Hi Alan Lovers. pemasaran online telah menjadi bagian penting dalam strategi bisnis saat ini. Untuk memastikan keberhasilan strategi pemasaran online, penting untuk memahami keywords yang digunakan oleh target audiens dalam pencarian online. Dalam dunia pemasaran digital, Google Trends adalah alat yang sangat penting untuk mengetahui tren dan pola pencarian kata kunci yang sedang populer di antara pengguna internet.Â
Bagaimana mencari keywords populer dengan Google Trends?
Apa itu Google Trends?
Google Trends adalah alat yang disediakan oleh Google untuk membantu pengguna memantau popularitas kata kunci tertentu dalam pencarian Google. Fitur Google Trends memungkinkan pengguna untuk melihat seberapa sering sebuah kata kunci tertentu dicari dalam rentang waktu yang ditentukan. Alat ini juga memungkinkan pengguna untuk membandingkan popularitas beberapa kata kunci sekaligus. Ia dapat melihat tren pencarian untuk kata kunci tertentu dari waktu ke waktu.
Mengapa Penting untuk Mengetahui Keywords Populer
Dalam strategi pemasaran online, mengetahui kata kunci atau keyword yang sedang populer di kalangan pengguna internet sangat penting untuk keberhasilan kampanye pemasaran. Hal ini dikarenakan, pengguna internet cenderung mencari informasi atau produk melalui mesin pencari seperti Google dengan memasukkan kata kunci tertentu.
Jika bisnis kamu dapat mengetahui kata kunci yang sedang populer, kamu dapat meningkatkan kemungkinan orang menemukan bisnis kamu melalui mesin pencari dan mengunjungi situs web kamu.
Selain itu, dengan mengetahui kata kunci yang sedang populer, bisnis dapat mengoptimalkan konten di situs web mereka untuk kata kunci tersebut. Dalam dunia pemasaran digital, optimasi mesin pencari atau SEO (Search Engine Optimization) menjadi sangat penting. Guna untuk meningkatkan peringkat situs web di hasil pencarian Google.
Dengan menargetkan kata kunci yang tepat dan mengoptimalkan konten situs web untuk kata kunci tersebut, bisnis dapat meningkatkan peringkat situs web mereka di hasil pencarian Google dan meningkatkan jumlah pengunjung ke situs web mereka.
Baca Juga: Cek Kecepatan Website dengan Google PageSpeed Insights
Cara Mengetahui Keyword Populer dengan Google Trends
Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan Google Trends dalam mencari keyword populer:
- Kunjungi situs Google Trends.
- Masukkan kata kunci atau topik yang ingin kamu pantau popularitasnya di kotak pencarian.
- Sesuaikan rentang waktu dan wilayah pencarian yang ingin kamu pantau.
- Analisis grafik yang ditampilkan oleh Google Trends untuk melihat tren dan pola pencarian kata kunci tersebut.
- Gunakan fitur “related queries” untuk menemukan kata kunci terkait yang juga sedang populer.
- Bandingkan popularitas beberapa kata kunci sekaligus dengan menggunakan fitur “compare“.
- Gunakan informasi yang diperoleh dari Google Trends untuk menentukan kata kunci yang tepat untuk dijadikan target dalam kampanye pemasaran online kamu.
Dalam penggunaan Google Trends, pastikan kamu juga memperhatikan tren dan pola pencarian kata kunci dari waktu ke waktu. Pola pencarian kata kunci bisa berubah-ubah dan hal ini bisa mempengaruhi strategi pemasaran online kamu. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan pemantauan secara berkala untuk mengetahui tren dan pola pencarian terbaru dan mengoptimalkan strategi pemasaran.
Contoh Penggunaan
Berikut adalah contoh penggunaan Google Trends dalam menentukan keywords populer untuk bisnis atau situs web:
Contoh Bisnis Fashion
Seorang pemilik bisnis fashion ingin menentukan kata kunci yang sedang populer untuk mempromosikan bisnisnya. Dia memasukkan kata kunci “fashion” pada Google Trends dan memilih rentang waktu selama 12 bulan terakhir dan wilayah pencarian di seluruh dunia.
Setelah analisis grafik yang ditampilkan oleh Google Trends, ia menemukan bahwa kata kunci “sustainable fashion” sedang populer dalam pencarian Google. Dengan mengetahui ini, ia dapat mengoptimalkan situs web dan kampanye pemasaran online-nya dengan kata kunci “sustainable fashion” sehingga meningkatkan kemungkinan orang menemukan bisnisnya di mesin pencari.
Contoh Situs Web Berita
Sebuah situs web berita ingin menentukan kata kunci yang sedang populer dalam pencarian Google untuk topik tertentu. Mereka memasukkan kata kunci “COVID-19” pada Google Trends dan memilih rentang waktu selama 12 bulan terakhir dan wilayah pencarian di Indonesia. Setelah analisis grafik yang ditampilkan oleh Google Trends, mereka menemukan bahwa kata kunci terkait “vaksin COVID-19” sedang populer dalam pencarian Google di Indonesia.
Dengan mengetahui ini, situs web berita tersebut dapat membuat konten berkualitas tinggi yang berkaitan dengan topik vaksin COVID-19 dan mengoptimalkan konten mereka dengan kata kunci terkait tersebut sehingga meningkatkan kemungkinan orang menemukan situs web mereka di mesin pencari.
Simpulan
Dengan mengetahui kata kunci yang sedang populer, bisnis atau situs web dapat meningkatkan visibilitas mereka di mesin pencari dan meningkatkan jumlah pengunjung ke situs web mereka. Oleh karena itu, menggunakan Google Trends untuk menentukan keyword populer adalah langkah penting dalam strategi pemasaran online kamu. Jangan ragu untuk memanfaatkan fitur Google Trends untuk mencari keyword populer yang dapat membantu meningkatkan bisnis atau situs web kamu.
Itu dia pentingnya Google Trends untuk mencari Keyword yang populer. Dengan cara ini kamu bisa memaksimalkan optimasi pada bisnis daring kamu. Kamu juga bisa memaksimalkan bisnis kamu dengan konsultasi dengan layanan Alan Creative. Kami menyediakan jasa layanan untuk meningkatkan bisnis kamu. Untuk Informasi lengkap bisa cek disini.