fbpx
perbedaan content marketing

5 Perbedaan Content marketing vs Social Media Marketing, Pilih Mana?

Hi Alan Lovers, pemasaran digital telah menjadi bagian penting dari strategi bisnis modern. Namun, dengan banyaknya pilihan strategi pemasaran digital yang tersedia, bisa jadi sulit untuk menentukan mana yang paling efektif untuk bisnis. Dua strategi pemasaran digital yang sering dibahas dan digunakan adalah Content Marketing dan Social Media Marketing. 

Meskipun keduanya bertujuan untuk mencapai hasil yang sama, yaitu meningkatkan kesadaran merek dan menjual produk atau layanan, namun terdapat perbedaan signifikan antara kedua strategi ini.

Apa itu Content Marketing?

Content Marketing adalah strategi pemasaran yang bertujuan untuk menciptakan, mengembangkan, dan membagikan konten yang bernilai dan relevan kepada target audience. Dengan tujuan untuk menarik perhatian dan mempertahankan audiens, serta menghasilkan aksi yang menguntungkan bagi bisnis, seperti penjualan atau konversi. 

Cara kerja Content Marketing melibatkan proses pembuatan konten berkualitas, penyebaran konten. Melalui berbagai saluran pemasaran, serta pengukuran dan analisis kinerja untuk meningkatkan efektivitas kampanye. 

Contoh strategi Content Marketing meliputi membuat blog, video, infografis, e-book, dan publikasi online lainnya, serta membagikan konten melalui media sosial, email, dan situs web.

Apa itu Social Media Marketing?

Social Media Marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk, layanan, atau merek, serta membangun hubungan dengan target audience. Tujuan dari Social Media Marketing adalah untuk meningkatkan kesadaran merek, meningkatkan interaksi dengan audiens, dan mendorong aksi yang menguntungkan bagi bisnis, seperti penjualan atau konversi. 

Cara kerja Social Media Marketing meliputi memilih platform media sosial yang sesuai dengan target audience. Membuat konten yang menarik dan relevan, membangun jaringan sosial dengan target audience, dan menggunakan alat analisis untuk memahami kinerja kampanye.

Contoh strategi Social Media Marketing meliputi membuat konten visual menarik seperti gambar dan video, membangun kampanye iklan berbayar, membuat kontes dan hadiah, serta bekerja sama dengan influencer media sosial.

Baca Juga: Pentingnya Website Untuk Bisnis Kamu

perbedaan content marketing
Ilustrasi Perbedaan Content Marketing | Sumber: Freepik

Perbedaan Content Marketing dan Social Media Marketing

Content Marketing dan Social Media Marketing memiliki perbedaan yang signifikan, berikut beberapa perbedaannya:

Fokus dan Tujuan:

  • Content Marketing: Fokus pada pembuatan dan distribusi konten yang bernilai dan relevan. Untuk menarik audiens dan membangun hubungan dengan mereka, dengan tujuan menghasilkan aksi yang menguntungkan bagi bisnis, seperti penjualan atau konversi.
  • Social Media Marketing: Fokus pada penggunaan media sosial untuk mempromosikan produk atau layanan, membangun jaringan target audience, dan meningkatkan interaksi. Dengan audiens, bertujuan meningkatkan kesadaran merek, meningkatkan interaksi dengan audiens, dan mendorong aksi yang menguntungkan bagi bisnis.

Jenis Konten yang Digunakan:

  • Content Marketing: Konten yang digunakan dalam Content Marketing biasanya berupa artikel blog, video, infografis, e-book, dan publikasi online lainnya.
  • Social Media Marketing: Konten yang digunakan dalam Social Media Marketing bisa berupa gambar, video, post berisi teks, dan konten visual lainnya yang menarik.

Platform yang Digunakan:

  • Content Marketing: Konten dalam Content Marketing biasanya didistribusikan melalui situs web, blog, email, atau media online lainnya.
  • Social Media Marketing: Platform yang digunakan dalam Social Media Marketing bisa berupa Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, atau platform media sosial lainnya.

Metrik dan KPI yang Digunakan:

  • Content Marketing: Metrik yang digunakan dalam Content Marketing biasanya meliputi jumlah tampilan, waktu tayang, dan pengunjung unik, sementara KPI meliputi tingkat konversi, penjualan, dan loyalitas pelanggan.
  • Social Media Marketing: Metrik yang digunakan dalam Social Media Marketing meliputi jumlah like, komentar, dan share, sementara KPI meliputi tingkat interaksi, pertumbuhan jaringan sosial, dan konversi.

Target Audience yang Dituju:

  • Content Marketing: Target audience dalam Content Marketing biasanya terdiri dari audiens yang mencari informasi dan solusi untuk masalah mereka.
  • Social Media Marketing: Target audience dalam Social Media Marketing bisa berupa audiens yang terhubung dengan merek melalui media sosial. Dan yang ingin memperoleh informasi terbaru mengenai produk atau layanan yang ditawarkan oleh merek.

Dalam memilih strategi pemasaran yang tepat, pastikan untuk mempertimbangkan tujuan bisnis, target audience, kekuatan dan kelemahan masing-masing strategi, serta anggaran dan sumber daya yang tersedia. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam memilih strategi pemasaran yang tepat dan mengoptimalkan potensi bisnis yang kamu punya.

Kalau kamu rasa susah membuat website sendiri dari nol, hubungi Alan Creative untuk mendapatkan jasa pembuatan website profesional. Yuk jangan ragu untuk mempercayakan website bisnis kamu pada kami. Desain menarik, performa terbaik, dan tentunya ramah di kantong. Hubungi Alan Creative sekarang juga, dapatkan website bisnis mulai dari 1jutaan aja!

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

Profesi Kreatif vs Chat GPT, Ada Apa?

Halo Alan Lovers, pernah dengar dengar tentang Chat GPT? Open AI yang menggunakan teknologi chatbot ini tengah marak digunakan di masyarakat. Beberapa waktu terakhir, banyak

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative