Manfaat Lazy Load, Bantu Optimalkan SEO Website!

Bagikan

Halo Alan Lovers, bagaimana pemeringkatan SEO website Anda hari ini? Sudah melakukan berbagai upaya dan kualitas konten optimal, tapi masih saja kalah saing? Yuk kenali metode dan manfaat lazy load, bisa bantu tingkatkan kenyamanan akses website Anda.

Apa Itu Lazy Load?

Lazy load adalah metode yang diterapkan untuk mengurangi beban loading pada website dengan cara menundanya. Tujuan penerapannya yaitu membuat halaman website diakses lebih cepat meskipun ada konten berat seperti gambar atau video. Jadi, lazy load ini akan membuat website menunda loading gambar dan hanya memuat beberapa sesuai yang masuk dalam viewport. Dengan kata lain, teknik lazy load ini tidak sekaligus memuat semua gambar pada website tetapi hanya yang terlihat di layar pengguna.
Sebuah website dengan tampilan yang baik, biasanya banyak mengandung konten gambar atau video. Padahal, ukurannya termasuk berat dan membuat kecepatan website menurun. Dalam mendukung kenyamanan pengguna ketika akses website, kecepatan menjadi faktor yang sangat penting dan diperhitungkan dalam pemeringkatan SEO. Nah, teknik lazy load ini hadir untuk atasi masalah kecepatan website akibat konten berat.

Manfaat Lazy Load

Mengusung fungsi utama yaitu meningkatan kecepatan website, lazy load juga berdampak pada banyak hal. Salah satunya adalah bantu Anda meningkatkan performa SEO dalam website. Berikut ini beberapa manfaat lazy load yang perlu Anda ketahui.

1. Tingkatkan Performa SEO

Pemeringkatan Search Engine Optimization (SEO) didasari oleh banyak hal, salah satunya adalah kecepatan website. Search engine pasti ingin pengguna dapat informasi secara cepat dan nyaman. Untuk itu, website dengan kecepatan tinggi biasanya akan mendapatkan ranking tinggi di search engine.

Meskipun kualitas konten Anda sempurna, tetapi load website lambat maka pengguna pasti akan merasa tidak nyaman dan malas membuka. Jadi, lazy load dapat bantu Anda meningkatkan performa SEO karena mengutamakan kenyamanan akses pengguna. Sebelum memutuskan menerapkan metode lazy load, pastikan terlebih dahulu bahwa kualitas konten Anda telah sesuai dengan standar SEO.

2. Meringankan Server Hosting

Ketika browser dibuka, biasanya perlu meminta server hosting untuk mengirimkan semua file yang diperlukan guna membuka suatu halaman website. Apabila jumlah file terlalu banyak dan punya ukuran yang besar, maka server hosting pun akan terbebani dengan load lebih berat. Lazy load ini dapat berperan untuk meringankan server hosting karena tidak perlu mengirimkan semua file sekaligus.

3. Meringankan Kinerja Browser

Sering merasa browser Anda lemot ketika membuka sebuah website? Hal itu mungkin saja terjadi karena website mengandung banyak konten dengan ukuran besar. Apabila Anda menerapkan teknik lazy load, maka pengguna dapat merasakan sensasi browser berjalan lebih lancar karena kinerja jadi lebih ringan. Jika biasanya browser perlu meminta file secara keseluruhan, lazy load membantu meringankan kinerja karena permintaan file dilakukan secara bertahap sesuai viewport pengguna.

Nah, itulah tadi informasi mengenai lazy load yang perlu Anda ketahui untuk bantu optimalkan SEO website. Apabila kenyamanan pengguna jadi prioritas, maka search engine pun akan mempertimbangkan website Anda untuk masuk ke dalam deretan pemeringkatan. Semakin tinggi peringkat SEO, maka semakin banyak pula pengguna yang mengakses website dan mendatangkan keuntungan untuk Anda.

Apabila Anda membutuhkan jasa pembuatan website, Alan Creative dapat menjadi solusi terbaik. Kami siap membantu Anda membangun website yang user-friendly dan optimalkan kecepatan untuk SEO ranking. Yuk hubungi Alan Creative sekarang juga, konsultasikan kebutuhan website Anda bersama kami.

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative