fbpx
mariadb

Apa itu MariaDB?

Hi Alan Lovers, MariaDB adalah sistem manajemen basis data relasional yang populer dan gratis. Ini adalah cabang fork MySQL yang dikembangkan oleh komunitas pengembang setelah akuisisi MySQL oleh Oracle Corporation pada tahun 2010.

Sejarah MariaDB

MariaDB dikembangkan oleh pengembang utama MySQL, Michael Widenius, setelah ia kecewa dengan arah pengembangan yang diambil oleh MySQL setelah akuisisi oleh Oracle. Pada tahun 2009, ia menciptakan proyek MySQL fork bernama MariaDB. Proyek ini mendapat dukungan besar dari komunitas pengembang dan sekarang dianggap sebagai alternatif yang andal dan populer untuk MySQL.

Fitur Database ini

MariaDB menawarkan fitur-fitur yang sama dengan MySQL dan banyak tambahan lainnya. Fitur-fitur ini mencakup:

1. Penyimpanan tabel yang lebih cepat

Sistem ini menggunakan engine penyimpanan yang lebih cepat daripada MySQL.

2. Kompresi data yang lebih baik

Mereka menggunakan teknologi kompresi yang lebih baik, sehingga mengurangi ukuran data dan meningkatkan kinerja.

3. Peningkatan keamanan

Database ini menyertakan fitur keamanan yang lebih baik daripada MySQL, seperti plugin authentikasi yang fleksibel dan pengkodean kata sandi yang lebih kuat.

4. Pengindeksan yang lebih baik

Sistem ini menawarkan indeks yang lebih efektif dan efisien daripada MySQL, yang menghasilkan kinerja yang lebih baik.

Baca Juga: Bahasa Pemrograman: Panduan Lengkap untuk Pemula

mariadb
Ilustrasi Apa itu MariaDB? | Sumber: Vecteezy

Penggunaan MariaDB

MariaDB digunakan secara luas oleh banyak organisasi dan situs web besar. Ini adalah database default di distro Linux seperti Fedora, openSUSE, dan Mageia. Beberapa pengguna terkenal dari database ini termasuk Wikipedia, WordPress, dan Google.

Kelebihan MariaDB

Kelebihan utama MariaDB adalah kecepatan dan kinerja yang tinggi. Sistem basis data ini dirancang untuk dapat mengakomodasi permintaan transaksi yang tinggi secara bersamaan, dengan waktu respon yang sangat cepat. Hal ini tentunya sangat penting bagi perusahaan atau organisasi yang bergantung pada pengolahan data dalam jumlah besar dan kompleks.

Selain itu, database ini juga sangat fleksibel dan mudah dikonfigurasi. Sistem ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan organisasi atau perusahaan, baik dalam hal keamanan, kinerja, maupun fitur dan fungsionalitas. Dan yang terpenting, ia adalah sistem basis data yang bebas dan sumber terbuka, sehingga tidak perlu membayar lisensi yang mahal untuk menggunakannya.

Jadi, jika mencari sistem basis data yang cepat, canggih, dan mudah dikonfigurasi, maka MariaDB adalah pilihan yang tepat. Dengan fitur-fitur canggihnya, sistem basis data ini akan membantu dalam mengelola data dan menjaga keamanannya dengan mudah dan efektif.

Cara menginstal

Pertama-tama, kamu perlu memastikan bahwa sistem operasi mendukung MariaDB. MariaDB tersedia untuk sebagian besar sistem operasi seperti Linux, Windows, dan Mac. Pastikan juga bahwa kamu memiliki izin sebagai administrator atau pengguna root pada perangkat kamu.

Langkah pertama dalam menginstal MariaDB adalah dengan mengunjungi situs web MariaDB dan men-download paket instalasi terbaru. Pastikan kamu mendownload paket yang sesuai dengan sistem operasi kamu.

Setelah selesai mendownload, buka paket instalasi dan ikuti langkah-langkah yang diberikan. Biasanya, kamu hanya perlu mengklik tombol “next” atau “install” dan memilih direktori instalasi yang sesuai.

Setelah selesai menginstal, kamu dapat memeriksa apakah sistem ini sudah berhasil terpasang dengan cara membuka command prompt atau terminal dan mengetikkan perintah “mysql -u root -p“. Jika berhasil, kamu akan diminta untuk memasukkan kata sandi root MariaDB.

Setelah masuk, kamu dapat mulai mengkonfigurasi MariaDB dan membuat database baru.

Kesimpulan

MariaDB adalah sebuah sistem manajemen basis data relasional open-source yang berasal dari MySQL. Database ini memiliki fitur-fitur yang lebih unggul dan ditingkatkan dibandingkan MySQL, seperti keamanan yang lebih baik, kinerja yang lebih cepat, dan kemampuan untuk mengelola jumlah data yang lebih besar. Database ini juga memiliki komunitas pengembang yang besar dan aktif, sehingga terus menerus memperbaiki dan mengembangkan fitur-fitur baru untuk menjadikannya salah satu sistem manajemen basis data terbaik dan paling populer di dunia.

Apakah kamu butuh website bisnis dengan tampilan menarik dan performa optimal? Jangan ragu untuk menggunakan jasa pembuatan website profesional untuk memaksimalkan hasil yang didapat. Tentunya semua bisa disesuaikan dengan keinginan dan seleramu. Hubungi Alan Creative sekarang dan konsultasikan kebutuhan website bisnis kamu bersama kami.

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

dwell time

Dwell Time dan Pengaruhnya Terhadap SEO

Hi Alan Lovers, pada era digital saat ini, pengoptimalan mesin pencari atau SEO (Search Engine Optimization) menjadi kunci dalam meningkatkan visibilitas dan trafik pada sebuah

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative