihak ketiga: Jika Anda ingin mengintegrasikan aplikasi dengan pihak ketiga seperti penyedia layanan pengiriman atau payment gateway, maka biaya ini juga harus dipertimbangkan.
  • Biaya pemasaran: Setelah aplikasi selesai dibangun, biaya pemasaran untuk mempromosikan aplikasi juga harus dipertimbangkan.
  • Biaya operasional: Setelah aplikasi diluncurkan, biaya operasional seperti biaya gaji karyawan dan biaya sewa kantor juga harus dipertimbangkan.

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa Teman Pasar merupakan sebuah platform digital yang mempermudah masyarakat dalam berbelanja kebutuhan harian atau mingguan di pasar tradisional tanpa harus datang ke sana. Dengan fitur-fitur yang ditawarkan akan memberikan kemudahan belanja pembeli dalam berbelanja kebutuhan harian bahkan mingguan. Dengan adanya Teman Pasar, diharapkan masyarakat dapat memenuhi kebutuhan harian atau mingguan dengan mudah dan aman, sementara para pedagang pasar tetap dapat menjual produk mereka dan menjaga eksistensi pasar tradisional.

Apabila kamu membutuhkan jasa pembuatan website, Alan Creative dapat menjadi solusi terbaik. Kami siap membantu kamu membangun website yang user-friendly dan optimalkan kecepatan untuk SEO ranking. Yuk hubungi Alan Creative sekarang juga, konsultasikan kebutuhan websitemu bersama kami.

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

Cara Membuat Splash Screen di Flutter

Halo, Alan Lovers! Ketika mengembangkan sebuah aplikasi, tentu banyak sekali komponen yang harus dikembangkan. Salah satu komponen penting dalam meningkatkan estetika sebuah aplikasi adalah splash

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative