Halo, Alan Lovers! Beberapa tips meningkatkan ROAS yang satu ini wajib banget kamu ketahui. Pasalnya, ROAS sangat berpengaruh terhadap strategi promosi kamu ke depannya.
Berkembangnya teknologi membuat segala proses jual-beli menjadi lebih mudah. Kini, jual-beli dapat dilakukan secara online melalui beberapa platform digital seperti Facebok, TikTok, e-commerce hingga Instagram.
Untuk meningkatkan penjualan, dibutuhkan strategi yang tepat untuk melakukan promosi. Terlebih lagi, promosi juga bisa dilakukan secara online melalui platform atau media sosial. ROAS (Return on Ad Spend) menjadi salah satu cara untuk mengetahui apakah proses promosi yang dilakukan memberikan keuntungan atau justru malah merugikan.
Lantas, apa saja tips meningkatkan ROAS? Simak artikel berikut hingga tuntas ya, Alan Lovers!
Baca Juga:
Cara Menghitung ROAS (Return on Ad Spend), Mudah Banget!
5 Aplikasi AI Buatan Indonesia, Apa Saja ya Kira-kira?
Wajib Coba! 5 Aplikasi AI Edit Foto di HP, Gampang Banget!
Tips Meningkatkan ROAS
Berdasarkan informasi yang dihimpun dari berbagai macam sumber, berikut adalah beberapa tips meningkatkan ROAS untuk kelancaran bisnis kamu:
Mengurangi Biaya Iklan
Ada beberapa faktor yang dijadikan bahan pertimbangan dalam menjalankan iklan di platform digital. Di antaranya adalah target audiens dan juga A/B testing. Kedua faktor tersebut sangat penting untuk mengetahui apakah biaya yang keluarkan untuk iklan disuatu platform digital sudah sesuai dengan target pasar atau tidak.
Apabila kamu mengalami kesulitan, penggunaan jasa digital advertising mungkin bisa dijadikan pilihan. Terlebih lagi, sudah banyak yang menawarkan jasa digital advertising dengan harga yang terjangkau. Dengan begitu, biaya pengularan untuk iklan bisa menjadi lebih efektif dan efisien.
Analisis Iklan yang Dijalankan
Dalam beberapa kasus, nilai ROAS juga dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti harga produk, landing page kurang menarik hingga proses checkout yang terlalu rumit.
Sebagai contoh, ROAS menunjukan nilai yang rendah tetapi tingkat penjualannya tinggi. Hal ini dikarenakan harga jual produk yang rendah.
Selanjutnya, ROAS menunjukan nilai yang rendah tetapi CTR-nya tinggi. Hal ini dikarenakan copywriting yang tidak tepat, CTA yang kurang menarik, landing page kurang menarik, hingga proses checkout yang panjang sehingga mengurangi niat audiens untuk membeli produk.
Data yang Akurat
ROAS merupakan suatu metrik yang membutuhkan angka untuk mengetahuinya. Oleh karena itu, data yang akurat sangatlah penting untuk meminimalisir kesalahan.
Untuk mendapatkan data yang akurat, kamu perlu memperhatikan semua biaya yang dikeluarkan untuk iklan termasuk data penjualan offline atau keuntungan tidak langsung lainnya.
Kesimpulan
Beberapa tips meningkatkan ROAS di atas sangatlah penting untuk diketahui agar promosi yang dilakukan di platform digital berlangsung secara efektif dan efisien. Jika butuh layanan digital advertising, Alan Creative siap menjadi teman bisnis kamu. Jadi, tunggu apa lagi! Cari tau tentang Alan Creative melalui link ini ya!