fbpx
Kegunaan VAR Dalam Sepak Bola Serta Kegunaannya

Sejarah VAR Dalam Sepak Bola Serta Kegunaannya!

Hai Alan lovers, pernahkah kalian mendengar apa itu teknologi VAR dalam sepak bola? Sebuah teknologi yang sudah digunakan oleh beberapa liga top dunia seperti Inggris, Spanyol, dan Italia.

Namun, banyak dari kita yang tidak tahu sejarah kapan pertama kali teknologi VAR muncul dalam sepak bola, berikut sejarah VAR dan kegunannya.

Sejarah VAR

Dalam pertandingan resmi sepak bola umumnya dibantu oleh 4 orang wasit dengan tugas yang berbeda. seorang wasit utama, dua wasit hakim garis, adapula seorang wasit cadangan. Tentunya peran setiap wasit ini sangat penting karena harus jeli melihat permainan setiap pemain saat pertandingan. Namun wasit juga manusia biasa, pasti punya kekurangan, salah satu nya melewatkan beberapa hal penting yang dapat merugikan atau menguntungkan suatu tim. Oleh karena itu diciptakan lah inovasi dengan teknologi baru VAR untuk membantu kinerja wasit.

VAR adalah singkatan dari (Video Assistant Referee) yang diusulkan pertama kali pada tahun 2012, banyak yang meyakini usulan tersebut atas reaksi dianulirnya gol Frank Lampard pada piala dunia 2010 melawan Jerman. Selanjutnya VAR diuji di Belanda pada tahun 2012-2013 diajukanlah uji coba secara luas untuk sistem VAR. Pada tahun 2016, dilakukan juga uji coba VAR secara intens di beberapa pertandingan profesional. Australia menjadi negara pertama yang menerapkan VAR dalam pertandingan A-League. Sampai akhirnya IFAB secara resmi memasukkan VAR dalam peraturan sepak bola FIFA.

Kegunaan VAR

Fungsi VAR sangat mirip dengan tanyangan ulang atau biasa yang kita sebut replay, VAR hanya boleh digunakan jika disetujui oleh wasit. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa wasit membuat keputusan yang benar diatas lapangan. Berikut ini adalah kegunaan VAR di pertandingan sepak bola:

1. Membantu kinerja wasit meminimalisir kesalahan

Biarpun wasit sudah bekerja secara maksimal, tidak menutup kemungkinan wasit juga melakukan beberapa kesalahan dilapangan hijau. Offside salah satunya. Dengan adanya teknologi VAR diharapkan dapat membantu kinerja pengadil lapangan.

2. Pemain harus lebih waspada

Mengingat teknologi sudah canggih, para pemain harus ekstra waspada untuk tidak melakukan pelanggaran keras terhadap pemain lawan. Mudah bagi wasit untuk melihat tayangan ulang melalui VAR dan wasit tidak segan memberikan kartu pelanggaran.

3. Pertandingan berjalan dengan adil

Sebelum adanya VAR banyak keputusan pengadil lapangan yang merugikan bahkan menguntungkan beberapa pihak tertentu. Setelah beberapa tahun digunakannya VAR, dampak positif begitu terasa sangat baik, wasit bisa dengan mudah mengecek VAR jika melewatkan hal kecil tapi berpengaruh besar untuk membuat keputusan.

Kesimpulan

Nah itu tadi merupakan penjelasan singkat sejarah VAR dan kegunaannya dalam sepak bola di era modern ini yang berdampak besar bagi perubahan teknologi khususnya bidang olahraga. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu ya.

Kalian tertarik untuk mengembangkan website tapi bingung gimana caranya? Jangan khawatir, Alan Creative hadir untuk membantu menyelesaikan masalah kalian. Kami menyediakan layanan pembuatan website dengan profesional. Tunggu apalagi? Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan penawaran terbaik!

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

sejarah puasa ramadhan

Sejarah Puasa Ramadhan

Hi Alan Lovers, puasa Ramadhan adalah salah satu ibadah yang paling penting bagi umat Muslim di seluruh dunia. Setiap tahun, pada bulan Ramadhan, umat Muslim

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative