fbpx
Keunggulan Technology Stack Firebase, Apa Saja?

Keunggulan Technology Stack Firebase, Apa Saja?

Halo, Alan Lovers! Beberapa keunggulan technology stack Firebase berikut ini wajib untuk Anda simak. Pasalnya, Firebase memiliki keunggulan yang bisa memudahkan pekerjaan Anda sebagai programmer. Penasaran kan? Simak artikel ini hingga tuntas ya!

Di era yang serba digital, segala kebutuhan dapat terpenuhi melalui aplikasi. Terlebih lagi, adanya smartphone membuat aplikasi dapat diakses kapan pun dan dimana pun.

Berdasarkan hal tersebut, banyak pebisnis yang mulai mengembangkan usahanya melalui aplikasi. Selain dapat menjangkau pasar lebih luas, aplikasi memberikan kemudahan kepada konsumen dalam mengakses produk.

Akan tetapi, dibutuhkan beberapa technology stack untuk mengembangkan suatu aplikasi. Salah satunya adalah Firebase. Lantas, apa itu Firebase? Dan apa saja keunggulan technology stack Firebase ini?

Baca Juga: Pentingnya Memilih Technology Stack, Apa Saja?

Apa itu Firebase?

Keunggulan Technology Stack Firebase, Apa Saja? (Sumber: Google)

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari berbagai macam sumber, Firebase merupakan sebuah layanan technology stack milik Google berupa backend as a service (BaaS) untuk mengembangkan aplikasi.

Lebih lanjut, BaaS ini nantinya akan mengelola seluruh komponen backend aplikasi seperti database, authentication, hosting, dan API. Dengan adanya BaaS, para developer ataupun programmer bisa lebih fokus terhadap pengembangan front-end.

Selain itu, Firebase juga memberikan kemudahan untuk aplikasi yang membutuhkan realtime database secara gratis.

Keunggulan Technology Stack Firebase

Setelah melewati penjelasan singkat terkait Firebase, berikut adalah beberapa keunggulan technology stack Firebase yang penting untuk Anda ketahui:

Realtime Database

Bagi Anda yang membutuhkan database secara realtime, Firebase bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain itu, sinkronasi juga dapat dilakukan pada kondisi online ataupun offline.

Dengan catatan, kondisi offline hanya tersedia pada aplikasi iOS dan Android. Sedangkan, aplikasi berbasis web harus sinkronasi secara online.

Firebase Analytics

Lebih lanjut, Firebase juga bisa memungkinkan Anda untuk menganalisis data yang terintergasi langsung dengan Google Analytics.

Dengan hadirnya fitur ini, Firebase dapat memberikan data-data error, notifikasi, data pembelian, dan fitur yang sering digunakan oleh pengguna. Terlebih lagi, adanya fitur Firebase Analytics juga dapat membantu menganalisis strategi selanjutnya melalui data yang ada.

Cloud Firestore

Cloud firestore memungkinkan untuk menjalankan query yang lebih kompleks dari database. Hal ini sangat cocok untuk aplikasi yang membutuhkan data besar seperti aplikasi untuk e-commerce. Selain itu, cloud firestore juga mendukung sinkronisasi secara offline pada Android, iOS, ataupun web.

Firebase Crashlytics

Fitur yang tak kalah penting adalah Firebase crashlytics. Fitur ini berfungsi untuk melaporkan error atau bug pada aplikasi secara realtime. Tak hanya itu, Firebase crashlytics juga bisa memberikan saran prioritas bug atau crash yang perlu diperbaiki terlebih dahulu.

Firebase Authentication

Terakhir, keunggulan technology stack Firebase adalah Firebase authentication. Dengan fitur ini, Anda bisa menambahkan sistem autentikasi seperti login pada aplikasi. Lebih lanjut, Firebase authentication mendukung beberapa autentikasi seperti akun email dan sandi, Google, Twitter, hingga GitHub.

Kesimpulan

Firebase merupakan salah satu technology stack milik Google yang bisa menjadi pilihan para developer untuk mengembangkan aplikasi. Dengan keunggulan yang ditawarkan, proses pembuatan aplikasi bisa dilakukan dengan mudah.

Jika Anda membutuhkan layanan pengembangan aplikasi dengan garansi 1 tahun, custom technology stack, mobile friendly, hingga gratis konsultasi selamanya, Alan Creative bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan harga yang terjangkau serta dikerjakan oleh ahlinya, kami siap mewujudkan aplikasi sesuai dengan keinginan Anda. Tunggu apa lagi? Hubungi Alan Creative sekarang juga!

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

5 Website Membuat CV Paling Praktis di 2023

5 Website Membuat CV Paling Praktis di 2023

Halo, Alan Lovers! Beberapa rekomendasi website membuat CV (Curiculum Vitae) berikut ini sayang sekali untuk dilewatkan. Pasalnya, beberapa website tersebut bisa membuat CV dengan cepat

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative