Halo, Alan Lovers! Kamu bingung caranya meningkatkan engagement di sosial media dan butuh tips membuat konten viral? Membuat konten dengan engagement yang tinggi memang susah-susah gampang loh, apalagi dengan banyaknya persaingan yang ada.
Namun, hal ini tidaklah harus menjadi batu sandungan bagi kamu untuk terus berinovasi dan bahkan berkolaborasi untuk bisa meningkatkan engagement konten kamu di media sosial.
Lantas gimana sih caranya meningkatkan engagement di sosial media? Kuy, kita bahas.
Pengertian engagement
Engagement merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan keterhubungan pengguna dengan konten yang ada. Dengan kata simpelnya, bisa disebut sebagai interaksi antara pengguna dan konten.
Engagement menyangkup hubungan interaksi mulai dari like, share dan komen. Engangemnet yang tinggi dapat menjadi gerbang awal tujuan kamu dalam membuat konten terealisasikan.
Tips membuat konten viral
Banyak orang membuat konten hanya dengan tujuan agar konten yang dibuat viral dan mendapatkan engagement yang tinggi. Tidak jarang membuat konten negatif, yang umumnya bisa lebih cepat viral daripada konten positif. Namun konten negatif tentunya akan membawa dampak jangka panjang yang berbahaya untuk reputasi sosial media dan bahkan bisnis kamu.
Oleh karena itu, penting untuk tetap berusaha membuat konten yang tidak hanya viral tapi juga bermanfaat, berikut beberapa tips yang bisa diterapkan:
1. Kenali Audiens
Dengan memahami audiens, kamu akan lebih leluasa untuk mengetahui apa saja yang menjadi kebutuhan dan konten seperti apa yang relevan dengan mereka.
2. Gunakan Visual yang Menarik
Daya tarik sosial media terdiri yaitu terletak dari adanya visual. Sehingga sangat penting bagi kamu untuk memperhatikan kualitas gambar, video dan bahkan font yang digunakan untuk membuat audies nyaman dengan konten kamu.
3. Riset waktu posting
Penting bagi kamu untuk mengetahui kapan nih waktu yang tepat biasanya audiens kamu aktif di sosial media. Misalnya audiens kamu merupakan remaja, maka kamu mungkin bisa memposting konten di waktu-waktu sepulang sekolah. Atau jika audiens kamu merupakan orang dewasa, kamu hisa memposting di waktu istirahat atau di waktu jam pulang kerja.
5. Buat konten interaktif
Penting bagi kamu untuk membuat konten interaktif yang melibatkan pengguna dalam konten. Hal ini bertujuan untuk menjaga dan menjalin hubungan emosional yang kuat antara konten dan audiens.
6. Tetap ikuti trent yang ada
Selain relevan, kamu juga harus mengikuti trent dari apa yang audiens kamu butuhkan. Hal ini bertujuan untuk menarik lebih banyak audiens pada konten kamu.
7. Konsisten
Tahapan terakhir agar konten kamu berpeluang untuk viral dengan citra yang positif yaitu dengan tahapan konsisten. Tahapan ini yang terkadang banyak orang orang merasa kesulitan, terutama jika fokus kamu bukan hanya soal konten di media sosial.
Namun, sekarang kamu tidak perlu khawatir, semua tahapan ini bisa kamu lalui dengan bantuan digital creative agency seperti Alan Creative.
Dengan menggunakan jasa Alan Creative, kamu akan mendapatkan solusi lengkap untuk meningkatkan engagement dan mencapai tujuan media sosial dengan hasil maksimal– semuanya dengan harga terjangkau!
Jadi, itulah tips membuat konten viral agar meningkatkan engagement di sosial media. Gimana, kamu tertarik untuk mencobanya?